Sudah Tau Apa Itu Bunga Rosella dan Apa Manfaatnya? Yuk Simak Disini

 

Bunga rosella adalah jenis bunga yang asalnya dari benua Afrika yang mempunyai nama latin Hibiscus sabdrariffa. Bunga dan daun rosella ini biasa diolah menjadi teh herbal yang mempunyai sebanyak manfaat untuk kesehatan. Bunga rosella ini mempunyai ciri khas warna merah serta mempunyai rasa asam di bagian kelopak bunga tersebut. Selain itu, tanaman herbal ini juga mempunyai fungsi untuk bahan antiseptik dan agen astringent. Bunga rosella ini dapat juga tumbuh dengan baik yang beriklim tropis dan subtropis. Rosella atau disebut dengan Hibiscus Sabdariffa merupakan anggota keluarga Malvaceae. Tanaman ini memiliki habitat asli di daerah yang terbentang luas dari India sampai Malaysia. Bunga rosella dapat mengandung zat besi, vitamin C, dan kalsium. Nutrisi yang paling baik ialah bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi batuk dan pilek, dan juga dapat mencegah penyakit kanker.

Setelah mengetahui apa itu Bunga rosella, berikut beberapa macam manfaat dari Bungga rosella :

Baca Juga : 

1. Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Peningkatan tekanan darah dalam tubuh akan menjadi salah satu sumber masalah yang serius, yakni seperti jantung, stroke, gagal jantung, dan penyakit ginjal. Dalam uji klinis, mengonsumsi teh dari bunga rosella ini dapat terbukti untuk menurunkan tekanan darah tinggi.


2. Dapat Menurunkan Kolesterol

Kolesterol ialah semacam jenis lemak yang berfungsi membuat dinding di dalam sel atau membran sel dalam tubuh. Meskipun bermanfaat, jika kadarnya melebihi batas normal, maka kolesterol tersebut akan menumpuk di bagian pembuluh darah. Pengaruhnya yaitu kolesterol akan membentuk plak yang akan berkemampuan untuk menyumbat pembuluh darah. Untuk menurunkan kadarnya, kamu langsung bisa mengonsumsi teh dari bunga rosella ini.

Beberapa dari studi klinis menunjukkan bahwa Bunga rosella ini bisa dapat menurunkan kadar kolesterol, meskipun efeknya hanya sedikit. Ahli lain juga mengatakan bahwa bunga rosella ini juga bisa dapat membantu untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat. Meski begitu, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikannya.


3. Bisa Dapat Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian di dunia juga menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak rosella bisa dapat menurunkan berat badan, sehingga efektif menangkal obesitas. Tapi, belum bisa diketahui jelas apakah menggunakan bunga rosella ini bisa secara langsung di buat sebagai teh dan dapat memberikan hasil yang sama.


4. Melawan Bakteri

Dalam beberapa sebuah penelitian di laboratorium, didapatkan bahwa ekstrak bunga rosella ini bisa dapat mengendalikan beberapa jenis bakteri tertentu di dalam tubuh. Walaupun bunga ini sudah di pastikan mempunyai sifat antibakteri, tapi beberapa para peneliti masih ada yang mempelajari efektivitasnya pada manusia.


5. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat selanjutnya yaitu bisa menjaga kesehatan hati. Kegunaan ini berasal dari ekstrak bunga yang bekerja untuk melindungi organ hati yang berada didalam tubuh dari paparan racun akibat penyebab penyakit hati. 

Steatosis hati atau disebut dengan hati berlemak, ditandai dengan penumpukan lemak yang berlebihan didalam sel-sel hati. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada organ , sampai bisa berujung pada gagal hati.


6. Kesehatan Pencernaan

Bunga rosella dalam bentuk suplemen yang bersifat diuretik dan tonik. Keduanya juga bisa membantu untuk meningkatkan frekuensi seperti buang air kecil dan buang air besar. Sebab itu, kamu bisa terhindari dari sembelit, bahkan bisa dapat terhindar dari kanker kolorektal.


7. Dapat Menyembuhkan penyakit Batuk dan Pilek

Di dalam bunga rosella ini mengandung beberapa sifat antiinflamasi dan antibakteri dalam dosis ringan. Selain itu, vitamin C di dalamnya dapat berperan penting sebagai bentuk dalam sistem kekebalan tubuh. Akumulasi dari seluruh sifat dan kandungannya itu bisa juga dipakai untuk sebagian suplemen yang bisa membantu mengatasi penyakit batuk maupun pilek.


8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bunga rosella ini juga kaya akan asam askorbat. yakni senyawa kimia yang dikenal sebagai vitamin C. Nutrisi penting dalam bunga ini bisa dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan dan meningkatkan aktivitas kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh sudah sempurna, kamu akan bisa terhindari dari berbagai macam penyakit akibat bakteri ataupun virus, contohnya seperti flu. Selain itu juga, tanaman ini juga bisa dapat mengatasi penyakit demam.


9. Menjaga kesehatan kulit

Bunga rosella ini bisa dapat digunakan untuk perawatan kulit. Dalam ekstrak bunganya yaitu terdapat sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat bisa membantu untuk mengurangi tumbuhnya jerawat dan meningkatkan kecerahan pada kulit.


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama