Sistem Pengeringan Rosella




Rosela (Hibiscus sabdariffa L) adalah tanaman herbarium. Bunga tanaman rosela (H. sabdariffa L) mempunyai susunan yang sama juga dengan bunga tanaman herbarium yang lain. Ukuran bunga besar dengan warna merah hingga kuning serta makin gelap di dalam bunga.

Tanaman rosella ada dua varietas dengan budidaya serta faedah yang tidak sama, yakni :

Hibiscus Sabdariffa Var. Altisima, rosella berkelopak warna kuning yang telah lama diperkembang untuk di ambil serat batangnya sebagai bahan baku pulp serta karung goni.
Hibiscus Sabdariffa Var. Sabdariffa, rosella berkelopak bunga merah yang di ambil kelopak bunga serta bijinya sebagai tanaman herbal serta bahan baku minuman fresh yang menyehatkan.

Kelopak bunga ini mengandung vitamin C, vitamin A, asam amino, protein serta kalsium serta digunakan sebagai minuman teh herbal, sirup herbal, bahan pewarna serta perasa dalam bikin puding serta ice krim.

Membudidayakan Tanaman Rosella

Sistem serta tehnik budidaya Rosella diawali dengan step persiapan yakni persiapan tempat dan pembibitan. Persiapan tempat bisa diawali dengan bersihkan tempat dari gulma, memberi kapur bila tingkat keasaman tanah tak seimbang, memberi pupuk, penggemburan, dan pembuatan bedengan.

*Simak Juga Langka Pengeringan Kopi Yang Benar

Pembibitan bisa dikerjakan dengan memakai benih yang didapat dari tanaman induk. Sekarang ini anda bahkan juga dapat memperoleh benih Rosella siap tanam yang tersedia banyak di agen-agen penyalur benih tanaman ini. Yakinkan untuk merendam benih sampai berkecambah sebelumnya menanamnya pada tempat yang sudah disediakan. Terkecuali pembibitan, persemaian dengan cara segera adalah langkah budidaya Rosella yang cukup kerap dikerjakan.

Pengeringan Bunga Rosella Bila tak dipakai berbentuk fresh, kelopak rosela yang telah dipanen baiknya selekasnya dikeringkan. Sebelumnya dikeringkan umumnya dipotong-potong terlebih dulu supaya sistem pengeringan jalan lebih cepat.
Pemotongan dapat memakai pisau umum dengan pertolongan talenan, atau memakai gunting. Satu kelopak cukup dipotong jadi 2—3 irisan melintang.

Pengeringan bisa dikerjakan dengan sebagian cara. Satu diantaranya, pengeringan dengan diangin-anginkan. Karenanya dibutuhkan wadah sisi empat sejenis nampan besar, dengan alas terbuat dari kasa memiliki bahan nilon. Rosela yang sudah dirajang ditempatkan di atasnya. Setelah itu, nampan ini ditempatkan diatas penyangga atau dapat digantung supaya hawa dapat mengalir dari atas serta bawah.
Tempat pengeringannya mesti mempunyai aliran hawa yang bagus serta terlepas dari cahaya matahari segera supaya mutunya tetaplah terbangun. Supaya pengeringannya rata, kelopak butuh dibalikkan sekedarnya. Sistem pengeringan dengan langkah tersebut umumnya memerlukan saat sekitaran 7 hari. Rasio pengeringan rosela biasanya 10 : 1, berarti dari tiap-tiap 10 kg kelopak fresh bakal membuahkan 1 kg bahan kering.

Pengeringan dengan metode Plastik Uv dalam metode suatu bahan  memberikan  banyak keuntungan antara lain suhu panas yang dihasilkan relatif stabil dan bahan yang dikeringkan tidak mudah mengalami kerusakan . Pada penelitian menunjukkan teh buah rosella yang dijemur menggunakan sinar matahari yang dilapisi plastik Uv selama 5 hari merupakan teh buah rosella yang disukai oleh panelis dengan nilai suka , dikarenakan rasa yang dihasilkan lebih terasa , yaitu manis asam .
Kemudian plastik Uv mempunyai fungsi melindungi buah rosella dari terpaan sinar ultraviolet yang terdapat pada sinar matahari , sehingga kandungan asam malat dan asam sitrat tidak mengalami kerusakan . Dengan demikian rasa teh buah rosella bisa didapatkan dengan baik .

*Baca Juga Yuk Artikel Berikut Faktor Keberhasilan Dalam Bertani Paprika

www.uvplastik99.com

Panen Serta Pascapanen Rosella

Panen

Rosella telah bisa dipanen pada usia 7 – 8 bln., yakni terhitung dari saat ditanamnya biji. Pada usia itu, kelopaknya yang berwarna merah pekat mempunyai struktur keras. Tandanya buah telah siap untuk dipetik. Dalam sekali panen, satu tanaman rosella yang berkwalitas baik bisa membuahkan 200 – 250 gr kelopak bunga rosella fresh/basah.

Rosella yang siap panen ditandai dengan mahkota bunga yang sudah gugur serta buahnya buka. Pemetikan dikerjakan dengan memakai gunting. Waktu menuai, diupayakan supaya kelopaknya tetaplah utuh serta menguncup. Bila kelopaknya terkoyak, sobek atau hancur bakal mengakibatkan kwalitas serta harga di market jadi turun.

Perlakuan pascapanen

Sesudah panen, rosella butuh perlakuan spesial. Terdapat banyak bagian yang perlu dikerjakan, yakni :

Keluarkan Biji
Sesudah panen, step selanjutnya keluarkan biji beserta cangkang dari dalam kelopak. Bagian ini mesti selekasnya dikerjakan lantaran kapsul penutup biji cepat jadi kering serta mengeras hingga biji bakal susah di keluarkan.

Menjemur Biji
Sesudah di keluarkan dari kelopak, cangkang biji mesti dijemur sampai merekah serta biji bakal keluar dengan sendirinya. Buka cangkang biji yang masihlah berwarna hijau mesti dengan hati-hati, lantaran bakal menyebabkan biji yang didapat tak berkwalitas.

Hasil gambar untuk gambar menjemur biji rosella

Mengeringkan kelopak rosella
Ada dua langkah pengeringan yang dapat dikerjakan, yakni dijemur dibawah cahaya matahari atau dipanaskan dalam oven. Tetapi yang banyak dikerjakan oleh orang-orang yaitu pengeringan dengan cahaya matahari. Sistem pengeringan ini memerlukan saat 3- 5 hari dibawah cahaya matahari penuh tanpa ada diselingi mendung.

Bila bagian pengeringan telah usai jadi dilanjutkan dengan menguji tingkat kekeringan kelopak. Langkahnya yaitu dengan menghimpit kelopak hasil pengeringan memakai dua jari, umpamanya ibu jari serta jari telunjuk. Bila kelopak pecah bermakna rosella telah betul-betul kering.

Update Harga Cek DISINI
Hub. 087702821277 | 085233925564 | 081232584950 Untuk Pemesanan Plastik Uv.. www.uvplastik123.com

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama