7 Manfaat Melon bagi Tubuh, Nomor 5 yang Paling Penting

 
Melon (Cucumis melo L.)atau kerahi merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya bisa dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Selain segar, melon juga punya banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Baca juga :

1. Memenuhi gizi ibu hamil

Bumil biasanya membutuhkan nutrisi berupa vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari biasanya. Selain itu, di dalam buah ini mengandung kalium yang membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
Manfaat lainnya juga didukung oleh asupan vitamin C yang bekerja dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bumil.
Dengan begitu, bumil tidak mudah terserang penyakit yang berisiko membahayakan janin.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Menurut studi yang terbit dalam jurnal Food Research International, selain dagingnya, kulit melon dapat berpotensi untuk menyehatkan pencernaan.
Kulit melon mempunyai potensi antioksidan dan prebiotik. Hal ini berkaitan dengan senyawa fenolik dan produksi asam lemak yang bisa meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. 

3. Memperkuat Sistem Imun

Vitamin C dalam melon tidak hanya baik untuk mencegah dan mengatasi flu, tapi juga mempunyai peran penting dalam memperkuat sistem imun. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C bisa mempercepat perpindahan sel-sel imun ke area infeksi dan merangsang sel untuk melawan bakteri. Dengan mengonsumsi melon secara teratur, akan memberikan perlindungan ekstra pada tubuh dari berbagai infeksi.

4. Mengontrol Gula Darah

Walaupun rasanya manis, melon aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan air dan seratnya bisa memperlambat penyerapan gula dalam tubuh, membantu mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba. Studi menyebutkan bahwa konsumsi buah secara rutin dapat menurunkan risiko diabetes sebesar 12 persen.




5. Menyehatkan Tulang

Melon mengandung folat, vitamin K, dan magnesium yang penting untuk memelihara dan memperbaiki tulang. Faktanya, folat juga berperan dalam mengatur homosistein, yang bisa mempengaruhi kepadatan mineral tulang dari waktu ke waktu.

6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Melon mengandung vitamin B6 yang bisa merangsang pembentukan serotonin, zat kimia otak yang memengaruhi mood dan kualitas tidur. Vitamin B6 juga memicu produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur.

7. Menurunkan Risiko Peradangan

Melon bukan hanya segar di lidah tetapi juga mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit kronis. Nutrisi dalam melon, terutama vitamin C, meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu memerangi peradangan. Ini membuktikan bahwa melon bukan hanya sekadar camilan, tetapi juga obat alami.

Kesimpulan:

Walaupun melon penuh dengan manfaat, konsumsilah dengan bijak. Semua yang berlebihan tidak baik, dan melon bukan pengecualian. Perhatikan asupan gula dan pastikan untuk tetap menjaga 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama