Segudang Manfaat Plastik UV Pada Tanaman di Dalam Greenhouse

Rumah Tanaman Terbaik (Greenhouse)
Hai, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, pertanian dan juga perternakan. Apakah yang terpikirkan oleh kamu saat dengar kata rumah kaca? Eits! Bukan global warming yang akan kamu peroleh tetapi greenhouse effect. Disamping itu, terdapat beberapa faedah rumah kaca yang dapat memberikan keuntungan buat kamu, baik di bidang pertanian atau perkebunan sendiri di dalam rumah.

Rumah kaca dibuat dari gelas kaca atau plastik fiber bening yang dipakai untuk penghubung untuk tangkap energi dari matahari. Arah penting dari rumah kaca ialah memanasi tumbuhan serta tanah yang berada di dalamnya hingga bertambah lebih hangat.

Plastik UV atau plastik ultraviolet benar-benar berguna serta dipakai dalam bagian pertanian. Sebelum beli serta memakai plastik UV tentu saja kita harus pahami semakin jelas tentang Plastik UV yang banyak dipasarkan di pasar, agar sesuai apakah yang kita perlukan atau diharapkan serta tidak menyedihkan. Tentu saja dengan harga yang benar-benar dapat dijangkau.

Apa yang kamu ketahui mengenai plastik UV?

Plastik UV adalah tipe plastik yang biasanya digunakan untuk atap greenhouse yang benar-benar kuat pada iklim. Aslinya tidak cuma plastik UV yang bisa kita pakai, tetapi ada pula plastik lain yang bisa dipakai salah satunya yakni plastik film, polyethylene dan fiberglass. Saat ini kita semakin lebih konsentrasi pada Plastik UV saja.

Plastik UV adalah plastik yang dalam membuatnya dilapis dengan bahan kimia spesifik, jadi bisa meredam dari cahaya ultraviolet yang benar-benar terlalu berlebih tanpa ada menghancurkan tumbuhan. Muatan berbahan kimia yang terdapat di konversikan dalam beberapa angka persentase, dari ini kita harus tahu jika tipe plastik UV yang dipasarkan di pasar indonesia mempunyai prosentasi dari plastik UV seputar 6%, seputar 8%, seputar 12 %, serta seputar 14% dengan rerata ketebalan seputar 150 sampai 200micron.

Detail dari plastik UV yang dipasarkan di pasar bisa kita kenali dari jumlah persenan yang terdapat dalam plastik UV-nya. Misalnya yang sudah diterangkan awalnya di atas jika biasanya plastik UV yang diperjualbelikan di negara indonesia salah satunya yakni plastik UV adanya muatan bahan kimia seputar 6%, 8%, 12%, serta 14 % yang biasanya mempunyai ketebalan seputar 150–200 micron. Untuk Persentase awalnya, ditujukan jika jika bahan kimia yang terdapat makin banyak, karena itu makin besar kekuatan dari plastik UV untuk meredam paparan cahaya matahari.

Jenis dan Ukuran Plastik UV

Plastik Uv ini mempunyai ukuran serta tipe yang benar-benar berlainan. Tetapi plastik Uv yang umumnya di gunakan serta dipasarkan di shop kami adalah Plastik UV dengan lebar seputar 3 mtr. yang harga permeternya yakni seputar 38 ribu, serta plastik UV dengan lebar seputar 4 mtr. yang harga permeternya yakni seputar 45 ribu, dengan minimum pembelian yakni seputar 3 mtr.

Apa saja Keunggulan Plastik UV?

Plastik UV mempunyai banyak faedah atau keunggulan yang salah satunya untuk dipakai untuk alas penjemuran/pengeringan yang berguna membuat perlindungan tumbuhan agar tidak terkena dari cahaya matahari serta saat cuaca tidak menentu. Untuk Plastik UV banyak dipakai karena plastik UV benar-benar kuat serta dibuat untuk atap greenhouse. Bukan hanya hanya itu, plastik UV bukan plastik bening yang biasanya, tetapi plastik yang memiliki kandungan berbahan kimia spesifik yang mempunyai ketebalan yakni seputar 150–200 micron hingga plastik UV masih tahan, tidak gampang rusak karena oleh perkembangan cuaca, benar-benar tebal dan benar-benar kuat bila dibanding dengan plastik biasanya.

BACA JUGA:
Musim Panen, Yuk Gunakan Waring Sayur Agar Kualitas Tetap Terjaga
Ingin Tahu Cara Jitu Melindungi Tanaman dari Hama? Gunakan Paranet Saja
Hebat, Plastik UV Jadi Satu-satunya yang Punya Kandungan UV Stabilizer

Hal itulah yang akan membuat biaya perawatan dan produksi sangat berkurang dan membuat hasil produksi semakin meningkat. Plastik UV dapat dipakai sebagai atap dalam proses pengeringan hasil panen contohnya panen padi, panen kedelai, panen jagung, panen kopi, panen teh, panen kakao, panen ikan dan panen lainnya. Serta dapat digunakan untuk proses pengeringan pada industri batu bata, industri genteng, industri batako, industri paving dan industri lainnya.

Sedang untuk proses penjemuran serta pengeringan seharusnya memakai muatan plastik UV yang seputar 6%. Makin besar muatan UV protektornya karena itu plastik akan makin kabur/gelap. Ukuran plastik UV yakni lebarnya seputar 300cm, panjangnya seputar 100m, tebalnya seputar 200 mikron (0,20), beratnya seputar 55–56kg per roll. warna bening sedikit kabur sama dengan putih susu tetapi benar-benar jelas. Dengan dipayungi atap dari plastik uv karena itu tidak ribet lagi jika mendadak hujan akan turun, dan tak perlu ribet lagi untuk harus membereskan jemuran.

Penggunaan Produk

Plastik UV umumnya digunakan untuk atap pada greenhouse. Ada beberapa jenis greenhouse yang memakai plastik UV salah satunya Greenhouse kerangka bambu, kerangka kayu, kerangka besi.


Selain itu Greenhouse dapat juga untuk diaplikasikan dalam bidang pertanian dan perikanan, misal untuk proses pembibitan, produksi sayuran dan buah-buahan, serta perikanan. Tidak hanya itu saja, Plastik UV juga sangat banyak dipergunakan untuk alas penjemuran, tujuannya yaitu supaya sinar matahari yang masuk dapat dipantulkan lagi, sehingga untuk proses pengeringan dari bagian bawah juga berlangsung, sehingga sangat mudah dan cepat kering.

Benar-benar optimal bila barang yang dijemur tidak langsung bersinggungan pada fundamen lantai, tapi ditempatkan pada bagian atas bidak-bidak, awalnya bidak sisi atas dilapis terlebih dulu dengan memakai plastik UV.

Itu tadi ulasan singkat artikel tentang segudang manfaat pada tanaman di dalam greenhouse. Janag lupa ya diterapkan di rumah anda. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan juga mendapatkan ilmul baru. Jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama