Kantong Semar, Pengertian dan Ciri-Cirinya

Kantong semar merupakan tumbuhan karnivora (pemakan daging). Kantong semar mempunyai nama latin Nepenthes, yang dimaksud dengan nama latin itu ialah dapat hidup dengan cara menempel di batang pohon. Kantong semar bisa dijumpai di tempat yang lembab dan minim akan pencahayaan sinar matahari.


Baca Juga:


1. Kantong Semar Punya Kantong Perangkap Serangga

Tumbuhan ini mempunyai bentuk yang unik, yang berada di bagian yang membentuk seperti corong. Bagian corong tersebut berfungsi menjadi perangkap serangga. Pada bagian ujung daun yang berbentuk semacam piala itu akan berubah bentuk menutup dan membuka. Ketika saat bagian ujung terbuka, itu menandakan kantong semar ini sedang mencari mangsa dan akan menarik perhatian serangga untuk masuk ke dalamnya. Apa bila serangga sudah terperangkap untuk masuk ke dalamnya, dan dibagian ujung kantong itu akan menutup dan mengeluarkan enzim untuk mematikan serangga tersebut.

2. Kantong Semar Menghasilkan Nektar yang Manis

Kantong semar ternyata mempunyai cairan manis yang bernama nektar. Cairan inilah yang akan menarik perhatian serangga untuk masuk ke dalamnya. Cairan ini pada tanaman kantong semar mempunyai rasa sangat manis sehingga akan membuat serangga tergoda untuk mencobanya. Cairan nektar ini juga mempunyai tekstur yang lengket sehingga serangga yang masuk kedalamnya akan terjebak. Dan juga, pada bagian dinding dalam kantong semar sangat licin. Hal inilah yang membuat serangga akan terpeleset untuk masuk ke dalamnya dan begitu susah untuk naik ke atas.




3. Kantong Semar Mempunyai Cara untuk Mendapatkan Nutrisi

Tanaman lainya akan semakin subur apabila diberikan pupuk, namun akan tetapi kantong semar ini justru akan mati apabila diberikan pupuk.

4. Tiga Bagian Kantong Mempunyai Fungsi Sendiri

Tiga bagian ialah bagian atas, bawah, dan roset. Kantong atas merupakan tanaman yang sudah dewasa. Biasanya yang berbentuk corong dan dapat menempel pada tumbuhan lain, dan mempunyai fungsi untuk menangkap serangga yang terbang semacam nyamuk dan lalat

Kemudian pada kantong bawah merupakan kantong yang bisa ditemui pada tanaman muda dan dewasa. Kantong bawah ini menempel pada bagian atas tanah dengan 2 sayap yang berfungsi sebagai untuk membantu serangga tanah semacam semut. Sementara itu untuk bagian kantong roset merupakan kantong yang hanya bisa ditemukan untuk jenis tanaman kantong semar tertentu. Kantong roset ini persis dengan kantong bawah,namun demikian pada bagian daunnya itu membentuk semacam roset yang sama juga memiliki fungsi dengan kantong bawah.




 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama