Minggu, 15 Oktober 2017

Inilah Cara Tepat Budidaya Tanaman Bunga Melati


Melati memiliki nama latin yaitu Jasminum sambac yang merupakan tanaman perdu, berbatang tegak merayap, dan hidup menahun. Melati akan tumbuh optimal apabila ditanam di iklim panas tropik, kondisi tanah ringan, porus, berpasir sampai agak liat. Bunga melati memiliki daun dengan bentuk membulat. Bunga melati yang memiliki ukuran kecil, biasanya berwarna putih, petala (mahkota bunga) selapis atau bertumpuk. Bunga melati memiliki 200 macam jenis, namun jenis yang umum untuk dibudidayakan sekitar 8-9 jenis. Di Indonesia ada banyak nama lokal yang diberikan untuk bunga melati seperti, menuh (bali), Meulu Cina, Meulu Cut (Aceh), Malete (Madura), Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), dan Mundu (Bima, Sumbawa).
Melati mempunyai bentuk mahkota yang sederhana. Melati memiliki bunga berwarna putih suci. Melati memiliki aroma yang lembut menenangkan. Melati tidak membutuhkan pemeliharaan yang rumit. Harga melati yang merakyat (relatif murah). Dari keunggulan bunga melati yang disebutkan diatas menjadikan bunga melati sebagai bunga bangsa, salah satu dari 3 bunga nasional Indonesia. Budidaya bunga melati juga dapat dilakukan dengan teknik seperti :
- Teknik setek batang
- Teknikcangkok
- Teknik rundukan


A. Pemilihan Bibit Bunga Melati

bibit bunga melati
Pembibitan dapat dilakukan dengan cara memotong batang tanaman bunga yang memiliki ukuran sedang dengan ukuran panjang sekitar 12 cm untuk di stek kemudian ditanam pada polybag setelah itu siram untuk menjaga kelembabannya.
Setelah beberapa minggu batang yang ditanam dalam polybag akan tumbuh tunas daun baru, kemudian bibit tersebut baru bisa di pindah pada pot atau tanah di sekitar pekarangan rumah.

B. Penanaman
Pot atau lubang yang telah dibuat di beri tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos pada bagian bawah lalu bibit di letakkan kemudian timbun kembali dengan tanah lalu sedikit dipadatkan.

Baca Juga : 
Inilah Cara Mudah & Lengkap Budidaya Tanaman Buah Srikaya
Kenali Macam Macam Hama & Penyakit Pada Tanaman Sebelum Membasmi  
Inilah Cara Jitu Budidaya Jamur Tiram
Budidaya Lobster Menggunakan Kolam Terpal Plastik
Manfaat & Kandungan Gizi Pada Beras Merah


C. Perawatan Dan Pemeliharaan

1. Menyulam Bunga Melati
Cara penyulaman ialah mengganti tanaman yang mati atau tumbuh dengan tidak normal dengan bibit baru.
Teknik penyulaman caranya sama dengan cara menanam. Hanya saja tenik penyulaman dilakukan apabila bibit perlu diganti. Tahap penyulaman tidak lebih dari satu bulan setelah proses tanam. Penyulaman lebih awal memiliki tujuan agar tidak menyulitkan pemeliharaan pada proses selanjutnya dan berharap pertumbuhan sama.

2. Menyiang Bunga Melati

Umur satu bulan setelah proses tanam, kebun melati akan ditumbuh oleh rumput liar. Rumput liar ini menjadi pesaing tanaman melati dalam kebutuhan sinar matahari, air dan unsur hara. Maka dari itu rumput liar harus di buang dengan cara mencabut.

3. Pupuk Bunga Melati

Pupuk yang digunakan untuk meningkatkan produksi melati, ialah jenis pupuk yang kaya unsur fosfor P, seperti Gandasil B 6-20-30 / Hyponex biru 10-40-15
Pemupukan lakukan tiap tiga bulan sekali. Jenis dan dosis pupuk terdiri dari Urea 300-700 kg, sTP 300-500 kg dan KCI 100-300 kg  /ha / tahun.
Pemberian pupuk ini dilakukan dengan cara disebar secara merata dalam parit di antara barisan tanaman sedalam 10-15 cm, kemudian ditutup dengan tanah. Penyemprotan pupuk daun dapat dilakukan pada waktu pagi hari jam 09.00 atau sore hari jam 16.30 ketika matahari tidak terlalu terik.

4. Penyiraman Bunga Melati
Fase awal pertumbuhan, tanaman melati sangat membutuhkan ketersediaan air yang cukup. Penyiraman dilakukan setiap hari dengan rutin dengan menggunakan air bersih sampai tanaman berumur kurang lebih 1 bulan. Penyiraman dilakukan 1-2 kali sehari yakni pada waktu pagi dan sore hari, hingga tanah di sekitar akar basah.

5. Pestisida pada Bunga Melati
Zat perangsang / zat pengatur Tumbuh ZPT yang disemprotkan pada tanaman bunga melati berfungsi untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi bunga, zat perangsang bunga berpengaruh baik terhadap pembuangan melati adalah Cycocel (Chloromiguat) dan Etherel. Untuk menghasilkan bunga melati yang paling tinggi, yakni 1,45 kg/ tanaman maka tanaman melati harus disemprot dengan Cycocel berkonsentrasi 5.000 ppm.

6. Memangkas Bunga Melati
Tanaman melati tumbuh secara merambat, kecuali pada beberapa jenis melati, seperti varietas Grand Duke of tuscany yang tumbuh dengan tegak. Tinggi pangkasan sangat tergantung pada jenis melati, seperti jenis melati spnish Jasmine (J. officinale var. grandiflorum) dapat dipagkas dengan tinggi 90 cm dari permukaan tanah sedangkan jenis melati putih J.sambac dapat di pangkas pada ketinggian 75 cm dari permukaan tanah.


LIM CORPORTION Menjual Plastik UV. Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Plastik UV
SMS/CALL/WA Kami Di : 0877-0282-1277 / 0852-3392-5564 / 0812-3258-4950
Phone: 031-8830487.
Untuk info harga Plastik UV silahkan klik DISINI


Sekian dari artikel tentang " Cara Tepat Budidaya Tanaman Bunga Melati  " Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog Kami... Semoga Bermanfaat :)...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar