Inilah 5 Jenis Tanaman yang Cocok untuk Mempercantik Rumah


Tanaman hias merupakan jenis tanaman yang mempunyai bunga ataupun daun dengan berbagai bentuk dan warna yang begitu cantik begitu di pandang. Tanaman hias dapat juga ditanam baik di dalam ruangan maupun diluar ruangan.

ingin memperindah rumah anda, tapi bingung menanam apa saja? Berikut beberapa tanaman indah yang cocok ditanam di rumah anda!

Baca juga:

1. Lidah mertua


Sansevieria atau di kenal dengan tanaman lidah mertua adalah tanaman sukulen dari keluarga dracaenaceae yang berasal dari Afrika Selatan, Arab, India dan Indonesia. 
kenapa bisa di sebut lidah mertua?, karena bentuknya yang begitu tajam.

Selain bentuknya yang tajam tanaman lidah mertua ini juga memiliki berbagai banyak manfaat, yaitu sebagai anti sumber serat dan bahan-bahan untuk racikan obat, menyehatkan rambut, mengobati diabetes,  wasir, hingga kanker ganas. Sementara itu seratnya juga bisa dapat digunakan untuk beragam bahan untuk pakaian. Di negara Jepang, lidah mertua ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau perabotan yang ada di dalam ruangan dan dapat membersihkan atau menghilangkan udara terutama dari asap rokok.

2. Bunga kamboja


Plumeri atau di sebut dengan Kamboja adalah Tumbuhan yang asalnya dari Amerika Tengah. Plumeria ini diberikan untuk menghormati Charles Plumier 1645 sampai 1706, pakar botani yang berasal dari Prancis. Plumeria sangat populer digunakan untuk tanaman hias outdoor (luar ruangan) awalnya bunga kamboja ini hanya digunakan untuk kuburan. Bunga kamboja ini sering digunakan berbagai kesempatan ataupun acara, terutama untuk masyarakat Bali.Ada beberapa Jenis-jenis kamboja di antaranya yaitu:
  • Plumeria alba 
  • Plumeria obtusa 
  • Plumeria pudica 
  • Plumeria rubra 
Bunga kamboja juga sangat berguna untuk mengurangi nyeri haid atau menstruasi dan mencegah pingsan akibat cuaca yang begitu panas atau terkena sinar matahar.

3. Bunga petunia

Petunia merupakan suatu genus tumbuhan yang berbunga dari keluarga Solanaceae yang bunganya berbentuk seperti terompet. Petunia ini berasal dari negara Amerika Selatan. Tinggi tanaman ini sekitar 16 sampai 30 Centimeter, dengan bunga yang bermahkota tunggal ataupun bermahkota ganda, dan berbagai pilihan warna.

Misalnya merah, putih, kuning pucat, biru, dan hingga ungu tua. Tak heran jika bunga petunia juga dapat dipergunakan sebagai obat ataupun ramuan. Sementara itu, bunga petunia dapat juga dimakan karena memiliki rasa manis dan pedas.


4. Bunga Geranium 

Bunga Geranium atau nama lainya Bunga Tapak dara. Dalam bahasa latinnya ialah Stork atau bangau. Bunga ini banyak terdapat di Afrika Selatan. Bunga Geranium banyak jenis dan warna, diantaranya yaitu: geranium putih, merah, dan merah jambu. Bau bunga Geranium ini bergam macam, terasa aneh dan tidak enak untuk di hirup , tetapi jenis geranium ada juga yang harum untuk di hirup contohnya wangi jeruk, peppermint, mawar, nanas, pala.

Warna bunga Geranium cerah dan menarik. Tanaman Geranium umumnya di kembangkan menggunakan cara stek, tetapi jaman sekarang sudah banyak yang mengembangkan dengan cara di benih. Tanaman Geranium membutuhkan air yang cukup dan juga di larang terkena sinar matahari terlalu lama, karena akan cepat layu.

Bunga Geranium tergolong jenis tumbuhan Indoor atau di dalam ruangan. Bunga geranium mempunyai fungsi untuk merawat kulit, mengencangkan kulit dan mengurangi noda pada kulit. Selain itu, bunga geranium bermanfaat sebagai pencegah jerawat karena akan menghentikan penyumbatan bakteri pada pori-pori dan juga akan mengatur produksi sebum pada wajah.

5. Bunga mawar 

Mawar merupakan tanaman bunga hias berupa memiliki batang yang berduri. Mawar yang dikenal nama Ratu Bunga. Bunga Mawar ini berawal dari dataran Cina, Timur Tengah dan di bagian Eropa Timur. Tanaman mawar ini juga mempunyai ciri khusus yang bisa dilihat dari batangnya. Batang tanaman mawar memiliki duri-duri kecil dan lumayan tajam.

Batang mawar yang berduri ini mempunyai fungsi untuk mempertahankan diri dari pemangsa nya. Ketika ada mangsa yang berusaha memakannya atau mendekatinya, maka duri-duri itu akan melukai pemangsanya, bunga mawar dapat bisa dipercaya untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Bahkan bunga mawar ini juga bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama