Ingin Penjemuran Kopi Cepat dan Praktis? Gunakan Plastik UV

Distributor Plastik UV (Plastik Ultraviolet) - Lim Corporation

Plastik UV (Ultra Violet) kebanyakan orang digunakan sebagai greenhouse. Plastik UV berwarna bening ke putih susuan disebabkan plastik uv mengandung bahan kimia aditif. Kandungan bahan kimia biasanya pada plastik UV protektor yang berguna melindungi tanaman dari efek buruk dari sinar ultra violet pada cahaya sang surya.  Semakin besar kandungan plastik UV Protector maka semakin gelap warna plastiknya. Sebagai keperluan greenhouse biasanya orang menggunakan plastik uv dengan kanduan 14%, sedangkan untuk penjemuran atau pengeringan hasil panen menggunakan plastik uv yang 6%.

Perlakuan pascapanen merupakan alur pekerjaan yang harus dilakukan dengan berhati-hati dan teliti supaya mendapatkan hasil kopi dengan kualitas baik. Ada beberapa tahapan untuk mendapatkan hasil kopi yang baik, yakni sebagiberikut :

Sortasi
 Tahap ini dilakukan untuk memisahkan buah kopi kualitas superior dengan kualitas inferior, juga berguna membersihkan kotoran seperti batu kecil-kecil yang tercampur pada proses panen.

Pengupasan kulit biji
 Untuk mengupas kulit biji anda harus menggunakan mesin pengupas kulit biji. Cara kerja mesin pengupas sangat tergantung pada kematangan buah dan ukuran buah. Mesin akan bekerja optimal jika buah yang dikupas sudah cukup matang karena kulit dan daging buahnya lebih lunak dan mudah terkelupas.

*Ingin Dapat Info Pertanian & Perkebunan Terkini? Kunjungi DISINI

Fermentasi
Fermentasi bertujuan untuk membersikan lapisan lendir yang ada dikulit tanduk kopi. Proses fermentasi biasanya hanya dilakukan untuk mengolah kopi arabika, dan tak banyak dipraktekkan untuk mengolah kopi jenis robusta ini.

Pencucian
Pencucian ini bisa dilakukan dengan tangan dan juga bisa dilakukan dengan menggunakan mesin pencuci. Tujuan utama dari pencucian biji kopi adalah untuk membersikan biji kopi dari sisa-sisa kotoran dan lendir pada saat proses fermentasi.

Pengeringan
Pengeringan bertujuan untuk mendapatkan kadar air 12%. Dalam kadar air 12% biji kopi biasanya aman untuk disimpan dalam kurun lama dan diletakkan di dalam gudang. Proses pengeringan dapat dilakukan dengan cara penjemuran menggunakan sinar matahari. Penjemuran adalah cara yang paling gampang dan murah untuk pengeringan biji kopi. Jika cuaca memungkinkan, proses pengeringan sebaiknya dipilih dengan cara penjemuran penuh karena akan memberikan hasil yang baik.

Lantai jemur di buat dari bahan yang menyerap panas seperti semen. Bila cuaca hujan atau saat musim hujan, bisa menggunakan plastik UV sebagai alas maupun atap penjemuran. Plastik Ultra Violet yang dipakai sebagai alas berguna untuk memantulkan panas, sedangkan plastik UV yang dipakai sebagai atap berfungsi untuk menampis dari hujan. Plastik UV greenhouse yang biasanya dipaki adalah  yang kadarnya 6%.

Baca JugaPenjelasan Mengenai Plastik UV

Pengukuran kadar air
Untuk memastikan kadar air pada biji kopi.

Penggilingan
Biji kopi yang sudah bersih dan kering kemudian digiling menggunakan mesin penggiling untuk mendapatkan tekstur yang halus.

Pengemasan dan penggudangan
Kopi dapat dikemas saat masih berupa biji atau setelah digiling, tergantung proses yang dilakukan. Penyimpanan sebaiknya pada tempat khusus yang terjaga kelembaban, kebersihan dan keamaanan dari hama.

Peralatan yang digunaan juga dapat menunjukan mutu dari kopi yang dihasilkan. Banyak petani yang masih memakai metode pengeringan sederhana memakai sinar sang surya. Bila tak mempunyai lantai semen, penggunaan plastik UV akan sangat membantu proses pengeringan. Plastik UV ini sangatlah awet dan harganya pun sangat terjangkau.

Plastik UV digunakan untuk atap dapat melindungi dari hujan dan tak terlalu repot untuk memindahkan kopi yang sedang di jemur. Panas cahaya matahari yang masuk ke wadah pengeringan akan semakin mempercepat proses pengeringan kopi, dan kualitas kopi hasil pengeringan akan lebih baik.

Plastik UV ialah plastik yang mengandung bahan kimia tertentu yang berguna untuk menampis dari sinar ultraviolet. Untuk kebutuhan jenis plastik yang umum diperdagangkan di Indonesia ialah jenis plastik UV 6% dan plastik UV 14%, dengan ketebalan sekitar 150-200 micron.

jual plastik uv (plastik ultra violet)
Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Plastik UV untuk Greenhouse atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup).

Customer Service : 
Telp          : 031 - 8830487 
Mobile     : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 32584950
Email        : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan :
- Minimal order 3 roll
- Harga Franco Surabaya 
- Harga netto (tidak termasuk PPN )
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu-waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama