Bahas Tuntas Manfaat Binahong, Tanaman Ajaib Penyembuh Luka

 

Binahong atau piahong (Anredera cordifolia) atau piyahong (bahasa Inggris: Heartleaf maderavine madevine) ialah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan memiliki banyak manfaat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat, Tumbuhan menjalar, berbatang lunak, berdaun tunggal, berbunga majemuk, berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah dan mengembalikan daya tahan tubuh. 

Tanaman ini sudah lama ada di Indonesia tetapi baru akhir-akhir ini saja menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk dijadikan obat alami untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat.

Tanaman yang konon berasal dari Korea ini dikomsumsi oleh orang-orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sampai 1970-an. Tanaman ini dikenal juga di kalangan masyarakat Cina dengan nama Dheng San Chi dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan, dll. Bagian daun dari tanaman inilah yang biasanya dijadikan sebagai obat alami selain dari batang dan umbinya.

Setiap bagian dari tanaman binahong bsia kamu gunakan sebagai obat. tapi, sebagian besar orang sering memanfaatkan bagian daunnya.Manfaat tanaman herbal ini tidak lepas dari berbagai senyawa penting yang terdapat pada bagian-bagianya. Ini termasuk saponin, minyak atsiri, alkaloid, asam askorbat, dan antioksidan. 

Inilah sebabnya, mengonsumsi daun binahong bisa memberikan beberapa manfaat seperti berikut:

Baca juga:


1. Menyembuhkan sakit perut

Telat makan atau tidak makan tepat waktu bsia menyebabkan sakit perut.Hal tersebut juga bisa membuat sistem pencernaan tidak bekerja tepat waktu.Kamu bisa mengatasi masalah kesehatan tersebut dengan mengonsumsi daun herbal ini.walaupun begitu, kamu tetap harus mengatur pola dan waktu makan untuk mencegah sakit perut.

2. Menyembuhkan luka dan perawatan kulit

Berkat kandungan minyak atsiri dan asam askorbat, tanaman yang mirip daun sirih ini dapat membantu menyembuhkan luka.Guna mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu perlu menumbuk daun sampai halus. Kemudian, oleskan pada area yang terluka. Selain menyembuhkan luka, tanaman herbal ini juga bermanfaat untuk merawat kulit.Kandungan antioksidannya bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan mencegah penuaan dini.

3. Daun binahong untuk meningkatkan tekanan darah

Tekanan darah rendah akan membuat tubuh menjadi lesu sehingga kamu tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik.Jika kamu membiarkannya, kondisi ini bahkan bisa membuatmu pingsan.Maka dari itu, seseorang dengan masalah tekanan darah rendah harus mencegah kondisi ini dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mineral.Salah satunya yaitu ramuan yang terbuat dari daun binahong.Ambil delapan lembar daun tanaman tersebut dan rebus dalam dua gelas air. Pastikan kamu meminumnya sekali sehari.

4. Mencegah radikal bebas

Selain itu, kandungan antioksidan dalam tanaman herbal ini juga bermanfaat untuk mencegah dan melindungi tubuh dari radikal bebas.Ini ialah suatu kondisi ketika tubuh manusia mengandung senyawa kimia yang melebihi batas.Kondisi tersebut bisa mengubah sel sehat menjadi sel jahat yang selanjutnya akan membunuh sel sehat lainnya.Dengan mengonsumsi tanaman tinggi antioksidan, kamu bisa melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.


5. Perawatan pasca operasi dengan daun binahong

Manfaat daun binahong lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai salah satu solusi perawatan pasca operasi.Setelah operasi, seseorang akan kehilangan banyak darah dan energi.Inilah sebabnya, mereka memerlukan asupan makanan dengan kandungan protein dan mineral. Tanaman turut populer dengan nama deng san chi ini adalah salah satu pilihan yang baik.Caranya, rebus 20 lembar daun ini dengan tiga gelas air. Kemudian, minum airnya setidaknya sekali sehari, agar pulih dengan cepat.

6. Obat asam urat

Siapa sangka, air rebusan tanaman herbal ini juga baik untuk pengidap asam urat.Pasalnya, minuman tersebut bisa menurunkan purin yang menjadi penyebab penyakit ini.Selain itu, kandungan flavonoid pada tanaman ini juga berkhasiat untuk mencegah pembentukan asam urat, sehingga cocok untuk menjadi obat alami asam urat.

7. Daun binahong bantu cegah diabetes

Tak banyak yang tahu bahwa daun binahong juga menjadi obat alami untuk penyakit kencing manis atau diabetes.Ini karena kandungan steroid, flavonoid, dan kumarin yang berkhasiat untuk menghambat penyerapan gula pada usus.

8. Menyehatkan jantung

Antioksidan yang kuat dalam daun ini berperan penting untuk melindungi otot jantung, arteri, dan saraf dari kerusakan akibat radikal bebas.Selain itu, kandungan seratnya juga bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang menghambat aliran darah dan menjadi penyebab utama penyakit jantung. Tak ketinggalan, kandungan kaliumnya juga bermanfaat guna menjaga kadar cairan darah.Dengan demikian, tanaman herbal ini sangat baik untuk mendukung kesehatan jantung.

Berdasarkan hasil penelitian para ahli sehingga manfaat daun binahong kaya manfaat karena daun ini mengandung banyak nutiris seperti Glucan c, Karoten, Asam Organik, L-Arabinosa mucoplysacharida, D–Galaktosa, Asam Aldonat, dan Vitamin (A, B, dan C). Selain itu, khasiat yang didapatkan oleh orang-orang yang menggunakannya terbilang cukup banyak mulai dari menurunkan darah tinggi, memulihkan luka di kulit, mencegah stroke, menjaga daya tahan tubuh, mengatasi sariawan, mengobati gatal-gatal, dan masih banyak lainnya.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama