Penikmat Perlu tahu! Ini 18 Manfaat & Khasiat Konsumsi Cengkeh Bagi Kesehatan


Cengkeh Atau Cengkih atau nama ilmiahnya Syzygium aromaticum yaitu tanaman asli indonesia yang umum dipakai untuk bumbu masakan dan Bisa pula sebagai tanaman obat. Pohon cengkih bisa tumbuh dengan ketinggian sekitar 45m.

Kandungan Gizi yang ada pada 100gr Cengkih antara lain kalori 273kcal, lemak 13g, natrium 277mg, kalium 1.02mg, karbohidrat 66g, serat pangan 34g, gula 2,4g, protein 6g, vitamin A 160 IU, vitamin C 0,2mg, kalsium 632mg, zat besi 11,8mg, vitamin B6 0,4mg dan magnesium 259mg. Tak hanya itu saja, Cengkeh juga mempunyai kandungan minyak atsiri sekitar 16%-20%, eugebol sekitar 80%-82%, asetil eugenol, vanillin, tannin, serat, air, kariofilen, furfural, metal amilketon, gom, kalsium oksalat, dan asam galatanat serta banyak lagi yang lainnya.

Dengan banyaknya kandungan tersebut cengkeh mempunyai banyak khasiat dan manfaat juga bagi kesehatan tubuh diantaranya:

1. Bisa Mencegah Peradangan 

Zat aktif seperti flavonoid yang terkandung dalam minyak cengkeh ini sifatnya anti inflamasi, dan bisa mengurangi terjadinya peradangan pada penyakit contohnya rematik. Rasa hangat pada minyak cengkeh juga bisa menjadi ekspetoran untuk mengobati berbagai macam kondisi gangguan pada saluran pernapasan.

2. Bisa Membantu Mengobati Sakit Gigi

Minyak cengkeh sudah banyak dipakai untuk mengobati sakit gigi selama berabad-abad. Cara mengobatinya yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada lubang tempat sakit gigi.

3. Bisa Meningkatkan Sistem Pencernaan

Tanaman cengkeh bisa membantu untuk mengendurkan lapisan saluran pada pencernaan sehingga cengkeh juga bisa membantu untuk meringankan sakit diare, muntah, sakit perut serta gas usus. Akan tetapi perlu memerhatikan ketika pemakaiannya karena cengkeh mempunyai zat yang cukup kuat yang bisa mengiritasi bagian lambung.

4. Bisa Mengatasi Mual dan Muntah

Cengkeh dan minyak cengkeh mempunyai berbagai kandungan yang sangat ampuh untuk mengatasi mual serta muntah.

5. Bisa Menjaga Tubuh Supaya Tetap Hangat

Cengkeh bisa dijadikan herbal yang bisa menjaga tubuh supaya tetap hangat baik itu dengan cara mengunyah cengkeh secara langsung atau mengoleskan minyak cengkeh ke bagian tubuh.

6. Bisa Membantu Mengatasi Pilek

Pilek bisa diatasi dengan cengkeh yaitu dengan meminum minyak cengkeh yang dicampur madu sebanyak 1-2 kali 1 hari atau bisa juga dengan mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada bagian hidung.

7. Bisa Menyehatkan Jantung

Kandungan zat Eugenol yang ada pada tanaman cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan darah yang artinya bisa mencegah terjadinya penyakit jantung serta penyakit stroke.

8. Bisa Mengatasi Sinusitis

Pemanfaatan cengkeh untuk mengatasi sinusitis bisa dikerjakan dengan meletakkan bubuk cengkeh di dalam bagian hidung.

Baca Juga :



9. Bisa Meringankan Infeksi Saluran Pernapasan

Kandungan berbagai antioksidan dalam cengkeh dan juga kandungan berbagai zat yang bisa menghilangkan rasa sakit serta membunuh kuman penyebab infeksi saluran pernapasan.

10. Bisa Membantu Meredakan Batuk

Dengan mengunyah cengkeh bisa membantu meredakan batuk yang diakibatkan oleh gatal pada tenggorokan, memang rasanya lumayan getir dan pahit tetapi kandungan kimia didalamnya mampu menjadi ekspetoran alami yang bisa mengencerkan dahak.

11. Bisa Menghilangkan Noda dan Guratan Pada Kulit

Minyak cengkeh bisa membantu menghilangkan noda dan guratan pada kulit akibat luka ataupun yang lainnya.

12. Bisa Mengatasi Jerawat

Untuk mengatasi jerawat dengan cengkeh yaitu dengan cara mengoleskan minyak cengkeh pada daerah yang terBisa berjerawat.

13. Bisa Mencegah Rambut Rontok

Oleskanlah minyak cengkeh pada kulit kepala secara merata kemudian diamkan selama sekitar 5-15 menit baru sesudah itu dibilas.

14. Dijadikan Kondisioner

Minyak cengkeh bisa dimanfaatkan sebagai kondisioner yang bisa membantu memperbaiki masalah rambut seperti rambut kering serta lain sebagainya.

15. Antibakteri dan Anti Jamur

Cengkeh secara alami efektif melawan bakteri terutama yang mengakibatkan kerusakan di perut dan kuman dari mulut. Cengkeh mengandung eugenol yang mempunyai sifat anti jamur yang efektif bisa mengatasi penyakit kulit.

16. Bisa Sebagai Pengusir Nyamuk

17. Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tanaman cengkeh sudah sangat dipercaya untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dan bisa membantu ketika melawan berbagai macam penyakit tingkat reguler sampai tingkat yang mematikan.

18. Bisa Sebagai Perangsang Seksual

Pada zaman dulu cengkeh dianggap mempunyai sifat afrodisiak untuk menaikkan syahwat serta dalam sebuah eksperimen mengatakan cengkeh juga mampu untuk mengatasi gejala dari ejakulasi dini.


Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Plasti UV untuk pembuatan green house atau untuk pengeringan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan :
– Minimal order 1 ton
– Kandungan UV protektor 5%, jika minta kandungan UV diatas 5% akan dikenakan harga untuk kenaikan tiap 1% nya Rp 500,-/kg
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama