5 Fakta Unik Rambutan yang Jarang Diketahui

Rambutan adalah tanaman tropis yang termasuk ke dalam suku lerak-lerakan ataupun Sapindaceae, berasal dari wilayah kepulauan di Indonesia. Rambutan menjadi buah yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang manis serta jenisnya yang beragam, membuat buah ini digemari banyak orang. Ingin tahu fakta unik lain soal rambutan? Berikut ulasannya.

Baca Juga :

1. Asal Usul Nama Rambutan

Rambutan ialah buah tropis yang tumbuh di pohon-pohon asli Asia Tenggara, terutama wilayah Indonesia serta Malaysia. Kata "rambutan" asalnya dari bahasa Indonesia yang berakar dari kata "rambut" karena bentuk buahnya yang memiliki kulit menyerupai rambut. Dalam bahasa Inggris, rambutan disebut "hairy fruit" ataupun "pulasan".

2. Kaya Manfaat Kesehatan

Rambutan kaya akan vitamin C, vitamin B kompleks, potassium, serta serat. Rambutan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, serta menjaga kesehatan jantung. Buah rambutan bisa digunakan untuk pengobatan disentri serta diare.

3. Mempunyai Banyak Varietas

Terdapat lebih dari 100 varietas buah rambutan di seluruh dunia, dengan berbagai warna kulit, daging buah, serta rasa. Varietas yang terkenal di Indonesia yakni rambutan binjai, rambutan aceh, serta rambutan rapiah.

4. Simbol Keberuntungan

Di beberapa negara di Asia Tenggara, rambutan dianggap sebagai sebuah simbol keberuntungan. Buah ini sering disajikan dalam acara-acara khusus, contohnya pernikahan dan Tahun Baru Imlek.

5. Manfaat Kulit Rambutan

Kulit rambutan yang umumnya dibuang begitu saja ternyata bisa diolah menjadi berbagai produk seperti jus, teh, serta bahkan bahan baku bioplastik. Selain itu, kulit rambutan juga bisa digunakan sebagai bahan Masker Gel Peel-Off. Kulit rambutan mempunyai flavonoid atau salah satu jenis antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas. Masker gel peel-off dapat membersihkan pori-pori wajah, dan menghilangkan kotoran penyebab jerawat.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama