6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Si Ijo Bulat yang Asam

 

Jeruk nipis atau (Lat Citrus × aurantiifolia; hibrida jeruk C. hystrix × C. medica) adalah jenis tumbuhan yang masuk ke dalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia dan Amerika Tengah, dikenal juga sebagai jeruk pecel. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3–6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil. Perbungaan muncul dari ketiak daun dan bunga kecil, putih berbau harum.

Buah bulat sampai bulat telur, berwarna hijau sampai kuning dan kulit buah tipis mengandung banyak minyak asiri. Daging buah berwarna putih kehijauan, sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Biji banyak, kecil, bersifat poliembrioni. Di Indonesia dapat hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Tumbuh baik di tanah alkali, di tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung. Perbanyakan dengan biji, okulasi atau cangkok. Buah digunakan untuk membuat minuman, obat batuk dan penyedap masakan, dan juga sering dipakai untuk menghilangkan karatan dan mencuci rambut

Jeruk nipis atau yang dalam bahasa latin Citrus aurantifolia telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya manfaat.Umumnya jeruk nipis digunakan sebagai bahan pelezat makanan terutama makanan berkuah seperti soto, sop, mie  ataupun dengan sambel karena dapat menambah cita rasa seperti asam dan rasa segar. Sebelum membahas manfaat jeruk nipis bagi kesehatan ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu zat apa saja yang terkandung dalam 100 gram jeruk nipis.

Baca juga:

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan :

1. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. akan meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit, sehingga mempersingkat lama waktu Anda saat sakit. Selain vitamin C, jeruk nipis juga merupakan sumber antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mempertahankan sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Melancarkan pencernaan

Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.Jika Anda mengalami sembelit, sifat asam dari jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus Anda. Ini membantu sampah makanan di dalam perut terdorong ke bawah lebih mudah.

3. Mengatasi gangguan saluran pernapasan

Khasiat jeruk nipis yang cukup dikenal adalah membantu mengatasi serangan batuk dan mengencerkan dahak di tenggorokan. Jeruk nipis dapat mengurangi rasa sakit akibat batuk karena kandungan vitamin C dan minyak atsiri pada daging buahnya. Ekstrak minyak pada kulit jeruk nipis, yang mengandung kaempferol dan flavonoid, memiliki sifat antikongestif dan sering digunakan sebagai inhaler, balsem, dan alat uap.

4. Mengurangi Garis Halus

Vitamin C dalam jeruk nipis merangsang produksi kolagen, yaitu protein penting untuk kekenyalan kulit. Dengan merangsang produksi kolagen, jeruk nipis membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan.

5. Perawatan Kulit Berminyak

Toner alami dari jeruk nipis berfungsi untuk membantu mengontrol minyak berlebih pada kulit yang berminyak. Hasilnya, kulit tetap segar dan bebas dari kilap berlebih.

6. Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Kandungan asam alami dalam jeruk nipis membantu memudarkan noda bekas jerawat dengan penggunaan teratur. Asam sitrat membantu mengurangi produksi melanin yang dapat mengakibatkan pigmentasi gelap pada bekas jerawat.

Jeruk nipis adalah tanaman dengan buah yang berukuran kecil dan berasa masam. Produksi buahnya sangat cepat dan sangat subur bila ditanam di dataran rendah. Karakteristik ini membuatnya dapat digunakan sebagai bahan minuman, keperluan kesehatan, dan pelengkap masakan.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama