Suka Berkebun? Yuk Coba 7 Profesi Menarik di Bidang Pertanian Ini!

Suka Berkebun? Yuk Coba 7 Profesi Menarik di Bidang Pertanian Ini!
Hai, apa kabar? Berjumpa kembali dengan penulis. Artikel kali ini, kita akan membahas mengenai 7 profesi menarik di bidang pertanian ini. Pendapatan di bidang pertanian kemungkinan kecil, tetapi bila kita ingin hidup di desa serta kota kecil, pendapatan kecil itu dapat dikompensasi oleh pengeluaran yang kecil. Ongkos hidup di pedesaan bertambah semakin lebih rendah.

Buat orang yang lama tinggal di kota dengan semua kemacetan serta kesumpekannya, alam kehidupan desa ialah bonus air serta udara bersih, panorama yang fresh. Karier di pertanian serta pedesaan hampir serupa berlagakmnya serta sama kerennya dengan beberapa jenis pekerjaan di kota serta bagian lain, berikut 10 karier di bagian pertanian.

Social Worker/Educator

Tidak cuma tempat semakin sempit, beberapa petani desa biasanya semakin terindividualisasi: kerja sendiri-sendiri serta berkompetisi keduanya. Cukup dengan tekad bekerja bersama, membuat barisan tani atau koperasi, mereka dapat capai rasio ekonomi usaha tani yang memberikan keuntungan. Dengan cara tersebut juga mereka dapat bersama sewa mahal beberapa karieronal, termasuk juga manager usaha pertanian sekalinya. Dalam membuat organisasi/koperasi, beberapa pekerja sosial yang diberi pengetahuan komunikasi, sosiologi serta antropologi dapat berperanan. Peranan mereka penting juga dalam penebarluasakan praktik pertanian sehat (good agricultural practices).

Manajer/Business Consultant

Banyak usaha tani sebenarnya tidak dapat disebutkan untuk usaha/usaha. Ditengah-tengah kemiskinan serta kekurangan, jarang-jarang ada dari mereka yang punyai hitung-hitungan angkos produksi serta penghasilan dari pemasaran. Hampir tidak ada yang membuat gagasan usaha (business plan): taktik produksi, pendanaan, pilih tipe komiditi, manajemen produksi, pemrosesan, penjualan dan hitung efek usaha. Manager usaha tani atau konsultan usaha pertanian dapat berperanan di sini. Mereka dapat mendapatkan upah cukup bila dapat memberi layanan pada barisan tani/koperas

Computer & Information Technology

Pengendalian rumah kaca, design produk serta manajemen keuangan memerlukan computer serta layanan pakar computer. Info tehnologi semakin diperlukan akhir-akhir ini untuk perdagangan/pemasaran online.

BACA JUGA : 
Anda Petani Jamur? Kenali Cara Jitu Budidaya Jamur Tiram, Supaya Panen Berlimpah
6 Cara Lengkap Budidaya Padi, Mulai dari Bibit Hingga Panen dengan Karung Plastik
Jarang Orang Tau, Buah Kersen Ternyata Punya Segudang manfaat yang Baik Untuk Tubuh

Mechanics/Engineer

Bila usaha tani lebih baik, mereka selanjutnya akan memerlukan mesin-mesin pertanian serta pemrosesan pangan. Tak perlu hebat, cukup yang tehnologi simpel saja. Perancang, produsen serta pemelihara mesin akan semakin diperlukan.

Botanist

Di samping begitu bergantung pada pupuk kimia pabrik yang semakin mahal, beberapa petani bergantung pada benih/bibit yang mahal serta sering harus di-import. Beberapa pakar tanaman (botanist) dapat berperanan dalam pengadaan benih yang bermutu tetapi dapat dijangkau, termasuk juga mendalami dan melestarikan keragaman resapi negeri kita yang benar-benar kaya.

Art/Product Designer

Penjualan memerlukan art-designer untuk membuat materi promo serta packaging yang berselera tinggi. Banyak produk pangan dikemas seadanya yang memberi kesan-kesan murahan. Desiner produk dapat mendalami beberapa bahan alam pedesaan untuk produk berharga: ukiran kayu, patung batik pewarna alami, anyaman serta kerajinan tangan.

Marketers 

Usaha usaha tani memerlukan ketrampilan penjualan. Menyambungkan produsen dengan customer. Buka pasar baru. Termasuk juga manfaatkan internet serta sosial media dalam penjualan produk pertanian.

Food Innovator

Banyak petani cuma jual produk mentah yang murah. Walau sebenarnya mereka dapat mendapatkan keuntungan lebih bagus bila jual produk pangan olahan. Di sini dapat berperanan inovator-inovator pangan dalam membuat keragaman produk pangan. Beberapa pakar bio-kimia dapat juga berperanan dalam beberapa proses penyulingan, pengawetan pangan yang sehat, fermentasi serta semacamnya.


Microbiologist

Beberapa pengetahuan pertanian terkait dengan mikroba, dari pemupukan, pestisida/insektisida sampai pemrosesan pangan serta pemrosesan sampah pertanian. Pengetahuan mikrobiologi salah satunya yang sangat utama di pertanian/pedesaan.

Biochemist

Ditengah-tengah tren "green lifestyle", beberapa pakar mikrobiologi serta biokimia dapat membuat beberapa produk baru ramah lingkungan dari sumberdaya desa yang sejauh ini tidak terurus, satu hal yang diperlihatkan oleh penelitian-riset kampus terpenting di dunia akhir-akhir ini.

Selesai sudah artikel untuk hari ini, jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Sampai jumpa.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama