Senin, 22 Mei 2017

Cara Tepat Budidaya Tanaman Kamboja

Syarat Tumbuh
-Tanaman Kamboja dapat tumbuh dengan baik pada media tanah gembur serta subur
-Kadar keasaman (pH) tanah yang cocok untuk pertumbuhan kamboja yaitu sekitar >6,5.
-Suhu yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman kamboja yaitu pada suhu antara 15-45 Celcius.
-Tanaman kamboja cocok ditanam di tempat terbuka agar memperoleh penyinaran sinar matahari yang cukup yaitu sekitar 6-9 jam/ hari.
*Baca Juga : Cara Budidaya Mawar Dengan Mudah

Pemilihan benih
Hal pertama yang dilakukan saat budidaya tanaman hias kamboja yaitu pemilihan benih. Benih dipilih sesuai dengan jenis yang akan ditanam. Benih yang bagus yaitu benih yang berasal dari indukkan yang memiliki sifat unggul serta tahan akan serangan hama penyakit. Bibit tanaman hias kamboja dapat berasal dari biji, sambung, serta pencangkokan. Berikut merupakan cara untuk mendapat bibit tanaman hias kamboja:
  • Biji: Biji yang di perlukan dalam budidaya bunga kamboja harus sesuai dengan ketentuan atau persyaratan yaitu berasal dari indukan berkualitas, tunas banyak, pertumbuhan cepat, tahan terserang hama serta dalam kondisinya harus normal. Biasanya biji benih ini dapat di temukan dengan membelinya maupun mengambilnya dari tanaman indukan.
  • Sambung: Teknik sambung membutuhkan batang bagian bawah yang memiliki kualitas bagus dengan batang serta akar yang kuat terhadap hama penyakit serta kuat untuk menyokong tanaman dia atasnya , Biasanya batang bawah ini berusia sekitar 9-12 bulan. Sedangkan batang bagian atas di memerlukan tanaman dengan produksi bunga yang sangat tinggi serta memiliki umur 2-3 bulan. Lama penyambungan membutuhkan waktu selama 10-30 hari hingga menyambung sempurna.
  • Cangkok: Mencangkok tanaman bunga kamboja ini sama dengan tanaman jenis lainnya yaitu dengan cara mencari tanaman yang berkualitas, kupas batangnya hingga terkelupas, lalu menyiapkan media tanah serta bungkus dengan plastik berisi tanah. serta lakukan perawatan hingga mengeluarkan akar serabut serta pindahkan langsung ke media tanam.
Media tanam & Penanaman kamboja
Media Polybag/Pot: Penanaman dengan media ini sangat mudah serta sederhana di lakukan anda hanya saja menyediakan tempat atau wadah penanaman berupa polybag, pot besar serta tempat lainnya yang berukuran 4 -10 kg per unitnya, kemudian isi dengan media tanah yang telah di campurkan dengan pupuk kandang maupun pupuk kompos, serta buat lubang tanam di tengah polybag/pot dengan ukuran 4-10 cm tergantung akar tanam. Setelah itu tanam tanaman kedalam media. setelah itu lakukan penyiraman.

Media lahan: Sebelum menanam di lahan, bersihkan lahan dari gulma atau tanaman penggangu kemudian lakukan pengolahan lahan dengan cara dibajak agar tanah menjadi gembur. Lalu buat bedengan dengan lebar 1-2 meter, tinggi 30 cm serta panjang di sesuaikan dengan lahan. Campurkan media tanam dengan pupuk organik serta anorganik hingga merata serta diamkan beberapa minggu. Selanjutnya buat lubang tanam tergantung dengan banyak bibit, kemudian lakukan penanaman dengan menaruh bibit ke lubang tanam. Selanjutnya siram hingga basah serta lembab.

Pemeliharaan Tanaman
  • Penyulaman dilakukan dengan cara menggantikan tanaman baru yang tidak tumbuh semestinya serta yang mati. Penyulaman dilakukan setelah 1-2 minggu masa tanam.
  • Penyiraman dapat di lakukan 2 kali dalam sehari, jangan terlalu berlebihan serta jangan terlalu sedikit.
  • Penyiangan dilakukan jika tanaman kamboja di tanam dilahan. Penyiangan dilakukan dengan membersihkan gulma di sekitar tanaman kamboja.
  • Pemupukan dapat di lakukan secara berskala 2-3 bulan setelah masa tanam dapat menggunakan pupuk organik serta anorganik sesuai dengan ukuran serta takaran.
  • Pengendalian hama serta penyakit dapat di lakukan dengan melakukan sanitasi lingkungan sekitar dengan teratur, melakukan penyemprotan hama dengan insektisida sesuai dengan dosis serta petunjuk, serta melakukan penyemprotan penyakit dengan fungisida sesuai dengan dosis serta petunjuk.
Panen
Pemanenan tanaman ini dapat di lakukan ketika sudah proses pembungaan, dapat di lakukan dengan cepat serta lambat tergantung dengan perbanyakan yang di lakukan. Biasanya bunga kamboja dapat di panen atau di petik bunganya pada umur 6-7 bulan bahkan lebih. Pemanenan ini dapat di lakukan dengan cara memetik bunga untuk dijual. Pemanenan ini di lakukan pada sore serta pagi hari untuk menghindari penurunan kualitas tanaman.

Selamat Mencoba....

Tidak ada komentar :

Posting Komentar