Minggu, 16 April 2017

Langkah Tepat Budidaya Semangka Dengan Teknik Hidroponik


Siapa yang tidak mengenal semangka??. Semangka merupakan tanaman yang berasal dari Afrika dan sudah menyebar luas di seluruh dunia. Semangka memiliki kulit buah yang berwarna hijau dan memiliki daging buah yang berwarna merah serta kuning dengan rasa buah yang manis menyegarkan.

Semangka dapat dibudayakan secara konvensional maupun secara hidroponik. Menanam semangka secara hidroponik dapat memudahkan petani dalam melakukan pemeliharaan, perawatan serta pengendalian hama dan penyakit pada tanaman. Berikut langkah tepat membudidayakan tanaman semangka secara hidroponik..
*Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Ikan Mas Di Jaring Apung Supaya Hasil Melimpah

Pemilihan bibit
Langkah pertama yaitu memilih bibit.Bibit dapat dibeli di toko yang menjual bibit tanaman. Benih atau bibit di pilih yang unggul, berwarna hitam mengkilap, tahan dari hama dan penyakit, serta tidak cacat. Sebelum tanam sebaiknya lakukan perendaman.Perendaman ditujukan untuk mendapatkan bibit yang berkualitas, karena bibit yang mengambang waktu direndam merupakan bibit yang berkualitas rendah.

Pengolahan media tanam
Dalam pengolahan media tanam ini yaitu dengan mempersiapkan alat serta bahan dahulu berupa timer, pipa paralon, drum plastik penampung air, mesim pompa akuarium, gabus atau busa dan talang air. Setelah menyiapkan media tanam, kemudian lakukan persemaian bibit yang sudah di rendam tadi.

Penyemaian biji
  • Persiapkan media persemaian dengan mempersiapkan kertas kartun atau lainnya dan juga kapas atau gabus yang sudah di basahi.
  • Setelah itu lakukan persemain di dalam media tanah dalam polybag. Kemudian lakukan pemeliharaan beberapa hari hingga berkecambah.
  • Setelah sudah mulai memiliki akar, lakukan pemindahan ke media sekam.Ini bertujuan agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman semakin cepat. Lakukan pemeliharaan hingga tanaman mulai membesar dan memiliki akar yang sangat banyak.
  • Lakukan pemupukan dan pemberian nutrisi pada tanaman, hingga 1-2 minggu baru bisa di lakukan ke media tanam atau hidroponik.
Penanaman Tanaman
  • Setelah tanaman sudah mempunyai daun 3-4 helai serta akar yang sudah sangat banyak lakukan pemindahan langsung ke media tanam hidroponik.
  • Pindahkan tanaman secara perlahan dan hati-hati ke media tanam hidroponik, karena tanaman semangka sangat sensitif serta lebih rentan terhadap sentuhan yang sangat keras.
  • Setelah melakukan penanaman sebaiknya gunakan metode aliran automatis untuk pemberian nutrisi yang sebelumnya telah tersusun dengan pengatur waktu. Waktu pemberian nutrisi sebaikya di lakukan dengan teratur.
  • Setelah itu  lakukan pemeliharaan tanaman dengan baik dan juga teratur.
Perawatan tanaman
Perawatan tanaman semangka yaitu dengan memperhatikan media air tetap steril dari hama dan penyakit, lakukan penyiangan gulma di sekitar tanaman semangka, serta pemupukkan susulan untuk pertumbuhan tanaman dengan menggunakan pupuk cair berupa urea cair, pupuk kompos cair dan lainnya yang dapat di cairkan sesuai dengan takaran atau dosis.
*Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Timun Dengan Teknik Hidroponik

Pemanenan tanaman
Pemanen tanaman semangka sama seperti tanaman semangka pada umumnya yaitu sekitar 2-3 bulan. Pemanen ini di lakukan dengan cara memetik langsung atau dengan memotong tangkai buah. Buah yang sudah siap panen dapat di tandai dengan tangkai buah yang menguning serta kembung bila diketuk.Saat memanen buah usahakan tidak meusak kondisi buah, karena akan menurunkan kualitas serta harga jualnya nanti.

Selamat mencoba........

Tidak ada komentar :

Posting Komentar