Inilah Metode Budidaya Sawo Agar Cepat Berbuah Lebat

       Sawo merupakan salah satu variasi buah yang sudah populer di kawasan Asia Tenggara, ada berbagai jenis sawo serta manfaat yang bagus untuk kesehatan. Budidaya Sawo dapat menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan karena belum banyak orang yang membudidayakan buah sawo ini. seandainya Anda tertarik untuk membudidayakan tanaman sawo ini, saya akan bahas tata cara nya di bawah ini.

Metode Budidaya Sawo Supaya Pesat Berbuah Lebat

1. Persyaratan Tumbuh

       Tanaman Sawo cocok tumbuh pada daerah dengan ketinggian 0 - 900 mdpl, dengan curah hujan sekitar 1.250 hingga 2.500 mm/tahun serta dapat tumbuh pada beragam temperatur tetapi jangan terlalu panas, karena dapat merusak pertumbuhan sawo. Sawo akan tumbuh dengan bagus pada jenis tanah aluvial, berpasir serta tanah lempung dengan pH tanah sekitar 6-7.

2. Benih Sawo

       Benih yang dipakai umumnya bibit sawo hasil pencangkokan. Berikut yaitu metode mencangkok tanaman sawo untuk bibit.

1. Siapkan serat kelapa atau plastik, tali, pisau, cabang tua yang akan di cangkok serta media tanam cangkok berupa tanah yang dicampur dengan pupuk sangkar.

2. Berikutnya buatlah 2 irisan atau keratan melingkar pada cabang yang akan dicangkok, kemudian kupas kulit cabang pada bagian yang di kerat. Setelah itu hilangkan kambiumnya dengan metode disayat hingga tampilan cabang kering, lalu diamkan selama 3-5 hari.

3. Setelah 3-5 hari, olesi bidang bekas sayatan yang kering dengan zat penumbuh akar, lalu ambil pembungkus cangkok yang terbuat dari plastik atau sabut kelapa lalu ikat pada bagian bawah sayatan cabang. Kemudian masukkan media tanam dan padatkan, lalu ikat kembali dengan tali bagian atas sayatan cabang serta bagian tengah bungkusan cangkok dan jangan lupa buatlah lubang kecil dengan jarum.

       Benih cangkok akan berakar setelah berusia sekitar 1,5 hingga 3,5 bulan setelah proses pencangkokan. Setelah bibit cangkok berakar, potong bibit cangkok ideal dibawah bidang sayatan cabang.


Baca Juga :


3. Pendederan Benih Hasil Cangkok

       Tempat pendederan dapat memakai polybag berdiameter 15 - 25cm atau disesuaikan dengan ukuran bibit cangkok, dan untuk media tanam dapat dibuat dari campuran tanah dengan pupuk sangkar. Masukkan media tanam dalam polybag hingga separo bagian. Kemudian tanam bibit cangkok hal yang demikian ideal dibagian tengah polybag, tetapi sebelum ditanam, pembungkus cangkokan dilepas dan ranting, daun, dahan yang berlebih dipangkas sebagian untuk mengurangi penguapan.

       Masukkan kembali media tanam tetapi jangan terlalu penuh sambil padatkan tanah pada bagian pangkal batang. Siram media tanam hingga cukup basah lalu simpan bibit pada daerah yang sejuk dan lembab. Lakukan pemeliharaan terhadap bibit selama 1 hingga 1,5 bulan supaya bibit mengikuti keadaan dan memiliki tunas serta akar yang baru. Setelah itu, barulah bibit cangkok dapat dipindahkan ke lahan tanam.

4. Lahan Tanam

       Bersihkan dulu lahan tanam dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya, lalu buat lubang tanam dengan jarak antar lubang sekitar 10 x 10m untuk lahan datar dan 7 x 8m untuk lahan miring. Apabila tanah pada lahan gembur, maka buatlah lubang dengan ukuran sekitar 60 x 60 x 60 cm dan seandainya tanah lahan berat, buat lubang dengan ukuran 100 x 100 x 100 cm. Jangan lupa ketika membuat lubang tanam tanah galian bawah dan galian atas dipisahkan terlebih dahulu.

       Biarkan lubang tanam yang sudah jadi selama 2 pekan. Setelah sekitar 2 pekan, masukkan tanah galian bagian bawah yang sudah dicampur dengan pupuk sangkar kedalam lubang. Kemudian biarkan kembali selama 1-2 pekan.

5. Penanaman

       Sebelum penanaman, polybag pada bibit dilepas dulu, pelepasan polybag sepatutnya hati-hati supaya perakaran tidak rusak dan media tanamnya tidak hancur. Masukkan bibit ideal dibagian tengah lubang tanam yang sudah disiapkan kemudian timbun dengan tanah bekas galian dan padatkan.

6. Perawatan Tanaman

Pemupukan

       Lakukan pemupukan pada 3 fase yaitu fase adaptif (berumur 0 - 3 tahun), fase vegetatif (berumur 4-7 tahun) dan fase reproduktif (Berumur >15 tahun). Berikut penjelasannya :

  • Fase Adaptif yaitu ketika tanaman berumur 0 - 3 tahun, lakukan pemupukan memakai pupuk sangkar dengan dosis sekitar 5 - 10 kg/lubang.
  • Fase Vegetatif yaitu ketika tanaman berumur 4 - 7 tahun, lakukan pemupukan dengan pupuk urea, SP-36 dan KCl dengan dosis masing masing sekitar 3,5 kg urea, 1,5 kg SP-36 dan 1 kg KCl. Pemupukan dilaksanakan 4 kali dalam setahun.
  • Fase Reproduktif I yaitu ketika tanaman berumur 8 - 14 tahun, lakukan pemupukan dengan pupuk urea, SP-36, KCL dan pupuk sangkar dengan dosis masing masing sekitar 5 kg urea, 2 kg SP-36, 1,5 kg KCL, dan 5 - 10 kg pupuk sangkar (pemupukan ini dilaksanakan 2 kali dalam setahun).
  • Fase Reproduktif II yaitu ketika tanama berumur lebih dari 15 tahun, lakukan pemupukan dengan pupuk urea, SP-36, KCl, dan pupuk sangkar dengan dosis masing-masing 7 kg Urea, 3 Kg SP-36, 2 Kg KCl dan 20 - 30kg pupuk sangkar (pemupukan dilaksanakan 2 kali dalam setahun).

Penyiangan

       Penyiangan dilaksanakan terhadap gulma atau tanaman pengganggu lainnya di sekitar tanaman sawo. Penyiangan dilaksanakan sekitar 1 - 2 bulan setelah tanam. Lakukan juga penyiangan terhadap tanaman pengganggu seperti benalu (seandainya ada).

Penjarangan Buah

       Lakukan penjarangan terhadap buah, supaya tanaman dapat menjadikan buah yang berkualitas dan supaya buah tumbuh secara optimal.

Pemangkasan

       Lakukan pemangkasan supaya tanaman dapat tumbuh dengan bagus dan menghalau serangan hama dan penyakit. Dikala tanaman sudah menempuh ketinggian 100 - 160 cm, lakukan pemangkasan pertama hingga tingginya menjadi 75 - 150 cm, setelah setahun tunas yang dipangkas tumbuh, maka lakukan pemangkasan kembali hingga tinggi tanaman menjadi 25-40 cm. (pemangkasan ini dilaksanakan pada musim hujan).

7. Pemanenan

       Tanaman sawo menjadikan buah ketika usia 3-5 tahun, walaupun pada penyambungan buah, akan dibuat setelah tanaman sawo berusia 5-6 tahun. Buah sawo tidak matang secara serempak, maka dari itu pemanenan perlu dilaksanakan secara berjenjang dengan memilih buah yang benar-benar tua.

LIM CORPORTION Menjual Plastik UV. Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Plastik UV
SMS/CALL/WA Kami Di : 0877-0282-1277 / 0852-3392-5564 / 0812-3258-4950
Phone: 031-8830487.
Untuk info harga Plastik UV silahkan klik DISINI

@ULM 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama