Jumat, 06 Januari 2017

Plastik UV Untuk Pengeringan Kacang, Dijamin Praktis!

Saat ini beberapa besar Pulau Jawa sering diguyur hujan walaupun tengah musim kemarau. Fenomena alam yang sulit diprediksikan ini memaksa kita untuk pikirkan bagaimana produksi dan sistem pengeringan tetaplah jalan walau tengah hujan. Karena banyak pelaku UKM yg tidak bermodal besar, untuk sistem penjemuran dan pengeringan masih tetap menggunakan sinar matahari. mereka banyak yang belum dapat membeli peralatan mesin pengering.

Pengeringan sendiri pada intinya adalah suatu langkah untuk mengeluarkan atau menyingkirkan beberapa air dari satu bahan lewat cara menguapkan beberapa besar air yang dikandungnya dengan memakai daya panas. Penurunan kandungan air umumnya dikerjakan hingga meraih kandungan air tertentu hingga enzim serta mikroba penyebabnya rusaknya bahan pangan jadi tidak aktif atau mati.
*Baca Juga Penahan Hama Tanaman Hias Greenhouse “Plastik UV”

Sistem pengeringan kerapkali dipakai untuk memproses komoditas pertanian lantaran sifatnya yang gampang rusak. Diluar itu pengeringan komoditas pertanian dapat juga tingkatkan nilai ekonomis produk. Walau demikian, kerapkali ketika sistem pengeringan berjalan berlangsung permasalahan, terlebih pada pengeringan dengan system konvensional atau penjemuran dibawah cahaya matahari langsung (Yuwana, et. al., 2011a). Hal semacam ini dikarenakan sistem pengeringan itu begitu tergantung pada cuaca, luasan alas jemur dan sebagainya. Oleh karenanya, butuh diperkembang satu prototipe yang simpel, ekonomis serta bisa menangani permasalahan dalam sistem pengeringan komoditas pertanian.

Plastik UV (Ultra Violet) Untuk Atap & Alas Penjemuran/Pengeringan 
Jalan keluar yang paling cocok untuk sistem pengeringan di waktu cuaca tak menentu yaitu dengan memakai plastik UV. Mengapa memakai plastik UV, bukanlah plastik bening umum? Lantaran plastik UV memanglah telah di desain penggunaannya untuk atap greenhouse, memiliki kandungan bahan kimia spesifik yang membuat plastik ini tetaplah awet, tidak gampang rusak oleh pergantian cuaca panas ataupun hujan. Serta plastik UV mempunyai ketebalan 200 mikron (0, 20) jadi lebih tidak tipis serta kuat di banding plastik umum. Bila memakai plastik bening umum di khawatirkan akan gampang robek, memerlukan ongkos perawatan yang semakin besar.
*Ingin Dapat Info Terbaru Tentang Dunia Pertanian & Perkebunan? Yuk Gabung DISINI

Nah.. sekarang ini akan kami bahas sedikit mengenai pengeringan pada kacang tanah. Menurut hasil eksperimen prototipe menunjukkan pengeringan dengan plastik UV dapat turunkan kandungan air pada kacang tanah lebih cepat dari penjemuran tradisional. Laju pengeringan kacang tanah dengan pengering yaitu KApg= 79, 106e-0. 056t, sedang dengan penjemuran yaitu KApj= 73, 241e-0. 035t. Kelembapan relatif ruangan pengering senantiasa lebih rendah (rata-rata 42, 8%) dibanding kelembapan relatif hawa luar (rata-rata 70, 8%). Hal semacam ini menunjukkan kalau pengering dapat membuahkan hawa panas serta kering yang cukup signifikan hingga bisa mempercepat sistem pengeringan. Dari segi luasan yang dibutuhkan, pengering cuma memerlukan luasan 1 : 2, 4 di banding dengan luasan yang diperlukan oleh penjemuran tradisional.

(Plastik Ultraviolet)
Plastik UV bukan sekedar dapat dipakai untuk atap dalam sistem pengeringan pada kacang tanah saja, namun dapat juga digunakan untuk hasil panen yang lain seperti : padi, kedelai, jagung, kopi, teh, kakao, ikan, dan lain-lain. Plastik UV inipun dapat juga dipakai untuk pengeringan pada isdustri batu bata, genteng, batako, paving, dan lain-lain. Kami menjual plastik UV dengan kandungan UV protektor 6% serta 14%. Umumnya bila untuk green house memakai kandungan UV yang 14%. Sedang untuk sistem penjemuran serta pengeringan baiknya menggunakan kandungan UV yang 6%. Makin besar kandungan UV protektor jadi plastik bakal makin buram (gelap). Ukuran plastik UV : lebar 300cm, panjang 100m, tebal 200 mikron (0, 20), berat sekitaran 55-56kg per roll. warna bening agak buram seperti putih susu namun lebih jelas. Dengan dipayungi atap dari plastik uv jadi tidak ribet lagi bila mendadak hujan turun, tidak seberapa ribet harus membereskan jemuran.
*Baca Juga Mengupas Tuntas "Apa Itu Plastik UV?"

UV Plastik 6% dan 14%
Plastik ultraviolet merupakan plastik yang di desain khusus untuk memproteksi sinar UV ,LIM CORPORATION menyediakan plastik uv (ultraviolet) protector ,sebagai berikut : 
- Plastik UV Lokal merk Hercules 6% dan 14% Uk. 3m x 100m x 200micron
- Plastik UV Import merk Vatan 14% Uk. 6m x 60m x 200micron dan Uk. 8m x 45m x 200micron. 
Info harga sms/call: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564. Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI

Tidak ada komentar :

Posting Komentar