Inilah Ulasan Seputar Kandungan Dan Manfaat Bayam

Bayam  ialah tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik tapi sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting bagi tubuh.

Manfaat bayam yang beragam membuat sayuran ini baik dikonsumsi oleh semua orang, mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, hingga lansia.

Nutrisi dan Kandungan Bayam

Bayam dikenal sebagai sayuran rendah kalori. Selain itu, di dalam 100 gram bayam, terkandung 23 kalori dan nutrisi-nutrisi berikut ini:

Baca juga:

  • 3,5 gram karbohidrat
  • 3 gram protein
  • 460 miligram kalium
  • 71 miligram magnesium
  • 2,4 miligram zat besi
  • 2 gram serat

Bayam juga kaya akan beragam vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, hingga vitamin K, serta mengandung beragam jenis antioksidan, seperti lutein, karotenoid, dan zeaxanthinBeragam Manfaat Bayam bagi Kesehatan

Berkat kandungan berbagai nutrisi di dalamnya, bayam bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Berikut ini adalah manfaat bayam yang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya secara rutin:

1. Mengatasi peradangan di dalam tubuh

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa melawan radikal bebas penyebab peradangan di dalam tubuh.

Oleh sebab itu, mengonsumsi bayam secara rutin bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit akibat peradangan, misalnya diabetes dan rheumatoid arthritis.

2. Mendukung proses pemulihan luka

Antioksidan yang terkandung dalam bayam juga diketahui mempunyai sifat antiradang. Berkat efek tersebut, bayam dianggap baik dikonsumsi untuk mempercepat proses pemulihan luka. Jika luka cepat pulih, Anda tentunya kembali kembali melakukan aktivitas sehari-hari tanpa khawatir.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat bayam dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh berasal dari berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium. Beragam nutrisi tersebut berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda tidak mudah terserang penyakit.

4. Menjaga kesehatan mata

Manfaat bayam selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Manfaat ini diperoleh dari tiga jenis karotenoid, yaitu lutein, beta karoten, dan zeaxanthin, yang terkandung dalam bayam.


Selain meningkatkan kesehatan mata, ketiga jenis karotenoid tersebut juga bisa menurunkan risiko terjadinya beberapa gangguan pada mata, seperti katarak dan degenerasi makula. Jika tidak ditangani, kedua gangguan pada mata tersebut bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

5. Menjaga kesehatan kulit

Tak hanya kesehatan mata, mengonsumsi bayam juga baik untuk kulit. Berbagai jenis vitamin yang terkandung dalam bayam, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K, merupakan kandungan yang berperan besar dalam hal ini.

Pasalnya, vitamin-vitamin tersebut bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan mencegah terjadinya penuaan dini. Selain itu, berbagai vitamin di atas juga berkhasiat untuk memperbaiki tekstur kulit sehingga membuatnya tampilan kulit tampak halus.

Nah, itulah beberapa manfaat sayur bayam yang bisa Anda dapatkan. Meski bermanfaat, bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah seperti warfarin, sepertinya Anda harus berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi bayam, karena makanan yang mengandung vitamin K memainkan peran besar dalam pembekuan darah.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama