Tips Menanam Kacang Hijau Dengan Benar


Kacang Hijau merupakan sejenis tanaman palawija yang tumbuh dengan baik di daerah tropika. Tumbuhan yang tergolong suku polong-polongan (Fabaceae) ini mempunyai tak sedikit kegunaaan dalam kenasiban sehari-hari manusia sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Di Indonesia sebagai negara yang berada di garis khatulistiwa, kacang hijau menempati urutan ketiga sebagai tanaman pangan legum, seusai kedelai dan kacang tanah.
  • Syarat Tumbuh
Kacang hijau termasuk tanaman tropis yang menghendaki suasana panas selama hidupnya. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah datara rendah hingga ketinggian 500 m dpl.
Syarat suhu lingkungan untuk menanaman kacang hijau berkisar 25°C – 27°C, dan kelembapan udara antara 50% – 80%, serta cukup mendapat sinar matahari. Curah hujan yang dikehendaki berkisar antar 50 mm – 200 mm/bulan.Tanaman kacang hijau dapat tumbuh hampir pada semua jenis tanah yang banyak mengandung bahan organik, dengan drainase yang baik. Akan tetapi, tanah yang sangat tepat untuk budidaya kacang hijau adalah tanah berlempung atau tanah liat, semisal Podsolik Merah Kuning (PMK) dan Latosol. Dan syarat keasaman (pH) tanah berkisar antara 5,8 – 6,5.

Budidaya kacang hijau dapat dilakukan pada bekas lahan yang ditanami padi (Sawah dan Ladang), tak butuh dilakukan pengolahan tanah/lahan. Untuk menanam kacang hijau di area bekas padi maka tunggul padi harus dipotong singkat dan dibersihkan atau dipinggirkan. Jika tanah becek maka butuh dibangun saluran drainase dengan jarak 3-5 m. Pada lahan Tegalan atau bekas Tanaman Palawija, seperti jagung atau tipe lainnya, butuh dilakukan pengolahan tanah. Lahan dibajak sedalam 15-20 cm, kemudian dihaluskan dan diratakan. Saluran pengairan dibuatdengan jarak 3-5 m.

Kacang hijau ditanam dengan sistem tugal. Setiap celah dimasukkan dua biji/celah. Apabila menanam benih kacang hijau pada saat musim hujan, maka jarak tanam yang semula40 cm x 15 cm jadi mencapai populasi 300 – 400 ribu tanaman/ha. Pada musim kemarau memakai jarak tanam 40 cm x 10 cm jadi populasinya kurang lebih 400-500 ribu tanaman/ha. Penanaman kacang hijau tak boleh lebih dari 5 hari setelah padi dipanen apabilabudidaya kacang hijau dilakukan pada bekas tanaman padi. (Untuk setiap musim; penyulaman yang baik dilakukan pada saat tanaman berusia tak lebih dari 7 hari). Untuk tanah yang sulit subur, anda dapat memberi pupuk urea agar tanah subur 45 kg Urea + 45 – 90 kg SP36 + SD kg KCl/ha dengan cara menaburkan pupuk di berbagai celah tanaman sepanjang barisan tanaman. Bahan organik berupa pupuk kandang setidak sedikit 1520 ton/ha dan abu dapur sangat baik untuk pupuk dan diberbagai sebagai penutup celah tanam. Apabila anda ingin menanam kacang hijau di lahan bekas padi yang sudah subur maka anda tidak perlu lagi memberi bahan organik atau pupuk lagi. Cukup dengan menggunakan mulsa jerami dapat menekan serangan hama lalat bibit, pertumbuhan gulma, dan penguapan air. Dosis jerami padi diberbagi setidak sedikit 5 ton/ha.
  • Manfaat Dan Khasiat Kacang Hijau Antara Lain :
1  Mencegah penyakit jantung (serat)
2  Menjaga kesehatan kulit (serat)
3  Mencegah polip usus (serat)
4  Mencegah wasir  (serat)
5  Mengatur kadar gula  (serat)
6  Menurunkan kolesterol  (serat)
7  Menurunkan risiko terkena diabetes  (serat)
8  Sumber energi  (serat)
9  Mencegah kanker  (serat)
10 Membantu mencegah penuaan dini (Vitamin A)
11 Baik untuk mata  (Vitamin A)
12 Sebagai antioksidan (Vitamin A)
13 Mencegah penyakit makula (Zat karotenoid)
14 Mengontrol detak jantung dan darah (Mineral Essensial)
15 Menangkal Radikal Bebas (Vitamin B6)
16 Kecerdasan janin (Asam folat)
17 encegah cacat janin (Asam folat)
18 Baik untuk ibu hamil (Asam folat)
19 Pertumbuhan janin (Asam folat)
20 Menguatkan tulang (kalsium)

Baca Juga :
 Manfaat & Kandungan Gizi Pada Beras Merah
Inilah Syarat Tumbuh Untuk Menanam Pohon Buah Manggis Dengan Tepat
Tips Paling Jitu Budidaya Lidah Mertua (Sansevieria)
Cara Budidaya Bengkoang Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
  • Hama Dan Penyakit
Penyakit yang tak jarang menyerang kacang hijau antara lain; bercak daun, basi batang, embun tepung dan penyakit puru. penangananpenyakit bisa dilakukan dengan menanam varietas yang tahan penyakit. Penanganan untuk penyakit pada tanaman kacang hijau adalah dengan memakai pestisida dan fungisida semacam: Benlate, Dithane M-45, Baycor, Delsene MX 700 atau Daconil. Pada penyakit Embun Tepung (Erysiphepofygoni) bisa ditangani dengan fungisida hexakonal. Penyakit bercak daun, efektif ditangani dengan fungisida hexakonazol, diberbagi pada umur kacang hijau 4, 5 dan 6 minggu.

Hama mutlak kacang hijau merupakan: Lalat Kacang (Agmmyxa phaseoti), Ulat Jengkal (Piusia chaitites), Kepik Hijau (Nezara virfduta), Kepik Coklat (Riptonus tinearis), dan Penggerek Polong (Maruca testutalis), Kutu Thrips dan lain-lain. penangananhama bisa dilakukan dengan memakai insektisida. Semacam Cwifldor, Regent, Curacron, Atabnon, Furadan, atau Pegassus dengan dosis 2-3 ml/liter air dan volume semprot 5OIM>00 liter/ha. Pada daerah yang mempunyai penyakit endemik lalat bibit (Agromyza phaseoti) maka anda harus menjaga benih dengan baik. Penanganan lalat bibit bisa memakai insektisida Carbosulfan (10 g/kg benih) atau Fipnonil (5 cc/kg benih).
  • Persemaian Benih
Persemaian benih kacang hijau dilakukan dengan cara membasahi benih kacang hijau dengan air lalu tunggu benih sampai kering dan setelah itu diamkan benih kacang hijau sekitar satu hari sampai benih tersebut muncul kecambah.
  • Penanaman Bibit Kacang Hijau
Setelah benih yang disemai telah berkecambah maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menanam bibit tersebut pada lubang tanam. Masukkan 2-3 bibit kedalam 1 lubang tanam lalu tutup bibit dengan tanah tipis. Selanjutnya masukkan pupuk pada dua lubang lainnya dan tutup kembali dengan tanah. Siram lubang tanam dengan air secukupnya agar tanah lembab.
  • Penyiraman
Pentiraman dilakukan dengan melihat kondisi cuaca. Apabila cuaca panas ketika musim kemarau maka kacang hijau harus disiram paling tidak 2 kali sehar pagi dan sore. Sedangkan bila musim hujan penyiraman dapat dilihat dari kondisi lahan terlebih dahulu, apabila hujan terjadi cukup lama dan membuat tanaman basah sekali maka penyiraman tidak perlu dilakukan pada hari tersebut.
  • Penyulaman
Penyulaman bertujuan untuk mengganti bibit yang gagal tumbuh atau mati degan bibit baru. Penyulaman dapat dilakukan ketika tanaman telah berumur 2 minggu, perhatikan terlebih dahulu dengan jeli kondisi tanaman yang gagal tumbuh atau perkecambahannya layu. Setelah itu cabut tanaman yang gagal tumbuh tersebut dan ganti dengan bibit yang baru.
  • Penyiangan Gulma
Penyiangan dapat dilakukan satu sampai 2 minggu sekali. Penyiangan pertama dilakukan bersamaan dengan proses penyulaman agar lebih efektif. Jaga gulma agar tidak tumbuh disekitar area pertanaman. Apabila gulma tumbuh secara berlebihan maka yang akan terjadi tanaman kacang hijau tidak mendapat pasokan unsur hara yang cukup. Maka dari itu penyiangan harus dilakukan dengan baik dan tepat waktu.
  • Pemupukan
Pemupukan susulan dilakukan ketika tanaman kacang hijau berumur 30 hari ketika tanaman sudah mulai berbunga. Pupuk yang digunakan adalah pupuk Urea 60 kg/ha, TSP 100 kg/ha dan KCL 50 kg/ha. Pemupukan sendiri dilakukan dengan memasukkan pupuk pada lubang pupuk yang telah disiapkan ketika proses persiapan lahan. Masukkan bibit kelubang tersebut dan tutup kebali dengan tanah.


  • Pemanenan Kacang Hijau
Kacang hijau dapat dipanen ketika sudah berumur 3-4 bulan. Tanda kacang hijau yang sudah siap dipanen yaitu kacang hijau yang polongnya sudah mulai mengering dan mudah pecah. Pemanenan kacang hijau dapat dilakukan setiap hari yaitu pada pagi hari. cara pemanenan sendiri dapat dilakukan hanya dengan memetik polong kacang hijau.
Setelah polong kacang hijau dipetik lalu jemur dibawah matahari  selama 5-6 jam apabila polong telah benar-benar mengering lalu pukul-pukul polong dengan kayu agar bijinya keluar. Selanjutnya biji yang telah keluar dimasukkan kedalam karung dan siap dipasarkan.

CV. LIM CORPORATION menyediakan plastik uv murah berkualitas, untuk info harga plastik uv  klik DISINI pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277.

Demikian artikel tentang " Tips Menanam Kacang Hijau Dengan Benar " Terima kasih sudah berkunjung di blog kami semoga artikel ini bermanfaat :)...

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama