Cara Budidaya Jamur Kuping, Praktis dan Menguntungkan

Jual Plastik UV Murah di Surabaya - Lim Corporation

Mengembangkan bisnis budidaya jamur konsumsi emang tak pernah ada ujungnya. Selain budidaya jamur tiram dan jamur merang yang banyak diminati pasar, sekayang yakni jamur kuping menjadi sesuatu dari jenis jamur dikonsumsi yang mulai dibudidayakan petani jamur. Biasanya jamur kuping dapat dibudidayakan di areah iklim dingin sampai daerah yang beriklim panas.

Namun yang paling cocok ialah jamur konsumsi ini akan tumbuh subur pada suhu antara 20-30°C, dengan tingkat kelembapan sekitar 80-90%. Untuk membantu kalian anda-anda semua mengetahui Trik budidaya jamur kuping ialah, berikut kami informasikan trik and cara :

1. Persiapan Bibit Jamur

Sebelum memulai bisniis budidaya jamur kuping, baiknya anda kalian semua yang membaca artikel ini persiapkan terlebih dahulu bibit jamur yang bagus dan sesuai tuk mendapatkan hasil panen yang sesuai. Bagi Anda-anda yang menjalankan budidaya skala rumah tangga, sebaiknya membeli bibit jamur yang siap pakai  yakni (bibit F4). Tetapi bagi Anda yang ingin membuka perusahaan jamur skala industri atau besar, bisa mengembang biakkan bibit murni untuk mendapatkan bibit jamur F1.

2. Siapkan Budidaya Jamur

Untuk anda yang membudidayakan jamur kuping dengan tempat tanam berupa balog, bisa dimulai usaha dengan tahapan berikut ini.

Baca Juga : 
Step pertama 
yang perlu Anda siapkan ialah membuat tempat tanam yang cocok dgn habitat asli jamur kuping. Sekarang ini media tanam yang banyak dipergunakan oleh petani jamur ialah berupa baglog yang berisi serbuk gergaji kayu 85 sampai 90%, bekatul 10 sampai 15%,  kapur 1 sampai2%, dan tambahan air seperlunya kadai air 50-70%.
Untuk mendapatkan media tanam yang sesuai, lakukan fermentasi selama 3 Sampai5 hari sampai suhu media mengalami pengingkatan sampai >70ºC. Selama proses fermentasi, laksanakan pembalikan setiap 2 sampai 3X 1 hari. Pastikan tempat yang siap dipakai berubah warna menjadi cokelat atau sedikit hitaman.

Step kedua
Lanjut masukan Tempat ke dalam plastik yang kuat panas, Terus padatkan menggunakan alat pengepres atau pukul-pukul menggunakan botol bekas hingga plastik menyerupai seperti baglog.

Step tiga
Lanjutnya pada bagian atas plastik dipasang ring seperti cincin, dan tutup dgn kapas agar tempat tak kemasukan air saat proses steril.

Step keempat
Yakni sterilisasi tempat, proses ini dilaksanakan dgn cara menguapi baglog yang telah ditutupi kapas. Sterilisasi dilaksanakan pada suhu 95 Sampai120º selama 6 Sampai 8 jam.
Bila proses sterilisasi telah selesai,

Step lima
lanjutnya proses menanaman  dapat Anda laksanakan jika suhu baglog telah kembali normal. Sebelumnya menanamkan bibit jamur ke baglog yang di sediakan, perlukan dilaksanakan sterilisasi bibit jamur supaya terhindari dari organisme lain lain yang mengganggu pertumbuhan miselium. Caranya sebelum menamam semprotkan terlebih dahulu alkohol 70% pada ke 2 telapak tangan. Kemudian panaskan stik besi diatas api spritus, terus semprotkan botol bibit dengan alkohol supaya steril, buka tutup kapas baglog diatas api spritus dan masukan bibit jamur ke dalam baglog dgn bantuan stik besi yang telah disteril. Tutuplah lagi baglog dengan kapas, setelah bibit jamur selesai ditanamkan.

Step enam
Sesuda bibit jamur kuping tertanam, laksanakan (inkubasi) selama 4 Sampai8 minggu dengan suhu 28 Sampai35ºC, tingkat kelembapan 80% dan bantuan cahaya lampu TL 60 watt.

Step tuju
Jika proses inkubasi selesai, selanjutnya proses ialah pemindahan baglog jamur kuping ke dalam ruang kumbung jamur yang telah disediakan. Buatlah pelubangan baglog menggunakan silet yang telah disterilisasikan. Kemudian sesuaikan baglog dengan rapi, dan laksanakan penyiraman secara rutin setiap 2 Sampai4 X per hari.

Step delapan
Pemanenan jamur dapat dilaksanakan dengan cara mencabut jamur kuping beserta akar-akarnya. Dan akar yang tak terikut terambil, maka harus bersihkanlah lubang supaya tak mengganggu pertumbuhan jamur kupir berikutnya.


Jika anda ingin menggunakan Plastik UV untuk tanaman anda atau digunkan untuk lain-lain anda bisa menghubungi kami dengan telpon di nomer dibawah ini atau juga bisa melihat web kami.

Customer Service :
Telp : 031-8830487 (Jam Kerja)
Mobile : 087702821277 / 081232584950 / 085233925564 (SMS 24 Jam)
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp :
https://bit.ly/2OniF6B
https://bit.ly/2OhTwKo
https://bit.ly/2Mt6iFn

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama