Terkuak !! Inilah Penyebab Tanaman Mangga Berbuah Masam

        Mangga adalah buah favorit yang ada di Indonesia, tak heran banyak orang yang menanam mangga baik itu di halaman rumah, atau di kebun. Rasanya yang manis dan segar menghasilkan buah mangga banyak digandrungi orang. Tapi bagaimana kalau tanaman mangga yang kita tanam menghasilkan buah mangga yang masam? Pada artikel kali ini, kita akan membahas seputar Penyebab Tanaman Mangga Berbuah Masam.

        Rasa manis atau masam pada buah mangga disebabkan oleh perbandingan antara kadar gula dengan kadar asam. Sekiranya kadar gula yang terkandung dalam buah mangga lebih tinggi, buah mangga akan mempunyai rasa manis. Dan kalau kandungan asamnya yang lebih tinggi buah mangga akan mempunyai rasa asam.

        Buah Mangga mempunyai kandungan air, lemak, protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan serat. Selain itu buah mangga juga mengandung zat asam dan tannin, dimana zat asam tersebut meliputi asam malat, asam sitrat, malonat dan asam oksalat. Pada buah mangga yang masih muda banyak mengandung asam dan tannin sehingga rasanya masam, akan namun zat tersebut akan kian berkurang ketika buah kian tua dan zat gula akan kian naik.

Unsur Yang Mempengaruhi Rasa Buah Mangga :

1. Unsur Genetika


        Sekiranya tanaman induk mangga mempunyai rasa yang manis, karenanya otomatis keturunannya juga akan mempunyai rasa manis.

2. Unsur Pemeliharaan Dan Perawatan


        Pemupukan adalah elemen utama yang memberi pengaruh rasa buah mangga, dengan tercukupinya keperluan akan zat hara dan mineral lainya tanaman mangga juga akan menghasilkan buah yang berkualitas baik dalam segi ukuran maupun rasa.

Baca Juga :

3. Iklim Dan Tanah


        Tanaman mangga benar-benar layak ditanam di tanah alluvial, grumosol dan andasol, sehingga kalau tanaman mangga ditanam di tipe tanah tersebut dan cukup akan hara dan sinar matahari karenanya proses fotosintesis akan lancar dan menghasilkan karbohidrat dan gula yang banyak, sehingga buah mangga yang diciptakan mempunyai rasa manis.

4. Unsur Umur Petik Buah


        Semakin tua umur buah mangga karenanya kandungan asamnya kian sedikit dan kandungan gulanya kian banyak, sehingga pemetikan buah ketika berumur tua, buah mangga akan mempunya rasa manis, meski buah mangga yang dipetik ketika masih umur muda kandungan asamnya masih tinggi, buah mangga juga akan terasa masam.

Metode Agar Tanaman Mangga Berbuah Manis :

1. Penggunaan Kultivar Unggul


        Mengamati utama yang wajib dilakukan adalah menerapkan indukan yang mempunyai genetis manis sehingga buah mangga yang diciptakan akan manis pula.

2. Penanaman Di Tanah Subur


        Dengan menanam tanaman mangga di tanah yang subur karenanya tanaman mangga bisa tumbuh sehat dan optimal, serta proses fotosintesis dan pembuahannya akan optimal.

3. Seimbang Agroklimat


        Agroklimat adalah tingkat kecocokan dan kesesuaian tanaman terhadap lingkungan hidupnya berupa kesesuaian lahan (tipe tanah, kesuburan, kemasaman, ketinggian daerah, aerasi, kandungan air, dan sebagainya), temperatur, curah hujan, angin, sinar matahari, dan sebagainya. Dimana tanaman mangga ini benar-benar layak pada daerah dengan ketinggian 0-200 mdpl, tipe iklim A ( 8 - 12 bulan berair),  B ( 7 - 8 bulan berair),  C (5-6 bulan berair ) dan D ( 3 - 4 bulan berair), permukaan air tanah 50 - 150 cm, temperatur udara 25 - 28 ºC, pH tanah 5,5 hingga 6,5.

4. Pemupukan


        Para petani untuk menghasilkan mangga yang mempunyai buah dengan rasa manis akan mengerjakan pemupukan dengan dosis sebagai berikut :
  • Bagi tanaman yang belum menghasilkan : pupuk sangkar 10 kg, Urea 50 gram, TSP 50 gram dan KCl 100 gram per pohon per tahun.
  • Bagi tanaman yang telah menghasilkan : pupuk sangkar  50 kg, urea 0,5 kg, TSP 1,5 kg dan KCl 1,5 kg per pohon per tahun.

        Kecuali pupuk makro juga perlu menambahkan pupuk mikro yang awam terdapat dalam pupuk daun, pun ada sebagian petani yang menerapkan hormon yang mengatur ketika pembungaan.

5. Pemanenan Sistem Waktu


        Pemanenan hendaknya dilakukan ketika buah mangga telah tua karena tingkat kandungan gulanya telah tinggi, dan kandungan asamnya kian berkurang sehingga rasa buah mangga akan manis.


LIM CORPORTION Menjual Plastik UV. Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Plastik UV

SMS/CALL/WA Kami Di : 0877-0282-1277 / 0852-3392-5564 / 0812-3258-4950
Phone: 031-8830487.
Untuk info harga Plastik UV silahkan klik DISINI

@ULM 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama