5 Teknik Ciamik Budidaya Bonsai Bagi Para Pemula


Tanaman ini tergolong salah satu jenis Tanaman Hias yang keberadaannya sangatlah digemari oleh banyak orang. Bahkan, banyak juga orang yang rela menghabiskan uangnya dalam jumlah yang sangat besar tentunya untuk memperoleh bonsai yang unik dan menjadi incaran mereka.

Ada 5 Tips Tentang Cara Menanam Bonsai yang bisa Anda ikuti seperti yang disebutkan di bawah ini :

1. Ganti Pot Secara Berkala

Siapkanlah sebuah pot yang ukurannya sesuai dengan besar bonsai yang akan Anda budidaya dan rawat. Supaya bonsai bisa tumbuh dengan baik, kerjakanlah penggantian pot secara berkala. Hal ini untuk memudahkan akar bonsai dalam merambat yang juga berpengaruh pada pertumbuhan bonsai tersebut. Tak hanya itu, jangan lupa lubangi pot untuk sirkulasi udara dan juga sebagai tempat mengalirnya kelebihan air pada tanah. Buatlah beberapa lubang kecil secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

2. Siram Bonsai Secara Rutin

Laksanakanlah penyiraman pada tanaman bonsai dengan teratur untuk menjaga tingkat keberadaan air di dalam tanah. Penyiraman memang penting untuk dikerjakan, tetapi jangan sampai Anda terlalu sering menyirami pot. Karena hal tersebut malah bisa berdampak pada pesatnya pertumbuhan jamur serta membusuknya akar dari tanaman bonsai. Adapun cara yang bisa dipakai untuk mengukur tingkat kelembaban dari tanah pot yaitu dengan tusuk gigi. Caranya sederhana, yaitu dengan menusukkannya ke tanah pot. Dengan memakai cara seperti ini maka Anda bisa mengetahui apakah sudah saatnya tanaman disiram ataupun tak.

Baca Juga :

3. Seimbangkan Jumlah Pencahayaan

Sama halnya dengan tanaman yang lainnya, Budidaya Pohon bonsai juga membutuhkan adanya pasokan sinar matahari. Tanpa sinar matahari, maka bonsai tak akan tumbuh dengan baik. Dan juga sebaliknya, kelebihan sinar matahari juga tak baik untuk bonsai, karena bisa merusak tanaman hias yang 1 ini. Jangan terlalu panas, serta tak boleh terlalu dingin. Teknik tersebut adalah kunci sukses yang utama ketika membudidayakan tanaman bonsai supaya perkembangannya lebih maksimal. Tentunya untuk bisa menciptakan keseimbangan tersebut dibutuhkan pengetahuan yang sangat cukup.

4. Lakukan Perawatan Sesuai Dengan Jenis Bonsai

Bonsai mempunyai bermacam jenis yang berbeda. Setiap jenis bonsai mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Karena itulah perawatan untuk setiap jenis tanaman bonsai tentu berbeda juga. Antara bonsai yang 1 dengan yang lain pasti tak bisa diperlakukan sama. Sama halnya dengan tanaman yang lain, tanaman bonsai pun juga perlu penanganan khusus yang terkait dengan beberapa hal. Maka untuk itu perlu dilaksanakan pencarian informasi pada bonsai yang Anda punyai. Tentang jenis dari bonsai tersebut, perawatan idealnya yang bagaimana, serta hal lainnya yang berhubungan.

5. Pemotongan Dahan

Ada kalanya tanaman bonsai yang sudah Anda rawat semakin besar dengan dahan yang juga semakin memanjang. Supaya tetap terlihat indah, perlu dilaksanakan pemotongan dahan. Hal yang seringkali dikerjakan oleh banyak orang yaitu memotongnya memakai gunting. Padahal cara tersebut tak disarankan karena akan menghasilkan potongan yang tak begitu bagus pada bonsai. Apabila Anda serius ingin merawat dan membudidayakan tanaman bonsai, sebaiknya Anda membeli beberapa alat pemotong dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada alat yang dipakai khusus untuk memotong saja, ada juga yang dipakai untuk membentuk bonsai ataupun membengkokkan dahannya. Dengan mempunyai sejumlah peralatan tersebut, maka bonsai bisa tumbuh dengan lebih baik lagi daripada sebelumnya.


Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Plastik UV untuk pembuatan green house atau untuk budidaya tanaman atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan :
– Minimal order 1 ton
– Kandungan UV protektor 5%, jika minta kandungan UV diatas 5% akan dikenakan harga untuk kenaikan tiap 1% nya Rp 500,-/kg
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama