Ternyata, Plastik UV Juga Bisa Untuk Alas Pengeringan Kopi Loh!

Sistem Pengeringan Kopi Dengan Plastik UV
Halo semua, kembali lagi bersama penulis. Kali ini kita akan membahas artikel soal sistem pengeringan kopi dengan plastik uv. Sebelum ketahui bagaimana kopi diolah, sebaiknya bila kita ketahui dahulu beberapa susunan serta susunan dari buah/ceri kopi. Pada intinya, susunan buah kopi (coffee cherry) terbagi dalam pericarp (kulit daging terluar) serta biji kopi. Pericarp sendiri terdiri lagi dari beberapa susunan seperti kulit, daging kulit, layer getah (yang umumnya terbagi dalam gula alami serta seperti muatan alkohol) serta perkamen. Susunan pericarp ialah yang seringkali dibikin bersih, tetapi susunan ini punya pengaruh dalam meningkatkan rasa pada kopi.

Tiap dari proses sang biji kopi saat akan diseduh jadi satu cangkir kopi nikmat, rupanya memengaruhi ciri-ciri rasa, begitupun pada step penjemuran. Tingkat kesejukan, tingkat kelembapan, berapa lama biji kopi terkena sinar matahari dapat memengaruhi ciri-ciri rasa sang biji kopi. Pentingnya memperhitungkan cara pas untuk step penjemuran sang biji kopi, supaya ciri-ciri rasa biji kopi persisten.

Proses Pengeringan Natural Kopi Dengan Palstik UV

Ini ialah proses pengeringan tradisionil yang cuma memercayakan cahaya matahari langsung. Umumnya proses pengeringan ini ialah proses yang terbanyak dilaksanakan oleh petani di Indonesia. Triknya yang dilaksanakan juga cukup gampang. Cukup dengan menempatkan kopi yang sedang diolah di atas wadah seperti plastik UV serta dijemur langsung di bawah cahaya matahari. Beberapa koperasi kopi telah mempunyai drying station atau rumah pengeringan yang dibikin demikian rupa supaya matahari dapat menghisap semakin banyak dari beberapa bagian serta kopi semakin lebih cepat kering. Proses pengeringan alamiah ini mempunyai kekurangan bila cuaca sedang jelek atau masuk musim penghujan.

Pada proses ini umumnya memerlukan waktu hampir dua minggu bergantung situasi alamnya. supaya hasil pengeringan bisa membuahkan hasil optimal, umumnya tiap 2-3 jam sekali kopi yang dijemur harus dibalik-balik serta diratakan setiap sisinya dengan mengubah tempat sebarnya. Ini dilaksanakan supaya semua kopi dapat memperoleh pengeringan yang rata

Sebaiknya keringkan biji kopi jangan begitu cepat, biasanya seputar 2-3 minggu, hingga biji kopi yang masih tetap hijau barusan maksimal pengeringannya, serta ciri-ciri rasa yang terdapat semakin kaya. Tetapi, bukan ingin menyorot cara yang dipakai beberapa petani kopi apa itu alamiah process, washed process, namun ingin memperingatkan bersama-sama jika waktu pengeringan memengaruhi ciri-ciri rasa. Ditambah lagi mengingat kadang musim panen pada bulan-bulan yang alami musim penghujan. Ini malah jadi rintangan tertentu buat petani kopi untuk jaga kualitas biji kopi mereka supaya masih persisten.

BACA JUGA

Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos Sendiri Dengan Baik & Benar

Musim Panen, Yuk Gunakan Karung Plastik Agar Kualitas Tetap Terjaga

7 Peluang Usaha di Desa yang Sangat Menjanjikan, di Antaranya Dengan Cara Budidaya

Kecuali kopi deikeringkan dengan alamiah, dengan manfaatkan sinar matahari untuk suber pengeringan penting, ternyara kopi dapat juga di keringkan dengan Pengeringan Automatis. Berikut Proses Pengeringan Automatis:

Proses Pengeringan Otomatis

Arti dari kata automatis di sini yaitu proses pengeringan kopi dilaksanakan dengan pertolongan tenaga mesin. Mesin yang dipakai untuk keringkan kopi ialah box dryer atau biasa disebutkan dengan mesin pengering kopi. Umumnya kopi-kopi yang akan dikeringkan dimasukkan ke coffee box dryer serta memerlukan waktu pengeringan kurang-lebih 16-18 jam saja. Bila dengan pertolongan cahaya matahari proses pengeringan dapat capai optimal dua minggu, karena itu adanya dryer box ini proses dapat disingkat semakin lebih cepat. Dryer box diperlukan untuk hindari cuaca jelek sebab tidak dapat menginginkan cahaya matahari untuk salah satu sumber yang dapat keringkan kopi. Tetapi sayang tidak semua petani mempunyai dryer box sebab harga yang lumayan tinggi.


Demikian beberapa proses pemrosesan kopi yang biasa dipakai serta diketahui dalam industri kopi. Bila diberi pertanyaan "mana proses yang lebih bagus?" pasti tidak dapat dijawab sebab semasing proses tentu saja memberi keunggulan, ciri-ciri serta profile rasa tertentu.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

2 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama