Ketahuilah Manfaat Plastik UV Hercules agar Sukses Bertanam dan Berternak

Manfaat Plastik UV Hercules Untuk Berternak & Bertanam
Selamat pagi! Semoga para pembaca selalu diberikan kesehatan. Oke, hari ini kita akan membahas artikel soal ketahuilah manfaat plastik uv hercules agar sukses bertanam dan berternak. Tahukah anda tentang “Greenhouse”? ataukah anda pernah mengenal jenis plastic ultraviolet? Greenhouse kemungkinan tidak asing lagi ditelinga anda, tetapi jarang-jarang yang mengetahui mengenai plastik ultraviolet?

Plastic ultraviolet adalah plastic yang mengandung spesial yang dapat berguna membuat perlindungan tanaman dari paparan cahaya ultraviolet yang terlalu berlebih hingga cahaya yang diterima oleh tanaman ialah cahaya uv yang berguna untuk perkembangan tanaman.

Selain bermanfaat melindungi dari paparan sinar uv yang berlebihan, plastic uv ini juga dapat melindungi tanaman dari iklim dan cuaca yang tidak bersahabat seperti angin kencang atau hujan lebat yang dapat membuat tanaman tumbang atau bahkan mati, sehingga diharapkan tanaman dapat tumbuh subur dan hasil panen sesuai dengan yang diharapakan. Tidak hanya itu, plastik ini juga dapat melindungi tanaman dari hama, bila dibandingkan dengan tanaman yang di tanam di lahan terbuka sehinga meminimalisir penggunaan pestisida.

Karena manfaat plastik ini yang mampu mencegah paparan ultraviolet yang berlebihan untuk tanaman dalam greenhouse, sehingga penggunaannya banyak digunakan sebagai atap “rumah” dan juga sebagian dinding greenhouse untuk melindungi tanaman agar hasil panen yang dihasilkan maksimal. Plastik UV ini adalah material penting dalam pembuatan suatau greenhouse tanaman. Karena itu, anda harus ketahui faedah serta kelebihan memakai plastik ultraviolet.

Penggunaan Plastik UV 14% Merk HERCULES Untuk Greenhouse Tanaman

Manfaat plastik UV dengan prosentase 14% adalah untuk atap greenhouse tanaman, sebab tanaman memerlukan perlindungan lebih dari sinar radiasi yang merusak. Greenhouse merupakan suatu bangunan atau rumah yg di desain sebegitu rupa untuk menaungi tanaman dengan memanfaatkan atap kaca atau plastik transparan agar cahaya matahari dapat masuk dengan baik.

Greenhouse umumnya dibangun pada ketinggian 500-1500 Meter dpl, greenhouse juga bisa dibangun pada ketinggian dibawah 500 meter dpl hanya saja membutuhkan perawatan lebih,contohnya dalam penyiraman dan pemberian nutrisi , ini dikarenakan intensif pencahayaan & temperatur didataran rendah semakin banyak di banding dgn dataran tinggi, karena itu evapotranspirasipun tinggi. Atap serta dinding greenhouse biasanya memakai plastik UV dengan persentase 12%-15% tetapi baiknya memakai persentase 14%.

BACA JUGA:
Yuk Go Green, Begini Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos Sendiri
Sukses Budidaya timun Suri Dengan Mulsa Plastik Hasil Melimpah
Cara Menanam Monstera dan Kunci Sukses Merawat Monstera Dengan Metode Terbaik

Untuk daerah Indonesia dengan iklim yang tropis plastik ultraviolet yang dipakai untuk grennhouse tanaman yang pas ialah kandungan persentase UV protector 14%, hingga cahaya matahari yang masuk termonitor tidak kekurangan atau berlebihan. Jadi plastik ultraviolet yang kami produksi sangan sesuai dengan dipakai di Indonesia.

Greenhouse bisa diaplikasikan untuk pertanian dan perikanan, contohnya untuk :

  • Pembibitan tanaman
  • Produksi sayuran dan buah-buahan
  • Tanaman hias dan berbagai bunga
  • Atap kandang ternak
  • Untuk alas kolam ikan

Pemakaian Plastik UV 6% merek HERCULES untuk Pengeringan (Penjemuran)

Selanjutnya plastik UV dengan persentase 6% bisa anda pakai untuk pengeringan atau dapat disebutkan dengan solar drom dryer. Solar drom dryer atau dapat juga disebutkan dengan kubah pengering adalah tehnologi simpel yang menolong mengoptimalkan pengeringan. Pengeringan adalah cara pengawetan dengan hilangkan kandungan air hingga bisa menghalangi perkembangan bakteri. Cara pengeringan ini sangat bermanfaat supaya bahan pangan dapat dipakai dalam tempo lama.

Teknologi ini sangatlah berguna dalam bidang pertanian, dengan menggunakan solar dryer drom ini petani dapat mengawetkan hasil panenya seperti cabe,bawangkopi, cengkeh, pisang, jagung, koprah, kopi, rumput laut ataupun bahan pangan lainya. Teknik pengeringan konvesional cenderung tidak efektif karena dipengaruhi oleh cuaca, apalagi saat ini cuaca sulit ditebak. Selain itu pengeringan konvesional kurang hiegienis sebab pengeringan dilakukan dalam ruangan terbuka yang kemungkinan ada benda asing/ bakteri yang masuk.

Namun, dengan menggunkan teknologi solar dryer dome ini petani bisa melakukan pengeringan tanpa harus dipengaruhi cuaca dan kubah inipun bisa dibuat untuk tempat penyimpanan hasil panen. Pengeringan dengan teknologi ini tidak merusak berbeda dibandingkan dengan pengeringan dibawah sinar matahari terbuka yang dapat menyebabkan kerusakan karena angin,hujan tiba-tiba, lalat / hewan liar dll.

Solar drom dryer ini dapat anda bikin memakai plastik UV untuk alasnya atau atap. Anda dapat pakai solar drom dryer ini untuk pengeringan hasil panen misalnya : rempah-rempah, daun tembakau, rumput laut, kacang tanah, tepung tapioka, kacang kedelai, kopi dan lain-lain. Anda dapat juga pakai untuk pengeringan kerupuk,batubata,darurat dan lain-lain. Banyak faedah plastik UV ini untuk perkebunan/industri.

Kecuali pengeringan hasil pangan di atas, pengembangan paling baru yang sedang tren saat ini ialah prisma garam, yakni penegeringan air laut untuk bikin garam memakai greenhouse yang berupa prisma, atau dapat juga berupa tunnel. Dengan memakai plastik ultraviolet ini garam yang dibuat berkadar NHcl yang tinggi, pengeringan 2x bertambah cepat dibanding pengeringan konvesional serta warna garam putih bersih. Sangat banyak faedah plastik ultraviolet ini. Bila anda memerlukan plastik ultraviolet untuk greenhouse tanaman, untuk pengeringan ( tunnel dryer), untuk pengerjaan garam (prisma garam), atau untuk kolam ikan anda dapat.

Pemakaian Plastik UV 6% Merek HERCULES Untuk atap Kandang Ternak

Plastik Ultraviolet yang mengandung persentase 6% ini dapat juga dipakai untuk atap kandang kambing etawa atau kandang ayam, dengan memakai atap plastik uv ini temperatur kandang jadi konstan,temperatur dalam kandang akan hangat hingga tidak dipengaruhi dengan temperatur extrim di luar ruang yang akan mempengaruhi kesehatan ternak anda.

Kandang adalah faktor yang penting dalam peternakan kambing, sebab kandang adalah tempat hidup buat hewan ternak kita. Dengan bangun rumah yang nyaman untuk hewan ternak kita karena itu persentase kesuksesan dalam peternakan makin besar. Tetapi bagaimana membuat kandang yang nyaman , aman serta tentu saja ekonomis?.

Dalam soal pembangunan kandang kambing Etawa sama pula seperti bagaimana bangun rumah untuk kita yang dalam pembikinannya membutuhkan ketrampilan serta keterampilan spesial. Pengerjaan kandang kambing bisa dibuat oleh tukang atau pakarnya hingga bisa ditanyakan keperluan serta anggaran untuk membuat kandang. Yang tidak kalah penting dalam pembangunan kandang ialah atap kandang yang tentukan temperatur udara didalamnya. Kandang yang panas akan membuat kambing cepat stress serta kandang yang begitu dingin akan membuat kambing cepat kembung.


Penyeleksian material kandang khususnya atap sangat penting, kami anjurkan untuk menggunakan plastik dibandingkan dengan asbes. Atau anda dapat pakai plastik ultraviolet yang bisa memproteksi radiasi matahari hingga kandang masih berasa hangat serta temperatur udaranya relatif konstan, sedang menggunakan asbes kandang kambing akan gampang panas ditambah lagi pada musim kemarau.

Plastik ultraviolet merek HERCULES ini benar-benar pas dipakai dengan kandungan persentase UV protector 6%, hingga keperluan temperatur di dalam ruang tercukupi serta konstan. Plastik ultraviolet ini mempunyai harga yang ekonomis dibandingkan dengan asbes, pada harga ekonomis anda dapat memperoleh beberapa faedah plastik ultraviolet. Kecuali untuk kandang peternakan plastik ultraviolet dapat juga dipakai dalam bagian perikanan yakni dapat dibuat untuk alas tambak/kolam.

Nah, berakhir sudah pembahasan materi untuk artikel kali ini. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama