Cara Budidaya Beras Hitam Organik


1. Lahan untuk budidaya beras hitam organik

     Mungkin masih banyak yang belum tahu dan bahkan mendengar kata beras hitam, mungkin yang sering kita kenal adalah ketan hitam. Memang jika dilihat, beras hitam tidak se-populer beras putih atau pun beras merah. Namun perlu diketahui bahwa beras hitam ini memiliki keistimewaan yang mungkin anda juga tidak mengetahuinya.

2. Beras Hitam Banyak Manfaat Kesehatan


     Manfaat dan khasiat beras hitam begitu baik untuk kesehatan dan mampu menangkal berbagai jenis penyakit. Bahkan beras hitam ini dapat mengatasi penyakit darah tinggi, kolesterol dan diabetes. Rasa beras hitam ini sangat enak, wangi dan pulen. Cara membudidayakan beras hitam menjadi penting untuk kesehatan. Beras hitam mengandung berbagai mineral atau antosianin yang cukup tinggi sehingga tak heran jika beras hitam sangat bagus untuk kesehatan. Bahkan, menurut sejarah, pada jaman dahulu beras hitam hanya boleh dikonsumsi oleh masyarakat Cina yang tinggal di istana ( Kerabat Raja ).

3. Budidaya Beras Hitam Organik


     Budidaya beras hitam sebenarnya sama halnya dengan budidaya tanaman padi untuk beras putih maupun beras merah. Anda harus melakukan beberapa langkah seperti penyiapan lahan, penanaman, pemeliharaan , pemberian pupuk organik dan juga pemanenan. Namun, untuk beras hitam ini anda dapat menggunakan media pot sebagai lahan penanaman. Memang untuk saat ini budidaya beras hitam kurang diminati masyarakat sehingga menyebabkan keberadaannya nyaris langka. Hal ini mungkin karena adanya beberapa faktor sehingga para petani pun enggan untuk melakukan budidaya, diantaranya yaitu masa panen yang lebih panjang, rendahnya produktivitas dan juga rentannya terhadap pengganggu karena beras hitam ini merupakan salah satu jenis bahan pangan yang disukai burung. Selain alasan di atas, beras hitam pun memiliki harga yang relative mahal 3 kali lipat dari harga beras putih. Namun, seharusnya meskipun begitu, langkah pelestarian dengan budidaya beras hitam harus tetap dilakukan.  Karena sebenarnya selain untuk bahan pokok, beras hitam ini dapat anda manfaatkan sebagai bahan obat alami yang dapat membantu anda meringankan berbagai penyakit.

     Inilah Rahasia Dalam Membudidayakan Tanaman Kopi


4. Tips & Trik

     Sekedar tips bagi petani yang ingin melakukan budidaya beras hitam, sebaiknya anda melakukan penanaman secara organik. Ini karena khasiat besar yang dimiliki oleh beras hitam akan lebih berkualitas serta akan semakin terasa manfaatnya jika di tanam dengan pola organik. Cara yang terbaik untuk menanam beras hitam adalah , 20 hari lebih awal jika dibandingkan dengan penanaman padi beras merah dan juga padi beras putih. Hal ini penting untuk anda lakukan agar anda dapat panen secara bersamaan. Anda dapat melakukan penanaman padi beras hitam di tengah hamparan padi beras lainnya sehingga padi beras hitam anda akan terhindar dari serangan burung.

5. Penanaman


     Dalam budidaya beras hitam secara organik , selain dengan memperhatikan penanaman, anda juga harus memperhatikan ketika proses penggilingan atau cara mengolah beras hitam. Anda tidak dapat memperlakukan beras hitam organik seperti halnya beras putih karena jika salah dalam pengelolaan penggilingan, Kualitas dan khasiat beras hitam yang anda inginkan tidak akan terwujud. Memang sedikit rumit dalam hal pengelolaan , tetapi hasil yang akan anda peroleh tidak akan mengecewakan. Mengingat banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya beras hitam, sangat disayangkan jika sampai saat ini tidak ada langkah awal untuk memulai budidaya beras hitam terlebih dengan ber-budidaya beras hitam pola organik.

Mungkin sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat bagi kita semua :)

Kami menyediakan Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP) cap KUDA bahan full Ori bisa 2x pemakaian.  Manfaat Mulsa Plastik ini yaitu melindungi struktur tanah supaya tak cepat kering, menghindar tumbuhnya tanaman liar (gulma) yang bisa mengganggu tanaman induk. Selain Cap kuda LIM Corporation menyediakan Plastik Mulsa Cap Montana dan Tembakau. Harga dijamin murah, langsung dari pabrik. Tunggu Apalagi Segera Pesan!!
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya tentang prodak bisa anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat langsung dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#MulsaPertanian #MulsaPlastik #HargaMulsa #MphpMurah

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama