Kamis, 25 Agustus 2016

Budidaya Cabai dalam Green House dengan Plastik UV


Persiapan Tempat Pertama-tama tempat kebun yang akan dipakai digemburkan dan di buat gundukan (bedengan) dengan jarak antar bedengankurang lebih 60 cm. Tentang panjang bedengan mulai dari 10-20 m dengan lebar 1 m dan tinggi 30-40 cm. Agar kaya nutrisi, bedengan ditaburi pupuk kandang 200 kg/hektar. Diantara bedengan di buat saluran pembuangan air terlalu berlebih sampai tidak mengendap di bedengan yang dapat menyebabkan akar membusuk. Setelah itu di buat green house yang terbuat dari bambu dengan atap plastik ultraviolet (UV). Dengan cara barusan, tanaman di yakinkan cukup terlindungi dibanding dengan carakonvensional tidak ada green house.
Penggunaan plastik UV miliki dampak pada system fotosintesis yang lebih efektif pada daun, bikin perlindungan tanaman dari hujan dan membuat perlindungan kestabilan suhu udara di bawahnya.

A. Step Pemrosesan Tanah Awal
1. Tempat dibersihkan dari sebagian sisa tanaman/akar2 dari tanaman lebih dahulu.
2. Tanah dibajak/dicangkul sedalam 25 - 30 cm, lantas dikeringkan 7-14 hr.
3. Di buat bedengan lebar 90 cm, tinggi 30-40 cm, lebar parit 70-80 cm. Panjang bedengan sebaiknya 12 mtr..
4. Di buat parit keliling selebar dan sedalam 50 cm.
5. Saat 80% bedengan terbentuk, diberi pupuk kandang 2 kg/tanaman. (Dosis 80 kg/12 mtr. panjang bedengan atau 32 ton/ha =16. 000 pohon)
6. Diberikan Dolomit 150 gr/tanaman (Dosis 6 kg/12 mtr. panjang bedeng atau 2, 4 ton/ha = 16. 000 pohon.)
7. Pupuk kandang dan Dolomit dikombinasi lewat cara rata, diangin-anginkan selama kurang lebih 2 minggu.

*Baca Artikel Berikut Sistem Pemrosesan Teh Hijau

Penyemaian
Terlebih dulu cabe ditaman dalam bedengan, benih cabe di semai dalam tray (wadah mempunyai bahan plastik untuk persemaian). 1 traymampu menaruh sekitaran 100 benih cabe. supaya pada akhirnya bagus, lebih dahulu benih di rendam dalam larutan enzim SolBi 3 tetes yang diencerkan dengan air beberapa 200 ml mulai dari jam 8 malam sampai jam 7 pagi.
Benih-benih yang tenggelam di ambil untuk di tanam dalam tray yang sudah di isi fasilitas tanam berupa tanah dan pupuk kandang yang halus. Selama penyemaian benih di semprot air sekali sehari dengan spray kecil. Dengan trick ini, bibit kecil dari tray bisa lebih cepat dipindahkan ke bedengan setelah tanaman tumbuh 5 daun dan tinggi 7-8 cm atau selama 15 hari sesudah benih ditanam.

www.polybag99.com



Penanaman dan Pemeliharaan
Terlebih dulu di tanam, bedengan dibasahi dengan air. Bibit sebaiknya tidak dicabut, namun cukup cuma merenggangkan traysehingga perakaran tidak rusak saat ditanam dalam lubang tanam. Kemudian, bibit yang sudah ditanam disiram 2 kali 1 minggu, agar kelembaban di bawah mulsa plastik masih tetap terbangun dan tidak berjalan kebusukan. Tengah untuk penyiangan gulma ditangani 2 kali semasa tanam.
Sebentar pupuk sintetis NPK Mutiara (warna biru) atau NPK Cantik (warna putih) diberikan 2 kali sebulan. Pada pemupukan sintetis pertaman ditambahkan enzim SolBi dengan dosis 1 kg pupuk NPK dengan 1 botol (30 ml) SolBi yang digabungkan dalam 200 ltr air.
SolBi yaitu enzim yang bertindak menyeimbangkan kandungan unsur hara tanah, sampai walaupun ditanam dalam jarakyang demikian rapat, dapat tetaplah terpenuhi nutrisinya.

Ukuran cabe yang dihasilkan juga masih tetap besar dan panjang. Kecuali itu penambahan enzim yang ditangani tiap-tiap sebulan sekali ini bisa pula memperpanjang musim tanam sampai mencapai 11 bulandari normalnya 7 bln.

*Baca Artikel Berikut Usaha Budidaya Bunga Potong Krisan Dalam Greenhouse


Perlu diperhatikan yaitu kelembaban kebun agar lepas dari penyakit yang umum menyerang cabe seperti layu fusariumdan patek/antraknosa yang kerap terlihat pada saat kelembaban tinggi. Tengah untuk hama yang kerapkali terlihat yaitu panduan, yakni serangga yang cepat berkembang biak yang dapat diatasi dengan menyemprotkan insektisida


Panen
Kriteria cabe yang siap panen, yaitu dengan tingkat kemerahan sekitaran 90% (sebagian besar merah). Panen pertamadapat ditangani 2 bln sesudah tanam. Langkah menanam cabe di green house ini dinilai lebih cepat dibanding dengan metode umum yang baru bisa di panen setelah empat bln.. Buah cabe di petik bersamaan tangkainya agar ketahanannya lebih lama dalam pendistribusian. Setelah di panen, cabe tidak butuh di bersihkan karena dengan mencari ini penampilan buah demikian bersih. Cabai dimasukkan dalam kardus atau plastik karung.

Update Harga Silahkan Cek DISINI
Pemesanan Plastik Uv Untuk Greenhouse Silahkan Hub 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.127 . Selengkapnya Tentang Produk www.uvplastik99.com

2 komentar :