Kamis, 04 Agustus 2016

Budidaya Kaktus



Kaktus yaitu nama yang didapatkan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus bisa tumbuh pada saat yang lama tanpa ada air. Kaktus umum diketemukan di beberapa daerah yang kering (gurun). Kata jamak untuk kaktus yaitu kakti. Kaktus mempunyai akaryang panjang untuk mencari air serta melebarkan penyerapan air dalam tanah. Air yangdiserap kaktus disimpan dalam ruangan di batangnya. Kaktus juga mempunyai daun yang berubahbentuk jadi duri hingga bisa kurangi penguapan air melalui daun. Oleh karenanya, kaktus bisa tumbuh pada saat yang lama tanpa ada air.

Prasyarat Tumbuh
Bakal tumbuh subur bila ada pada ketinggian sekitar1200 mdpl, serta suhu berkisar160-340derajat celcius. Untuk fase berkecambah kaktus ini memerlukan, suhu pada 260-350derajat celcius.
Dapatlah hidup di dataran rendah bersuhu panas, namun mengakibatkan warna batang condong kusam. Kelembapan hawa (rH) sekitar pada 30%-90%. Curah hujan rendah, 60 mm/bln.. Intensitas penyinaran 50-80%.

*Simak Artikel Berikut Cara Membuat Green House Dari Pipa PVC

Tanaman kaktus bisa diperbanyak dengan memakai dua langkah, diantaranya :
  1. Perbanyakan Generatif Kaktus bisa diperbanyak dengan memakai biji yang sudah diseleksi terlebih dulu. 
  2. Perbanyakan Vegetatif kaktus bisa dikerjakan dengan cara-cara, yakni : a. Stek batang atau cabangPerbanyakan ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan batang bawah. b. AnakanJenis kaktus yang bisa diperbanyak dengan langkah tersebut yaitu kaktus yang memiliki ukuran bulat dan pendek. c.Penyambungan (Grafting, Enting)
Prinsip penyambungan yaitu memadukan dua type kaktus untuk peroleh tanamanbaru yang berkwalitas baik serta mempunyai harga jual yang tinggi

Mengenai cara penyambungan yang dikerjakan diantaranya :
- Cara sambung rata (Flat Grafting)
- Cara sambungan celah atau iris (Split Garafting)
- Cara sambungan serong (Side Grafting)

Tempat Tanam
Tempat yang dipakai untuk tanaman ini yaitu pot. Pot yang dipakai yaitu di cocokkan dengan ukuran tanaman kaktus itu., pakai pot plastik, semen maupun keramik, tergantuk pilihan anda.

Media Tanam
Langkah menanam pohon kaktus memakai biji atau tunas, Pakai media kapur, bubuk tulang serta batu bara lalu berikan tanah liat serta humus. Atau yang memiliki pekarangan luas dapat ditanam dalam tanah yang memakai komposisi tanah liat, pasir serta humus. Semuanya media itu mempunyai tujuan menyingkirkan rasa asam lantaran bila tanah banyak terkandung asam tidak bisa tumbuh dengan subur.

Tahap selanjutnya memasukkan biji kedalam pot atau tanah yang telah disediakan. Peletakkan tunas diupayakan ada di dalam. Bila semuanya sudah usai jadi siram dengan air. Ingat janganlah sangat banyak menyiramnya lantaran kaktus tak tahan dengan adanya banyak air.

Supaya tampilan sempurna, baiknya kaktus ditempatkan dibawah plastik UV.
Maksudnya hindari air berlebihan dari hujan. Kandungan air tinggi menyebabkan kelembaban di sekitaran kaktus tinggi. Mengakibatkan kaktus gampang busuk. Apabila telanjur busuk, bersihkan serta bersihkan semuanya sisi yang rusak, lantas oleskan fungisida serta keringkan sepanjang 1 – 2 minggu. Barulah kaktus ditanam kembali.

www.polybag99.com


Kaktus ada yang berbunga namun ada juga yg tidak membuahkan bunga. Untuk membuahkan bunga itu diperlukan tiga th. lamanya supaya bisa tumbuh. Untuk yg tidak menumbuhkan bunga ada cara-cara yang dapat dikerjakan seperti lihat suhu yang dihuni oleh kaktus, untuk malam hari upayakan menempatkan ditempat yang bersuhu lima belas derajat serta siang hari sebisa-bisanya meraih empat puluh derajat. Langkah yang bisa digunakan untuk suhu yang ekstrim adalah bikin tempat tinggal kaca dengan bahan plastik UV yang di buat dengan bentuk lorong. Bibit kaktus bisa segera ditanam dalam tempat tinggal kaca.

Perkembangan serta perubahannya cukup dipasok dari pupuk kandang atau kompos yang digabung pada media tanam. Pemberiannya 6 – 12 bln. Sekali sambil ganti media. Pemberian pupuk sintetis kimia memanglah meningkatkan tanaman cepat tumbuh, namun mengakibatkan kulit pecah-pecah. Itu lantaran elastisitas kulit tidak dapat menahan laju perkembangan sel jaringan batang yang sangat cepat.

*Baca Juga Isi Artikel Berikut Usaha Budidaya Bunga Potong Krisan Dalam Greenhouse

Pemeliharaan
Pemeliharaan tanaman mencakup :
1. Peletakan pot tanaman
2. Penyiraman
3. Pemupukan
4. Sanitasi serta Repotting

Hama yang kerap yang kerap menyerang tanaman kaktus yaitu :
1. Kutu sisik (Pseudococcus s.)
2. Kutu batok (Aspidiotus sp.)
3. Kutu wol (Dactylopius tomentosus).
Hama itu bisa dikendalikan dengan memakai insektisida dengan dosis yangdisesuaikan dengan ketetapan Good Agribisnis Practises (GAP).

Update Harga Cek DISINI
Pemesanan Hub.087702821277 | 085233925564 | 081232584950. http://www.uvplastik99.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar