Cepat Lebih Panen? Coba Budidaya Cabe di Greenhouse

Harga Plastik UV Murah di Jawa Timur - Lim Corporation

Rumah tanaman atau sering disebut greenhouse yaitu sebuah bangunan yang dipakai untuk membudidayakan tanaman. Greenhouse bisa terbuat dari gelas ataupun plastik UV. Cabe yang di budidayakan di dalam greenhouse mempunyai banyak keuntungan bagi petani karena tanaman cabe akan lebih tahan dari hama dan penyakit serta panen menjadi lebih cepat. Pemakaian plastik UV mempunyai manfaat pada sistem fotosintesis yang lebih efektif pada daun, bisa melindungi tanaman dari hujan dan membuat perlindungan kestabilan suhu udara di bawahnya. Berikut merupakan cara tepat budidaya cabe di greenhouse.

Step Pemrosesan Tanah Awal 
1. Bersihkan tempat dari sisa tanaman atau akar dari tanaman lebih dulu.
2. Bajak atau cangkul tanah dengan dalam sekitar 25-30cm, kemudian dikeringkan selama sekitar 7-14 hari.
3. Buatlah bedengan dengan lebar 90cm, tinggi sekitar 30cm-40cm, lebar parit sekitar 70cm-80cm. Untuk panjang bedengan sebaiknya 12m.
4. Buatkan parit keliling dengan lebar dan dalam sekitar 50cm.
5. Ketika 80% bedengan terbentuk, berikan pupuk kandang 2kg/tanaman.
6. Berikan dolomit 150gr/tanaman.
7. Campurkan pupuk kandang dan dolomit sampai merata, kemudian diangin-anginkan selama kurang lebih 2 minggu.

Syarat tumbuh
Cabe bisa ditanam di daerah dataran rendah ataupun dataran tinggi. Iklim yang mempengaruhi pertumbuhan cabe yaitu curah hujan, angin, suhu, sinar matahari serta kelembaban. Jenis tanah yang sesuai untuk membudidayakan tanaman cabe yaitu tanah yang mempunyai tekstur gembur, remah, tak terlalu liat, dan tak terlalu poros serta kaya akan bahan organik. Buatlah green house dari bahan bambu untuk kerangka dan plastik ultraviolet (UV) untuk atapnya.

Baca Juga :
Dengan memakai greenhouse, tanaman cabe dijamin terlindungi dibandingkan dengan cara konvensional. Pemakaian plastik UV juga mempengaruhi proses fotosintesis tanaman menjadi lebih efektif, melindungi tanaman dari hujan serta bisa menjaga kestabilan suhu udara. Kemudian pakailah plastik mulsa untuk diselimutkan diatas bedengan, selanjutnya plastik mulsa dilubangi dengan jarak 10cm setiap tanaman dalam 1 baris dan 20cm setiap baris. Plastik mulsa bisa dilubangi dengan memakai kaleng bekas berdiameter 10cm yang sudah di panaskan. Dalam 1 bedengan bisa dibuat 3 baris memanjang.


Penyemaian
Sebelum tanaman cabe ditanam dalam greenhouse, benih cabe di semaikan dulu dalam tray wadah berbahan plastik untuk persemaian. 1 tray bisa menampung sekitar 100 benih cabe. Untuk hasil yang bagus, sebelumnya benih di rendam dulu dengan 3 tetes larutan enzim SolBi yang dilarutkan dengan air sebanyak 200 ml, rendam mulai dari jam 20.00 malam sampai jam 07.00 pagi, kemudian bibit bisa disemai. Pilihlah benih yang tenggelam untuk di tanam dalam tray yang sudah di isi media tanam berupa tanah serta pupuk kandang yang halus. Selama penyemaian benih di semprot air 1 kali 1 hari dengan semprotan kecil. Dengan cara ini, bibit kecil dari tray bisa lebih cepat dipindahkan ke bedengan sesudah tanaman tumbuh 5 daun serta tinggi sekitar 7cm-8cm atau selama 15 hari sesudah benih ditanam.

Penanaman serta Perawatan
Sebelum melaksanakan penanaman, bedengan dibasahi dengan air. Sebaiknya bibit tak dicabut secara langsung, akan tetapi cukup dengan merenggangkan tray supaya perakaran tak rusak ketika ditanam dalam lubang tanam. Kemudian, bibit yang sudah ditanam disiram 2 kali 1 minggu, supaya kelembaban di bawah mulsa plastik tetap terjaga dan tak terjadi kebusukan. Laksanakan proses penyiangan gulma 2 kali semasa tanam. Berikan pupuk 2 kali 1 bulan. Pada prose pemupukan sintetis pertama ditambahkan enzim SolBi dengan dosis 1kg pupuk NPK dengan 30ml SolBi yang dilarutkan dalam 200 liter air.

SolBi yaitu enzim yang berperan untuk penyeimbang kandungan unsur hara tanah, jadi walaupun ditanam dalam jarak yang sangat rapat, tanaman tetap terpenuhi nutrisinya. Ukuran cabe yang dihasilkan pun tetap besar dan panjang. Perhatikan kelembaban greenhouse supaya terhindar dari penyakit yang sering menyerang cabe seperti layu fusarium serta patek yang kerap muncul ketika kelembaban tinggi. Perhatikan juga serangan hama. Hama yang sering muncul yaitu trips, yaitu serangga yang cepat berkembang biak yang bisa dibasmi dengan menyemprotkan insektisida.

Panen
Bentuk cabe yang sudah siap panen, yaitu tingkat kemerahan sekitar 90%. Pemanenan bisa dilaksanakan sesudah 2 bulan masa tanam. Menanam cabe di greenhouse dirasa lebih cepat dibandingkan dengan metode konvensional yang baru bisa di panen sesudah 4 bulan masa tanam. Cabe di petik bersama dengan tangkainya supaya lebih tahan lama dalam pemasaran. Sesudah di panen, cabai dimasukkan dalam kardus atau plastik karung. Dengan cara penanaman memakai greenhouse, cabe bisa tahan lama dalam keadaan baik sampai 2 minggu pada suhu ruangan. Sedangkan apabila dimasukkan dalam lemari pembeku, cabe bisa tahan sampai 45 hari.


Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Plastik UV untuk pembuatan green house atau untuk pengeringan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan :
– Minimal order 1 ton
– Kandungan UV protektor 5%, jika minta kandungan UV diatas 5% akan dikenakan harga untuk kenaikan tiap 1% nya Rp 500,-/kg
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama