Cara Budidaya Pepaya di Greenhouse dengan Naungan Plastik UV

Plastik UV Lokal & Plastik UV Import - Lim Corporation

Pepaya merupakan salah satu buah segar yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Tidak hanya rendah lemak, buah yang masih golongan famili caricaceae ini kaya akan vit A, zat besi, fosfor, kalium, protein, dan karbohidrat. Buah yang berasal dari Meksiko ini sering sekali disebutnya buah berkhasiat sebagai nutrisi antikanker ini memiliki sejumlah manfaat yang dapat memproteksi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Bagian daging dari buah pepaya yang lembut banyak membantu orang untuk melancarkan BAB, untuk obat bekas gigitan ular berbisa, obat demam dan malaria, mengatasi konstipasi, melawan cacing dan parasit dalam tubuh, dan lainnya.

Berikut merupakan cara dari awal sampai akhir budidaya pepaya:

Pembenihan
Dalam pembudidayaan pepaya berskala kebun. Maka, sebaiknya kita menyiapkan sedikitnya 60gr setiap hektarnya, dengan 60gr benih tersebut, maka bisa diperkirakan bahwa sekiranya timbul sekitar 2000 tanaman. Bibit tanaman yang sebelumnya dibersihkan, terlebih dulu harus dilaksanakan perendaman dengan memakai larutan POC NASA 2 cc/liter dalam kurun waktu sekitar 1–2 jam, kemudian biji tersebut ditiriskan.

BACA JUGA:
Kemudian diberikan Natural GLIO dengan cara ditaburi dan sesudah itu disemaikan pada polybag yang berukuran 20cm x 15cm. Dan, media tanam akan dipakai sebagai media penyemaian yaitu 2 buah ember yang berisi tanah yang sebelumnya sudah diayak dan sebuah ember yang sudah diisi pupuk kandang yang sudah diayak dan benar-benar matang.

Penggunaan Greenhouse
Membangun greenhouse sangat berfungsi untuk menjaga pepaya dari kondisi lingkungan yang tak menguntungkan, baik pada faktor sinar matahari, kelembaban, suhu, angin, ataupun dari serangan hama penyakit, jadi mampu mendapatkan hasil pepaya yang lebih baik. Umumnya manfaat greenhouse bagi tanaman pepaya, yaitu bisa menanam tanpa mengenal musim dan meningkatkan kualitas serta kuantitas hasil produksi.

Media Tanam
Sebaiknya lahan yang dipakai untuk penanaman tanaman pepaya dibersihkan dari rumput, semak-semak dan berbagai macam kotoran yang berada di sekitar lahan sampai benar-benar bersih. Setelah itu tanah digemburkan dengan memakai cakul supaya racun dari tanah dikeluarkan dan terjadinya perputaran oksigen pada media tanam.

Penyemaian Bibit
Bibit yang sebelumnya sudah disiapkan untuk penyemaian. Kemudian, jangan lupa untuk menyirami bibit setiap harinya dan kombinasikan dengan memberikan pupuk PPOC NASA dengan memberikan dosisi sebanyak 2 tutup. Sebaiknya pemberian air dilaksanakan setiap 1 minggu sekali. Untuk benih, umumnya akan mulai tumbuh tunasnya ketika mencapai usia 12–15 hari.

Ketika umur dari bibit pepaya yang sudah ditanaman mencapai umur 45–60 hari dan mencapai ketinggian 15cm – 20cm itu yaitu tanda bahwa sebaiknya bibit segera dipindahkan. Kemudian pemindahan dari bibit menuju kebun sebaiknya dilaksanakan ketika awal dari musim penghujan.

Membuat Bedengan
Sesudah membersihkan lahan yang akan dipakai untuk penanaman tanaman pepaya. Kemudian lahan yang dipakai untuk media tanam kemudian dibentuk bedengan dengan lebar ukuran sekitar 2m – 2.5m dan tinggi 20cm-30cm dengan memakai panjang yang disesuaikan untuk penanaman dari penanaman itu sendiri.

Kemudian jarak yang diperlukan antar bedengan yaitu sekitar 60cm. Kemudian buatlah lubang tanam di atas bedengan dengan ukuran 50cm x 50cm x 40cm. Kemudian jarak antar tanaman yang diharuskan yaitu sekitar 2m x 2.5m setiap tanaman.

Teknik Penanaman
Lubang tanam yang sudah dibuat secara berurutan dengan ukuran 50cm x 50cm x 40cm sebelumnya akan didiamkan beberapa waktu sebelumnya supaya terkena cahaya matahari terlebih dulu. Apabila sudah terbilang cukup lama, kemudian isikan lubang tersebut dengan tanah yang sebelumnya sudah dicampur dengan gabungan 3 tempat tutup organic yang sudah matang.

Kemudian, cara menanam pepaya selanjutnya yaitu lubang tanam ditutupi dengan membuat gundukan tanah, kemudian tanah didiamkan kembali selama kurang lebih 2 – 3 hari supaya tanah yang dibuat gundukan tersebut mengendap. Kemudian lubang tanam kemudian akan siap untuk ditanami tanaman pepaya.


Pemupukan
Tanah yang dipakai untuk penanaman pepaya yaitu tanaman yang mempunyai pH kurang dari 5. Maka, apabila sesudah dilaksanakan pemberian pupuk matang masih harus diberi tambahan Dolomit dengan ukuran kurang lebih 1kg. Kemudian harus dilaksanakan pendiaman pada media tanam yang akan dipakai terlebih dulu selama 1 – 2 minggu. Kemudian pemberian pupuk organik dilaksanakan sesudah tanah yang akan dipakai didiamkan terlebih dulu.

Penyulaman
Lakukanlah proses penyulaman pada tanaman ketika tanaman pepaya sudah memasuki masa berbunga. Pertemukanlah pohon pepaya yang betina dengan beberapa diantaranya yang tergolong jantan.

Penyiangan
Sama halnya dengan tanaman pada umumnya, bersihkan tanaman pepaya dari gulma yang berada di sekitar tanaman pepaya. Periode yang dilaksanakan untuk melakukan proses penyiangan harus mengikuti interval waktu dengan banyaknya tanaman gulma yang tumbuh pada sekitar tanaman

Penyiraman
Tanaman pepaya pada dasarnya membutuhkan banyak air, akan tetapi tanaman tak tahan apabila ada genangan air. Jadi harus dilaksanakan irigasi supaya air yang dikeluarkan bisa teratur. Dan sebaiknya dibuatkan parit supaya air bisa mengalir ke tempat yang diinginkan.

Pemanenan Buah
Sesudah tanaman berumur 9 – 12 bulan. Buah akan mulai membesar, dan kulit dari buah akan mulai menguning. Kemudian sesudah memasuki periode ini, buah pepaya akan bisa dipanen selama 10 hari 1 kali. Pepaya yang di hasilkan dari menanamnya di dalam greenhouse tentu lebih bagus dan berkualitas sehat, dan juga tentu hal tersebut akan bisa menaikan harga penjualan dari pepaya yang sudah dipanen tersebut.

Jual Plastik UV
* Info selengkapnya mengenai harga Plastik UV lokal & Import klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Plastik UV lokal atau pun import untuk Greenhouse atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan pastinya bahan yang berkualitas Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service:
Telp: 031 - 8830487 (Jam Kerja Kami 08.00 - 16.00)
Mobile: 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 328 4950
Email: limcoporation2009@gmail.com
Atau chat langung dengan Admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN:
- Minimal order 3 roll
- Harga Franco Surabaya
- Harga netto (tidak termasuk PPN)
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu-waktu

1 Komentar

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama