Tips Berternak Ayam di Kandang Beratap Plastik UV

Distributor Plastik UV Lokal dan Import - Lim Corporation

Kebutuhan masyarakat akan ayam semakin hari semakin meningkat saja. Kesadaran masyarakat tentang pemenuhan gizi berimbang semakin membuat permintaan daging ataupun telur ayam terus meningkat. Karena besarnya permintaan pasar menyebabkan usaha peternakan ayam menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan. Keuntungan yang didapat pada saat sekali panen tidak bisa dipandang sebelah mata.

Belakangan ini usaha ternak ayam semakin disukai oleh kalangan pengusaha. Seriring meningkatnya permintaan ayam baik daging ataupun telurnya, sekarang ini ternak ayam sudah banyak diusahakan secara semi intensif dan ekstensif. Berternak ayam juga tidak hanya diambil dagingnya saja, tetapi banyak yang berorientasi pada telur. Ini sangat terbukti dengan meningkatnya permintaan daging ayam di pasaran, terutama menjelang bulan puasa dan menjelang lebaran.

Baca Juga :
Kenyamanan dalam kandang untuk ternak ayam sangat dibutuhkan. Faktor kenyamanan akan membuat produktivitas ayam meningkat. Ayam juga seperti dengan manusia perlu tempat layak dan sehat supaya ayam tumbuh dengan baik. Memberikan kandang yang bersih yaitu faktor yang utama, hal ini perlu dilakukan supaya ayam bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Kandang ayam yang akan dibuat modelnya bisa menyesuaikan dengan tujuan pemeliharaan ayam. Ayam petelur dan ayam hias tentu akan mempunyai model kandang yang berbeda.

Secara umum hasil yang maksimal dari peternakan ayam Anda bisa diperoleh apabila memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini.

1. Lokasi
Sebaiknya kandang ayam terisolasi dari pemukiman penduduk. Bau yang tidak sedap dikarenakan dari kotoran ayam bisa menjadi polusi udara bagi masyarakat. Minimal jarak antara kandang ayam dengan rumah yaitu sekitar 10m.

2. Desain Kandang Ayam
Model atau desain kandang ayam sebaiknya dibuat supaya gampang dibersihkan dan gampang untuk pengambilan hasil ternak. Untuk kandang yang dibuat dengan gaya panggung bisa menghindarkan kandang ayam dari genangan air yang kemudian bisa berakibat pada munculnya bakteri atau penyakit.

3. Sinar matahari
Salah satu faktor atau aspek yang penting dalam memberikan kenyamanan pada ayam yaitu tercukupinya kebutuhan sinar matahari. Pemakaian kawat kasar bisa membantu masuknya sinar matahari kedalam kandang. Selain itu pemanfaatan plastik UV untuk atap juga bisa mencukupi kebutuhan ayam akan sinar matahari.

Manfaat Plastik UV untuk Peternakan Ayam
Plastik UV umumnya dimanfaatkan oleh para peternak untuk pembuatan atap kandang. Kebutuhan ayam akan sinar matahari bisa terpenuhi dengan baik apabila memakai plastik UV di bagian atap. Banyak keuntungan yang diperoleh ketika memakai plastik UV dibandingkan jenis atap yang lainnya. Setidaknya sudah dilaksanakan 3 penelitian mengenai manfaat plastik UV untuk peternakan ayam. Setiap penelitian tersebut menunjukkan bahwa plastik UV memberikan dampak positif pada hasil produksi ayam.

Penelitian yang pertama menunjukkan bahwa ayam yang tinggal di kandang dengan memakai atap plastik UV mempunyai pertumbuhan yang lebih baik pada periode awal produksi. Selain itu hen day juga lebih tinggi bila dibandingkan dengan kandang yang beratapkan asbes.

Pada penelitian kedua menyimpulkan, untuk ayam petelur dengan kandang beratapkan plastik UV mampu meningkatkan kualitas telur pertama yaitu ketebalan cangkang. Hal yang sama ditunjukkan pada kandang beratapkan plastik UV baik memakai ransum antibiotik ataupun tanpa antibiotik.

* Ingin Dapat Info Pertanian & Perkebunan Terkini? Kunjungi DISINI 

Sedangkan pada penelitian yang ketiga menunjukkan efisiensi pemakaian protein yaitu sama bila dibandingkan degan memakai asbes. Penelitian yang ketiga ini tentunya kita harus memilih memakai plastik UV, karena biaya yang dibutuhkan dengan memakai plsatik UV lebih murah bila dibandingkan dengan memakai asbes.

Bila dilihat manfaat yang bisa didapatkan dengan memakai plastik UV untuk atap kandang peternakan ayam pastinya tidak akan ragu lagi bagi Anda untuk memakai plastik UV. Hasil maksimal akan diperoleh baik oleh ayam petelur ataupun ayam potong. Cukup dengan mengganti atap kandang ternak, Anda akan memperoleh keuntungan berlipat. Rendahnya biaya yang diperlukan ketika memakai plastik UV bila dibandingkan dengan bahan lainnya tentu akan semakin menambah keuntungan bagi Anda.

jual plastik uv lokal dan import
* Info selengkapnya mengenai harga Plastik UV klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Plastik Uv untuk Greenhouse atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup).

Customer Service : 
Telp          : 031 - 8830487 
Mobile     : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email        : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan :
- Minimal order 3 roll
- Harga Franco Surabaya 
- Harga netto (tidak termasuk PPN )
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu-waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama