Jenis - Jenis Teh dan Manfaatnya, Yuk Simak!


Teh merupakan minuman yang sedang populer didunia saat ini. Teh dibuat dengan merebus dedaunan teh kedalam air panas atau mendidih lalu disajikan dengan gula maupun madu. Teh mempunyai berbagai macam jenis yaitu teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong (teh wulong). Setiap jenis teh mempunyai ciri dan rasa yang berbeda-beda.


Baca Juga:


1. Teh Hijau

Yang pertama yaitu dengan jenis teh hijau. Teh hijau ialah salah satu jenis teh yang paling terkenal diberbagai kalangan negara. Daun teh ini hijau tidak menjalani fermentasi yang signifikan sesudah pemetikan, sehingga dapat menjaga warna hijau dan kandungan antioksidannya. 


2. Teh Hitam

Yang ke dua yaitu ada teh hitam. Teh hitam merupakan teh yang mengalami fermentasi lengkap sesudah pemetikan. Daun teh hitam mempunyai rasa yang kuat dan warna yang bergitu gelap daripada teh hijau. Teh hitam ini sering dikonsumsi dengan sedikit tambahan susu ataupun gula yang mempunyai rasa yang khas dan tajam.


3. Teh Putih

Yang ketiga ada teh putih. Teh putih adalah jenis teh yang paling minim dalam pemrosesan. Daun teh ini biasanya dipetik dengan masih muda dan tidak menjalani fermentasi. Teh putih mempunyai cita rasa yang ringan dengan aroma yang segar dan mengandung antioksidan yang tinggi. 




4. Teh Oolong (Teh Wulong)

Bagian ke empat di tempati oleh teh oolong (teh wulong). Teh Oolong merupakan jenis teh yang mengalami fermentasi sebagian sesudah pemetikan. Jenis teh oolong ini mempunyai tingkat fermentasi daripada teh hijau dan teh hitam. Teh oolong ini mempunyai rasa yang lebih kompleks dan memiliki beragam macam variasi rasa yang luas, mulai dari yang ringan sampai rasa yang penuh. 


5. Teh Herbal

Terakhir yaitu teh herbal. Teh herbal, sebetulnya menunjuk pada minuman yang terbuat dari bahan-bahan herbal, bukan dari daun teh. Jenis-jenis teh herbal ini termasuk dalam teh peppermint, teh chamomile, teh jahe, dll. Teh herbal tidak mengandung kafein dan masyarakat sering mengonsumsinya sebab mempunyai manfaat kesehatan.


Berikut macam-macam manfaat teh:

  1. Mencegah radikal bebas
  2. Mampu menjaga kesehatan pada jantung
  3. Meningkatkan kesehatan pada usus
  4. Menurunkan risiko penyakit kanker
  5. Menjaga kadar gula dalam darah
  6. Membantu melindungi tulang
  7. Menurunkan stres
  8. Menjaga berat badan agar tetap ideal
  9. Membantu tetap terjaga
  10. Membantu untuk tidur terasa lebih nyenyak


 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama