Beberapa Manfaat dan Bahaya yang di Sebabkan Sinar Ultraviolet

Manfaat dan Bahaya Sinar Ultraviolet

Hai, apa kabar? Berjumpa kembali dengan penulis. Artikel kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat dan bayaha yang di sebabkan sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet atau lebih sering disebut sebagai sinar UV merupakan bagian dari sinar matahari yang tidak terlihat atau tampak oleh mata.

Berdasarkan pengaruhnya terhadap kesehatan, sinar UV dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Sinar UV-A (blacklight)

Yaitu sinar ultraviolet yang memiliki panjang gelombang antara 380 – 315 nm. UV A memiliki radiasi yang kuat dari sinar matahari pada mencapai permukaan bumi. Sinar UV-A merupakan penyumbang paling utama untuk gangguan kerusakan kulit dan kerutan. Sinar ini dapat merusak sel-sel kulit dalam lapisan epidermis yang merupakan penyebab terjadinya kanker kulit.

2. Sinar UV-B (Medium wave)

Yaitu sinar ultraviolet yang memiliki panjang gelombang antara 315 – 280 nm. Sinar ini bisa membakar kulit dan membuatnya kemerahan. Selain itu sinar UV-B bisa mengakibatkan rusaknya epidermis kulit yang lebih dangkal.

3. Sinar UV-C (Short wave)

Yaitu sinar ultraviolet yang memilki panjang gelombang antara 280 – 10 nm. Biarpun sebagian besar sinar UV-C dapat diserap oleh ozon, tapi radiasinya dapat menimbulkan bahaya dan lebih banyak menimbulkan kerusakan.

Manfaat Sinar Ultraviolet

Sinar UV memiliki beberapa manfaat untuk kelangsungan kehidupan makluk di bumi, diantaranya:

1. Sumber alami vitamin D

Seperti kita ketahui, manfaat vitamin D memiliki beberapa kontribusi penting bagi tubuh seperti :

  • meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan
  • membantu memperkuat tulang, gigi
  • membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • menurunkan resiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit seperti rakhitis
  • mencegah kanker usus besar
  • menghindari eksim
  • mencegah penyakit kuning.

2. Meningkatkan Mood

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat smatahari dapat merangsang kelenjar pineal dalam otak untuk memproduksi bahan kimia tryptamines. Sinar matahari berguna untuk meningkatkan suasana hati (mood).

3. Membantu proses deteksi makanan

Bagi hewan seperti burung, reptil, dan berbagai jenis serangga, sinar UV dapat membantu untuk menemukan sumber makanan, seperti buah-buahan yang matang, bunga, serta biji-bijian.

4. Membantu proses navigasi serangga

Beberapa jenis serangga menggunakan pancaran sinar UV dari benda-benda langit untuk membantu proses navigasi dalam penerbangan. Karena itulah terkadang pancaran cahaya dapat menarik serangga terbang.

5. Membantu proses fotosintesis pada tumbuhan

Sinar ultraviolet dapat membantu proses fotosintesis yang menghasilkan zat makanan seperti karbohidrat. Proses memasak makanan ini, dilakukan oleh tumbuh–tumbuhan yang mengandung zat hijau daun (klorofil), alga dan beberapa jenis bakteri.

6. Membunuh bakteri dalam air minum

Pada depo-depo air, proses penyaringan air membutuhkan proses yang steril dan higienis untuk menghasilkan air yang murni serta bebas dari kuman penyakit. Dalam proses penyaringan ini, sinar ultraviolet digunakan untuk membunuh bakteri pada air yang sedang di saring.

Bahaya Sinar Ultraviolet

Selain memiliki berbagai manfaat, kita juga harus mewaspadai berbagai bahaya paparan sinar UV, seperti:

1. Penyebab terjadinya kanker kulit

Sinar UV mengandung karsinogen ( zat yang dapat menimbulkan kanker ) yang paling umum pada lingkungan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, sinar UV merupakan penyebab utama terjadinya kanker kulit seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma. Kanker kulit ditandai dengan munculnya bintik-bintik coklat pada kulit. Untuk itu disarankan untuk menggunakan sunblock setiap kali beraktivitas di bawah terik matahari.

2. Dapat Membakar kulit

Sinar UV, khususnya UV-B dapat mengakibatkan sel kekebalan tubuh yang ada pada kulit melepaskan histamin dalam jumlah yang besar. Hal ini mengakibatkan pembesaran pembuluh darah, peradangan akut, serta dapat mematikan berbagai jenis sel kulit yang berdampak pada terjadinya pengelupasan pada kulit. Pemakaian sunblock dapat mengurangi resiko terbakarnya kulit.

3. Mempercepat proses penuaan dini

Sinar UV dapat mengakibatkan hancurnya kolagen dan jaringan ikat di bawah lapisan atas kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi keriput, kecoklatan, muncul  bintik-bintik, serta hilangnya elastisitas kulit.

BACA JUGA:

Begini Cara Menanam Jahe Merah Dalam Karung Bekas

Pengertian Pestisida Insektisida dan Pestisida Fungisida

Wajib Anda Tau, Ini Fakta Terbaru Tentang Padi (Beras) di Indonesia

4. Merusak sistem kekebalan tubuh

Paparan radiasi UV yang berlebih dapat memicu bahaya pada sistem kekebalan tubuh. Sengatan sinar matahari dapat mengubah distribusi dan fungsi sel darah putih untuk melawan penyakit. Sehingga dapat menyebabkan kerusakan sistem kekebalan yang melindungi tubuh dari bakteri, mikroba, virus, racun dan parasit.

5. Memicu kerusakan pada mata

Terlalu lama berada di bawah paparan sinar ultraviolet pada intensitas yang tinggi dapat menyebabkan rusaknya jaringan sel-sel pada mata serta memicu resiko terjadinya photokeratitis. Keadaan ini seperti sensasi terbakar pada permukaan mata. Jika semakin parah, gangguan ini dapat menyebabkan terjadinya komplikasi.

Pada tahun 1998, Journal of American Medical Association menyatakan bahwa sinar matahari dapat meningkatkan risiko kerusakan pada mata seperti katarak, kebutaan, pterygium dan Pinguekula. Radiasi sinar UV dapat mengakibatkan reaksi oksidasi pada lensa mata, sehingga dapat menimbulkan kekeruhan pada lensa mata. Oleh karena itu, sebaiknya pergunakanlah kacamata hitam saat anda sedang berada di bawah sinar matahari yang terik.

Untuk mencegah bahaya sinar Ultraviolet pada tubuh kita, selalu gunakan sunblock maupun pelindung lainnya seperti memakai topi, baju lengan panjang, maupun kacamata hitam saat bepergian, selain itu Kaca Film juga dapat membantu melindungi kita dari efek buruk sinar UV.

Iceberg Window Films adalah kaca film dengan proteksi maksimal pada kulit dan mata Anda dari efek sinar UV yang dapat menyebabkan kanker kulit dan mata katarak, serta gangguan lainnya yang disebabkan sinar Ultraviolet.

Iceberg Window Films dengan teknologi terbaru dan berbahan material 100% Carbon mampu memberikan kenyamanan kualitas premium, Iceberg Window Films dapat di aplikasikan pada Otomotif, Rumah, Gedung Komersial, serta Kapal Pesiar. Iceberg Window Films diproduksi di Amerika Serikat dan memberikan jaminan proteksi selama lima tahun.

Selesai sudah artikel untuk hari ini, jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Sampai jumpa.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama