Yuk! Ketahui 5 Fakta Unik Mengenai Bunga Matahari

Bunga matahari menandakan kebahagiaan, kekaguman, optimisme, kesetiaan, kekuatan dan ketangguhan. Bunga matahari mempunyai warna terang dan cerah yang bisa memikat mata saat melihatnya. Bunga matahari dibudidayakan oleh orang-orang Indian Amerika Utara mulai ribuan tahun lalu. Seterusnya, merebak ke Amerika Selatan hingga menjadi salah satu sumber makanan untuk warga Inka. Setelah penundukan oleh orang Eropa, bunga matahari dipublikasikan Eropa hingga ke penjuru dunia pada abad ke-6. Menginjak abad ke-17 bijinya dimanfaatkan sebagai campuran roti atau diolah untuk pengganti kopi dan cokelat. Pada abad ke-19 Bunga matahari mulai dirancang untuk sumber minyak.

Bunga matahari merupakan bunga tercantik dan terkenal di dunia. Bunga matahari sering menjadi favorit oleh semua orang karena memiliki tampilan khas dan berbeda dari bunga lainnya. Bunga matahari memiliki kelopak bunga yang besar berwarna kuning cerah dengan cokelat di tengahnya. Bunga matahari dapat tumbuh tinggi hingga mencapai empat meter. Bentuknya yang sangat cantik membuat bunga matahari banyak disukai dan yang melihatnya akan terlihat ceria. Bagi kamu yang suka bunga matahari, yuk! simak fakta menarik mengenai bunga matahari.

Baca Juga:

1. Tidak Hanya Berwarna Kuning

Selain berwarna kuning, bunga matahari juga memiliki warna lainnya. Bunga mawar memang dikenal sebab warna merahnya, tapi jika diketahui lebih dalam bunga matahari juga memiliki warna merah dan beberapa macam warna. Bunga matahari yang berwarna merah cocok untuk dipasangkan pada buket bunga. Bunga matahari yang berwarna ungu memiliki nama Chianti Hybrid karena memiliki kelopak merah gelap mirip dengan warna ungu.

2. Memiliki Tinggi yang Beragam

Bunga matahari memiliki 2 jenis, yang pertama memiliki  ukuran tinggi dan yang kedua memiliki ukuran pendek. Walaupun bunga matahari lebih dikenal sebagai bunga yang tinggi, tapi ada beberapa jenis bunga matahari yang tumbuh tidak lebih dari 60 cm. Bunga matahari berukuran tinggi bisa mencapai 3-5 meter lebih.

3. Bunga Matahari Muda Selalu Mengikuti Sinar Matahari


Bunga matahari yang masih muda sangat suka mencari matahari. Bunga matahari muda akan terus membuntuti arah sinar matahari berada, dari mulai terbit sampai terbenam dan selalu mengulang masa tersebut hingga dewasa.

4.Bunga Matahari Dewasa Akan Selalu Menghadap Arah Timur

Bunga matahari dewasa akan berhenti mengikuti matahari dan selalu menghadap ke arah timur sebab kemungkinan letak tersebut lebih sering terkena sinar matahari.

5. Minyak Dari Bunga Matahari Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

Minyak dari matahari mempunyai kandungan polyunsaturated fat yang lumayan tinggi, hal ini menjadi alternatif yang bagus sebagai pengganti mentega serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama