Penggunaan Plastik UV Untuk Tanaman Hias, Bunga, dan Buah-buahan

Plastik UV (Ultra Violet)
Halo semua, kembali lagi bersama penulis. Kali ini kita akan membahas artikel soal penggunaan plastik uv untuk tanaman hias, tanaman bunga, dan buah-buahan. Plastik UV (ultra violet) adalah plastik yang dilapis bahan kimia spesifik, karena itu akan meredam cahaya ultraviolet yang terlalu berlebih tidak dengan mengacaukan tanaman. Buat kepentingan kelompok plastik yang umum diperjualbelikan di negri kita adalah kelompok plastik UV 6%, 8%, 12% & 14%, bersama-sama ketebalan sekitar 150-200 micron.

Beberapa angka prosen (%) itu bermakna menunjukkan banyaknya muatan bahan kima yang ada, semakin cukup banyak bahan kima ada, semakin agung juga kemampuan plastik UV untuk meredam cahaya. Di sekitar greenhouse seharusnya diaplikasikan dinding pengaman. Dinding pengaman ini bermanfaat membuat perlindungan tanaman dari bermacam macam kesulitan yang hadirnya di luar, yang karakternya akan bikin rugi perkembangan tanaman. Contonya, menahan masuknya serangga. Dinding pengaman ini yang umum diperlukan adalah semacam screen, insect screen, jaring polynet, paranet (shading net), karena itu nantinya.

Plastik UV (ultra violet) adalah plastik dengan kandungan zat khusus (UV) yang di gunakan sebagai atap rumah tanaman (greenhouse) yang berfungsi plastik untuk:

  • mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke tanaman, terutama menghindarkan tanaman dari sinar matahari yang dapat merugikan tanaman
  • mencegah guyuran air hujan masuk ke tanaman, sehingga tanaman dapat terhindar dari hama yang merugikan, dan tanaman terhindar dari siraman air yang berlebihan.

Sinar matahari yang masuk diperlukan untuk kegiatan fotosintesis tanaman. Oleh sebab itu transmisi cahaya yang tepat dan maksimal dengan plastik UV yang bening transparan dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman sehingga tanaman mempunyai produktivitas yang tinggi.

Plastik UV mempunyai daya tahan yang kuat terhadap perubahan cuaca seperti panas dan hujan, tidak mudah sobek atau pecah sehingga mengemat biaya renovasi rumah tanaman (greenhouse). Plastik UV greenhouse ini banyak digunakan pada budidaya tanaman hias, budidaya bunga, sayuran, perkebunan buah-buahan.

Ukuran plastik UV greenhouse yang tersedia (ready stock) :
- lebar (keadaan terlipat/terbuka) : 150cm/300cm
- panjang: 90-95 meter
- ketebalan: 200 micron (0,20)
- berat per roll: 52-53 kg
- kandungan UV: 6% dan 14%
Minimal order 6 roll (sekitar 300 kg)

Acrylic

Acrylic benar-benar tahan pada perkembangan cuaca , tahan pecah dan benar-benar terbuka. Penyerapan cahaya ultra violet yang datang dari matahari semakin tinggi dibanding dengan bahan yang dibuat dari kaca. Pemakaian acrylic sekitar dua lapis dapat menghantarkan seputar 83 % sinar serta kurangi kehilangan panas seputar 20-40% dibanding pemakaian 1 lapis. Bahan ini tidak menguning meskipun dipakai dalam tempo yang lama. Tetapi kekurangan berbahan acrylic ialah : gampang terbakar,benar-benar mahal, serta benar-benar gampang tergesek/tidak tahan gores.

BACA JUGA

Apa Itu Plastik Polybag dan Apa Manfaat Polybag?

Budidaya Nanas Dengan Sistem Mulsa Plastik Hitam Perak

Manfaatkan Waring Sayur Untuk Pasca Panen Buah dan Sayur

Polyvinyl cholride film

Bahan ini mempunyai sifat penghantar emisi yang sangat besar untuk cahaya dengan panjang gelombang yang besar, dimana bahan ini mampu menciptakan temperatur udara yang cukup tinggi pada malam hari dan bisa berfungsi sebagai penghalang sinar ultra violet. Bahan ini lebih mahal dibandingkan polyethylene film dan cenderung mudah kotor, yang mana harus terus dilakukan pembersihan agar didapatkan penghantaran cahaya yang lebih baik.


Plastik UV Ukuran Khusus

Kami terima pesanan plastik UV ukuran spesial dengan ketebalan, lebar, panjang, berat, serta muatan UV sesuai dengan keperluan Anda. Untuk plastik UV ukuran spesial minimum order 1000 kg (1 ton). Lama pengerjakan seputar dua minggu (14 hari).

Nah, berakhir sudah pembahasan materi untuk artikel kali ini. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama