Mengulik Jenis-jenis dan Manfaat Luar Biasa Anggur


Anggur adalah buah yang diolah dari telur buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur serta kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol serta resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya.

Baca juga :

Anggur mengandung berbagai nutrisi yang cukup penting untuk kesehatan tubuh. Buah ini banyak manfaat, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga mengoptimalkan memori.

Jenis-jenis Anggur

Anggur tersedia dalam berbagai jenis dan warna, termasuk:

Anggur Merah: Biasanya digunakan untuk membuat anggur merah. Mengandung resveratrol yang tinggi, yang dikenal memiliki sifat antioksidan.

Anggur Hijau: Sering dikonsumsi segar atau dijadikan jus. Lebih renyah dibandingkan anggur merah.

Anggur Hitam: Memiliki rasa yang lebih pekat dan sering digunakan dalam produksi anggur berkualitas tinggi.

Kismis: Anggur kering yang sering digunakan dalam masakan dan makanan ringan.

Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

Selain rasanya yang segar, anggur memang mengandung berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nah, dari 151 gram buah yang mempunyai rasa manis ini, kamu bisa mendapatkan nutrisi berikut:

  • Kalori: 104.
  • Karbohidrat: 27 gram.
  • Protein: 1 gram.
  • Lemak: 0,2 gram.
  • Serat: 1,4 gram.
  • Tembaga: 21 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin K: 18 persen dari kebutuhan harian.
  • Kalium: 6 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin C: 5 persen dari kebutuhan harian.
  • Tiamin: 9 persen dari kebutuhan harian.
  • Riboflavin: 8 persen sebesar kebutuhan harian.
  • Mangan: 5 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin E: 2 persen dari kebutuhan harian.

Anggur termasuk salah satu buah dengan kandungan tembaga serta vitamin K yang cukup tinggi. Keduanya mempunyai fungsi yang penting pada tubuh terkait produksi energi serta pembekuan darah.

Begitu banyaknya nutrisi dalam buah ini membuat anggur menjadi buah yang cocok untuk dikonsumsi setiap hari. Berikut merupakan berbagai manfaat anggur:

1.Menurunkan tekanan darah

Anggur mengandung potasium yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena potasium membantu menurunkan tekanan darah dengan melebarkan arteri dan vena.

Dalam Journal of The American Dietetic Association terdapat sebuah penelitian dalam 16 studi terkontrol acak mengenai ekstrak biji anggur. Hasilnya, menunjukkan bahwa ekstrak biji buah ini mampu menurunkan tekanan darah secara optimal. 

2. Mencegah peningkatan kolesterol

Senyawa yang terdapat dalam anggur mampu mencegah kadar kolesterol tinggi dalam darah. Caranya dengan menurunkan penyerapan kolesterol.

Terdapat sebuah penelitian dalam jurnal Food and Function mengenai khasiat anggur terhadap kolesterol. Dalam riset tersebut, selama delapan minggu 69 orang yang mengidap kolesterol, mengonsumsi tiga cangkir (500 gram) anggur merah setiap hari.

Hasilnya, kadar kolesterol jahat bisa menurun secara optimal.

3. Mengoptimalkan sistem imun tubuh

Anggur menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Kandungan tersebut membuat sistem imun tubuh menjadi lebih optimal. 

Ketika kamu mempunyai sistem imun tubuh yang baik, maka tubuh akan terlindungi dari berbagai gangguan yang bisa memicu penyakit.

4. Mencegah penyakit kanker

Buah ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan tersebut bisa melindungi tubuh dari berbagai paparan radikal bebas.

Paparan radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan sel serta jaringan yang memicu munculnya pertumbuhan sel abnormal pemicu kanker.

Anggur juga mengandung resveratrol. Jenis antioksidan ini mampu mencegah pertumbuhan sel abnormal atau sel kanker yang muncul pada tubuh.

5. Mengoptimalkan kesehatan mata

Bukan hanya wortel, kamu juga bisa mengoptimalkan kesehatan mata dengan mengonsumsi anggur secara rutin. Berbagai kandungan dalam buah ini, mampu mencegah penyakit mata, seperti degenerasi makula.

6. Meningkatkan kemampuan mengingat

Melansir dari The Journal of Nutrition, buah ini kaya akan antioksidan sehingga bisa menurunkan risiko stres oksidatif yang memicu penuaan. Penurunan stres oksidatif yang terjadi mampu meningkatkan kinerja memori verbal serta fungsi motorik.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah ini mengandung vitamin K, kalsium, magnesium, serta potasium. Seluruh kandungan tersebut mampu meningkatkan kesehatan tulang.

Anggur bukan hanya buah yang lezat, tetapi juga penuh dengan nutrisi dan manfaat kesehatan. Dengan mengonsumsinya secara teratur, kita dapat memetik berbagai keuntungan bagi tubuh, mulai dari kesehatan jantung hingga kulit yang lebih sehat.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama