Kamis, 06 Oktober 2016

Budidaya Lada Perdu dari Awal Sampai Panen


1. Persiapan Tempat Budidaya Lada Perdu

Pada intinya untuk menanam lada perdu tak diperlukan tempat yang berkriteria spesifik. Nyaris semuanya type tanah bisa ditanami lada perdu dengan baik. Tetapi bakal optimal bila ditanam di tempat subur dengan kandungan humus sedalam 1-2, 5 m pada daerah ketiggian 300-1. 100 mdpl.

2. Bibit serta Penanaman Lada Perdu

Penentuan bibit lada perdu yang unggul bakal membuahkan tanaman yang unggul juga. Hingga sebelumnya mengambil keputusan untuk mencari serta beli bibit, cermati sebagian persyaratan bibit unggul tersebut.

1. Bibit datang dari pohon induk yang sehat serta tak berhama serta penyakit.
2. Mencari yang datang dari pohon induk yang berusia 10 bln. – 3 th..
3. Bibit masihlah murni, atau bukanlah persilangan/turunan.
4. Upayakan beli dari kebun bibit terpercaya serta berkwalitas.
Setelah itu sesudah bibit diperoleh, sortir kembali bibit untuk ke-2 kalinya. Sesudah semuanya bibit lada perdu telah dipilih, barulah bibit siap di tanam di tempat budidaya.

*Simak Artikel Berikut Tehnik pembibitan kakao dengan cara generatif 

1. Buat lubang pada guludan sedalam 50 cm dengan lebar 40 cm. Berikan jarak antar lubang sekitaran 2 m.
2. Lalu taburkan pupuk kandang serta kompos pada lubang tanam, lantas biarlah sepanjang 10-15 hari.
3. Masukan sedikit tanah dalam lubang, aduk dengan pupuk hingga rata. Baru masukan bibit ke dalamnya serta tutup dengan tanah.
4. Padatkan dengan desakan tengah pada ruang sekitaran batang sisi bawah.
5. Siram dengan air agar basah serta akar selekasnya memperoleh air fresh.
6. Agar rasio tumbuh bibit besar, baiknya tanam waktu musim penghujan.

3. Pemeliharaan serta Perawatan Lada Perdu

www.paranet99.com


Untuk pemeliharaan tanaman lada perdu termasuk begitu gampang. Nyaris dapat di pastikan tak mengambil alih saat serta tenaga terlalu berlebih. Sebab lada perdu adalah tanaman sejenis semak, jadi walau juga dilewatkan bakal tetaplah tumbuh serta berbuah. Namun supaya akhirnya optimal, baiknya kerjakan hal tersebut.

1. Kerjakan penyiangan pada tanaman lada perdu dengan cara berkala, yaitu tiap-tiap 2-3 bln. sekali.
2. Kerjakan juga pemangkasan batang, dahan serta ranting yang tua, tak produktif, atau yang diserang hama serta penyakit.
3. Kerjakan pemupukan makro sesudah tanaman berusia 3-4 bln. dengan komposisi Urea : SP36 : KCl = 7 : 3 : 4. Bln. 4-5 Urea : SP36 : KCl = 7 : 4 : 5. Bln. 5-6 Urea : SP36 : KCl = 7 : 5 : 6. Bln. 6-17 Urea : SP36 : KCl = 7 : 6 : 7
4. Berikan pupuk POC (Pupuk Organik Cair) dengan ukuran 4-5 tutup per tangki semprot. 5. Kerjakan tiap-tiap satu bulan sekali di antara pemupukan makro.
6. Kerjakan pengairan pada musim kemarau bila panas begitu terik serta tanaman kekeringan. 7. Demikian sebaliknya, buatkan bedahan pada tempat agar air tak menggenang.
8. Berikanlah mulsa serta anjang bila memanglah dibutuhkan saja.

Setelah itu yang butuh di perhatikan yaitu hama serta penyakit pada lada perdu. Jadi walau tidak sering disiangi, pengontrolan tanaman baiknya dikerjakan sehari-hari. Hingga jika ada tanda-tanda tanaman lada perdu diserang hama serta penyakit dapat selekasnya ditanggulangi supaya tak mengakibatkan tidak berhasil panen.


*Simak Juga Usaha Budidaya Bunga Potong Krisan Dalam Greenhouse

Hama yang seringkali menyerang yaitu hama bunga. Di mana bunga bakal jadikan tempat bertelur serta sumber makanan untuk limfa serta larva. Hingga baiknya pakai pestisida serta buang bunga yang diserang hama itu.

4. Pemanenan Lada Perdu

Butuh diingat, kalau pemanenan juga memerlukan saat, langkah serta pengambilan hasil yang periodik. Hingga tak dapat dikerjakan pemanenan sehari-hari. Kerjakan pemanenan lewat cara menuai pangkal tangkai buah yang ada pada pinggir batang hingga semuanya sisi buah lada terambil. Sebagai catatan, pemanenan tiap-tiap musim kemarau bakal begitu menolong pada sistem pengeringan.



Untuk info update harga plastik uv silahkan klik DISINI, untuk info cara pemesanan silahkan Hub. 087702821277 | 081232584950 | 085233925564. Selengkapnya tentang prodak klik di www.uvplastik99.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar