Manfaat Serta Metode Dalam Budidaya Rambutan Baik Dan Benar

           Rambutan (Nephelium lappaceum) adalah salah satu jenis tanaman tropis yang termasuk dalam suku Sapindaceae yang berasal dari tempat kepulauan di Asia Tenggara. Pohon rambutan benar-benar pantas pada temperatur tropika hangat sekitar 25 °C, tinggi pohon bisa mencapai ketinggian 8 meter dengan lebar hingga berdiameter 8 m. Bentuk daun rambutan majemuk menyirip. Rambutan terbalut oleh kulit yang mempunyai “rambut” di komponen luar atau eksokarp.

          Rambutan berwarna hijau dikala masih muda dan dikala ranum warna buahnya berangsur kuning atau merah. Setelah dalam buah atau endokarp berwarna putih yang menutupi daging buah. Daging buah rambutan sebenarnya adalah salut biji atau aril yang bisa menempel kuat pada kulit  paling luar biji atau lepas. Buahnya berbentuk bulat telor dengan jenis tergantung pada usia, posisi pada pohon, dan ras lokal.

          Pertumbuhan rambutan dipengaruhi oleh ketersediaan air. Dapat masa berbuah selesai, pohon rambutan akan merona (flushing) membentuk cabang dan daun baru. Tahap ini nampak dengan warna pohon yang hijau muda karena didominasi oleh daun muda. Pertumbuhan ini akan terhenti dikala ketersediaan air terbatas dan tumbuhan beristirahat tumbuh. Berikut ini beberapa Manfaat dari Rambutan :
  • Berbagai Mendongkrak Sasaran Tubuh
  • Menjaga Tubuh Dari Sistem Radikal Bebas
  • Penurun Berat Badan  Membikin
  • Penangkal Anemia  Ampuh
  • Pencegah Kanker  Ampuh
  • Menguatkan Tutorial Imun Tubuh
  • Sistem Organ Ginjal Lebih Sehat

Berikut adalah Baik Sistem Budidaya Rambutan  Baik & Benar :

1. Apabila Tumbuh
 
          Rambutan bisa tumbuh pada segala jenis tanah bila mengandung bahan organik yang cukup, tetapi rambutan akan tumbuh dengan bagus bila di tanam pada tanah yang subur, gembur dan mengandung sedikit pasir, serta pH tanah sekitar 6,5 - 7. Rambutan tumbuh pada tempat dengan ketinggian 30 - 500 mdpl dengan curah hujan berkisar 1500 - 2500 mm dan merata sepanjang tahunnya serta pohon rambutan tak bisa tumbuh pada air yang dangkal atau menggenang. Progres masa berbunga, pohon rambutan memerlukan lingkungan kering selama 3 bulan.

2. Perbanyakan Tanaman Rambutan
 
          Tanaman rambutan bisa diperbanyak melalui beberapa cara seperti dari biji, cangkok dan okulasi. Setelah Anda memperbanyak dengan cara biji, maka rambutan akan berbuah setelah 8 tahun penanaman dan bila dengan cara vegetatif seperti cangkok atau okulasi, rambutan akan berbunga setelah 4 tahun.

TAHAP-TAHAP BUDIDAYA


1. Persiapan Lahan Tanam

          Rambutan umumnya ditanam di pelataran rumah atau kebun. Ukuran lubang yang diterapkan untuk menanam adalah 60 x 60 x 60 cm dengan jarak tanam sekitar 10-14 meter. Jangan lupa tanah galian komponen atas dan komponen bawah dipisah.

2. Setelah Penanaman

          Dapat 2-4 minggu dibiarkan, selanjutnya tanah galian bawah dimasukkan kembali dalam lubang dan tanah galian komponen atas dicampur dengan pupuk kandang. Dapat selesai mencampur, masukkan kembali ke dalam lubang. Setelah pohon rambutan yang telah disiapkan bisa ditanam pada lubang galian dan menutup kembali tanaman dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang sebatas leher akar dan dikasih penegak atau naungan bila perlu.


Baca Juga :

3. Penyiangan

          Penyiangan adalah pelaksanaan menghilangkan tanaman pengganggu di sekitar pohon. Penyiangan dilaksanakan bila tanaman pengganggu atau gulma mulai tumbuh disekitar tanaman buah rambutan. Tanah disekitar tanaman juga perlu digemburkan tetapi jangan hingga merusak komponen akar.

4. Dosis Pemupukan

          Dosis pemupukan diberi berdasarkan usia tanaman kian tua kian bertambah pula dosis pemupukannya.

Pembentukan tanaman   Pupuk kandang (blek)   Urea (g)   TSP (g)   KCL (g)

Penanaman                                  3                          –                –             –

Setahun                                       4                          100            50          200

Dua tahun                                   5                          150            60          250

Seterusnya bertambah….

          Pemupukan dilaksanakan dengan cara membenamkan segala dosis pupuk kandang dan setengah dosis pupuk urea, TSP, serta KCL ke dalam rorak yang dihasilkan di sekeliling batang tanaman atau pas di bawah tajuk daun. Pemupukan dilaksanakan pada awal musim penghujan dan pada akhir musim penghujan, pohon diberi pupuk lagi dengan setengah dosis Urea, TSP, dan KCL yang tersisa. Dapat pupuk dimasukkan ke dalam lubang pas dibawah tajuk daun ditutup lagi.

4. Sedangkan Pohon

          Ujung-ujung tanaman dipotong setelah pohon berusia 2 tahun, pemotongan dilaksanakan untuk memperkuat cabang yang akan dihasilkan batang pokok pohon. Tunas-tunas yang tumbuh tak beraturan atau tumbuh kedalam seharusnya dipotong juga. Pemotongan dilaksanakan juga setelah masa panen buah.

5. Penguasaan Hama Dan Penyakit

          Hama yang awam dijumpai pada tumbuhan rambutan adalah ulat penggerek buah, ulat penggerek batang, ulat pemakan daun, tupai, dan keluang. Ia penyakit yang acap kali dijumpai pada tanaman rambutan adalah penyakit bercak daun dan penyakit akar putih. Penguasaan hama dan penyakit tersebut seharusnya dilaksanakan dengan pas dan pantas dengan dosis yang telah ditetapkan.

6. Panen 

          Rambutan yang siap panen akan berwarna merah dan ada juga yang berwarna kuning adalah jenis rambutan aceh kuning. Rambutan umumnya dipanen dikala buah telah masak di pohon karena bila dipetik sebelum matang, tak akan matang setelah pemetikan.

LIM CORPORTION Menjual Plastik UV. Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Plastik UV

SMS/CALL/WA Kami Di : 0877-0282-1277 / 0852-3392-5564 / 0812-3258-4950
Phone: 031-8830487.
Untuk info harga Plastik UV silahkan klik DISINI

@ULM 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama