4 Jenis-Jenis Ayam Kampung yang Harus Kalian Pelihara



Ayam kampung ialah jenis ayam yang paling banyak dibudidayakan di negara Indonesia.Ayam kampung ini mempunyai rasa khas favorit bagi masyarakat. Bahkan, ayam kampung ini dikenal lebih sehat dari ayam jenis lainya karena memiliki daging dan telurnya yang mengandung rendah kolesterol.

Ayam tersebut ialah:

Baca Juga:


1. Ayam (KUB) Kampung Unggul Balitnak

Keistimewaan ayam kampung ini mampu bertelur sebanyak 160 sampai 180 butir per tahun. Ayam ini bisa digunakan untuk sumber bibit bagi penyediaan Day Old Chicken ayam kampung. Pada saat berumur mencapai 5 bulan, bobot ayam berkisaran 1.200 – 1.600 gram.


2. Ayam Sentul

Ayam sentul ialah ayam kampung yang asalnya dari Kabupaten Ciamis. Ayam kampung ini memiliki warna pada bulunya yaitu warna abu-abu ke emasan dan sebagainya. Berat ukuran ayam jantan dewasa mencapai 1,5 sampai 3, 5 kilogram sedangkan betina mencapai 0,8 sampai 2,2 kilogram. Ayam kampung sentul ini setiap tahunnya dapat menghasilkan telur ssekitar 85 sampai 200 butir.





3. Ayam Merawang

Ayam istiwema dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini ialah merupakan ayam lokal. Ayam merawang ini mampu bertelur mencapai 165 butir per tahunnya, ayam merawang jantan mempunyai berat badan mencapai 1,9 sampai 3,1 kilogram dan betina 1,35 sampai 2,5 kilogram. Ayam merwang ini mempunyai kandungan rendah lemak dan memiliki nilai gizi yang baik pada telurnya, ini menjadikan bahwa ayam ini sangat unggul diibaratkan dengan unggas lainnya.

 

4. Ayam Pelung

Ayam pelung adalah ayam asli Indonesia yang dipelihara masyarakat kabupaten Cianjur. Ayam ini mempunyai 3 sifat genetik semacam suara berkokok panjang dan mengalun, dan memiliki bentuk badan yang besar dengan pertumbuhan cepat. Berat badan ayam jantan pelung ini mencapai sekitar 3,7 sampai 5,85 kilogram, sedangkan betina 2,7 sampai 4,15 kilogram. Ayam pelung dapat bertelur sampai 23 sampai 84 butir telur per 147 hari.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama