Rabu, 08 Maret 2017

Fungsi, Type, Dan Macam-Macam Tanaman Yang Cocok Untuk GreenHouse


Greenhouse yaitu bangunan yang berkerangka atau dibentuk menggelembung, diselubungi bahan bening atau tembus cahaya yang bisa meneruskan cahaya secara optimum untuk produksi dan melindungi tanaman dari kondisi iklim yang merugikan bagi pertumbuhan tanaman .

Fungsi Green House

a. Green House Sebagai Sarana Pembibitan Tanaman
Pada proses pembibitan tanaman atau pembuatan benih tanaman produksi memerlukan kondisi dan perawatan yang intensif sehingga diperoleh bibit yang baik dan subur. Dengan adanya greenhouse kondisi itu dapat di ciptakan dengan mudah.

b. Green House Sebagai Sarana KarantinaTanaman
Tanaman yang terserang penyakit, terkena hama atau ketika dalam proses tranplantasi (pemindahan tanaman) perlu dirawat dan dipelihara secara intensif atau di karantina. Hal ini dapat dilakukan di dalam greenhouse untuk memperoleh perawatan khusus dan mengindari kontaminasi terhadap tanaman lain.

c. Green House Sebagai Sarana Budidaya Tanaman Tertentu
Tanaman tertentu menghendaki pemeliharaan khusus karena tanaman tersebut hanya dapat hidup dan berproduksi pada kondisi tertentu. Misalnya beberapa jenis holtikultura (buah, sayur dan bunga), tanaman herbal dan tanaman hias. Dengan adanya green house kondisi lingkungan dapat di manipulasi sesuai dengan kebutuhan tanaman tersebut sehingga produksi dapat berjalan dengan baik, meminimalisir kegagalan produksi dan meningkatkan produktifitas.

d. Green House Sebagai Sarana Agro Wisata
Green house banyak di jadikan sebagai sarana agro wisata di perkotaan yang memadukan keindahan taman dan fauna seperti angsa, burung dan lainya. Kenyamanan pengunjung dapat di ciptakan dan binatang dapat terjaga dengan baik. Baca juga artikel : Green House Unik Berbantuk Kubah

e. Green House Sebagai Sarana Agromart / Agroshop
Penjualan tanaman seperti tanaman hias tidak mungkin dilakukan didalam gedung yang tertutup yang tidak ada cahaya matahari. Dengan adanya green house dapat diciptakan kondisi yang nyaman bagi para pengunjung dan pemeliharaan tanamanpun lebih mudah dilakukan.

#Baca Juga Cara Budidaya Selada Hidroponik Dan Jenis - Jenis Selada

Type GreenHouse

a. Type Tunnel
Green house type tunnel berbentuk seperti lorong setengah lingkaran. Atap yang berbentuk melengkung sangat efektif menghindari kerasnya terpaan angin. Struktur kerangka di buat dari pipa besi yang kuat. Type tunnel ini tidak cocok untuk struktur dari kayu, karena untuk menciptakan lengkungan sangatlah sulit. Type ini banyak di gunakan di daerah sub tropis yang sangat efektif pada musim dingin dan salju.

b. Type Piggy Back
Green house type piggy back banyak di gunakan di daerah tropis dengan banyak bukaan pada atapnya sebagai ventilasi untuk pertukaran udara dan mempertahankan suhu dan kelembaban udara. Type ini sering disebut tropical green house. Pada daerah yang mempunyai tiupan angin yang kencang type ini tidak disarankan.

c. Type Multispan
Green house type ini adalah campuran antara tipe tunnel dengan tipe piggy back. Karena itu, maka tipe green house ini memeliki kelebihan dari tipe tunnel dan tipe piggy back, yaitu strukturnya kuat tetapi tetap memiliki ventilasi yang maksimal.

#Baca Juga Cara Mudah Budidaya Tanaman Kaktus dan Jenis-Jenisnya

Macam-Macam Tanaman Hias Untuk GreenHouse

a. Aglaonema 


Beberapa tahun yang lalu jenis Aglonema menjadi tanaman termahal dan hingga kini masih banyak orang yang jatuh hati pada jenis tanaman hias yang satu ini. Keungulan tanaman tanaman hias Aglonema akan tetap segar meskipun berada pada ruangan yang minim cahaya. Untuk penempatan dalam ruangan anda dapat menempatkan tanaman ini dalam pot atu media lanskap. Keindahan memukau dari aglonema terletak pada warna daun yang menawan dan beragam seperti warna merah, pink, hijau juga putih.

b. Dieffenbachia


Dieffenbachia atau sri rejeki merupakan tanaman hias jenis daun dengan corak hijau, kuning serta terdapat spesies yang memiliki warna hijau dengan bercak putih. Pengembang biiakan tanaman ini cukup mudah, caranya dengan menyetek batangnya. Jika anda ingin menjadikannya sebagai tanaman hias indoor sebaiknya menjauhkannya dari jangkauan anak anak karena jenis tanaman hias ini memiliki getah yang gatal.

c. Anthurium

Anturium daun adalah jenis tanaman hias daun dengan ukuran daun lebar, tanaman hias ini sempat menjadi tren untuk tanaman hias indoor. Terdapat banyak jenis tanaman hias daun anthurium contohnya crystallium. Dengan daun berbentuk hati, tanaman ini telah menjadi tanaman hias yang cukup lama di minati. Media tanamnya sama dengan aglaoneme, tanaman ini suka dengan pasir dan humus dan tidak suka cahaya yang langsung dan lebih suka berada pada lingkungan lembab.

d. Daun Suji


Tanaman ini memiliki batang yang langsing kurus dan panjang dengan daun kecil memanjang. Jenis ini merupakan keluarga agavaceae. Untuk cara pengembangbiakannya dengan stek batang. Bunga suji dapat ditanam dengan media pot sehingga cocok untuk di tempatkan didalam ruangan.

e. Calathea


Warna daun belang-belang akan menghias ruangan anda, inilah yang ditawarkan dari tanaman hias Calathea. Beberapa jenis bunga Calathea yang menjadi favorit adalah calathea lutea, violacea, dan lainnya. Tetapi yang paing disukai oleh banyak orang adalah jenis bunga calathea makoyama , saat melihat bunga ini orang akan mengingat akan bulu merak karena terdapat garis-garis pada daunnya.

f. Palem kuning


Pilihan berikutnya adalah tanaman hias jenis palem. Palem kuning banyak disuka oleh orang. Palem jenis ini mampu bertahan sekitar 1 minggu didalam ruagan sehingga jenis bunga ini akan sangat cocok untuk menghias ruangan anda. Taaman palem sangat cocok di iklim tropis dan subtropis yang unik dari tanaman ini mampu ditanam ditempat teduh maupun dibawah sinar matahari langsung.

g. Spider Plant


Pilihan selanjutnya adalah tanaman hias Spider Plant. Tanaman ini berasal dari daerah afrika kemudian menyebar keseluruh oenjuru dunia tanaman ini dapat digunakan sebagai pembersih udara diruangan karena dapat ditanam pada media pot.

h. Gerber Daisy


Keindahan dari tanamanGerber daisy sudah tidak diragukan lagu untuk jenis tanaman hias indoor. Di indonesia tanaman hias ini dikenal dengan sebutan Herbras. Tanaman ini mempunyai bunga yang cukup indah. Keindahan dari bunga Gerber daisy sangat memukau sehingga sering digunakan sebagai potongan bunga bersama mawar, seruni serta tulip. Rasanya bunga ini akan disayangkan jika dilewatkan karena tanaman hias jenis ini dapat ditanam pada media pot.

i. Dragon Tree


Dragon tree banyak diminati oleh oleh banyak orang. Dragon Tree merupakan tanaman keluarga Asparagaceae. Awal mulnya tanaman ini dari madagaskar dan merupakan tumbuhan semak. Tanaman ini akan membuat ruangan anda lebih indah dan terkesan segar.

j. Monstera


Monstera mampu bertahan sekiaatr 1 minggu didalam rangan minim cahaya, jenis tanaman hias ini senang tumbuh di tempat yang subur. Tanaman ini memiliki ciri-ciri daun hijau tua, mengkilap dan lebar. Jika anda menanam tanaman ini didalam pot daunnya hingga selebar telapak tangan orang dewasa.
Krisan

k. Bunga Azalea


Bunga Azalea adalah jenis tanaman semak yang mampu menyerap polutan formaldehida. Di Indonesia memiliki beberapa spesies asli R Bunga Azalea.
English ivy merupakan tanaman hias asli Eropa dan Asia Barat. Tanaman ini mampu membersihkan udara dari partikel pengotor udara.


Untuk informasi harga plastik UV klik DISINI serta pemesanannya dapat lewat SMS/Call/WA : 0877-0282-1277 (XL) atau 0852-3392-5564 (As) atau 08123-258-4950 (Simpati). Phone/Fax : 031-8830487 serta lewat E-mail : limcorporation2009@gmail. com. Kami terima pesanan plastik UV dalam jumlah besar/grosir maupun dengan cara ecer. Tetapi untuk pemesanan minimum 3 roll bila di kirim lewat layanan pengiriman, serta minimum 1 roll jika Anda dapat mengambil langsung ke toko kami.

1 komentar :